2-3 TAHUN
5 Agustus 2019

4 Trik Mengajarkan Anak Salat Idul Adha

Jangan paksa anak jika ia memang tidak ingin ikut
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Pada 11 Agustus, seluruh umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Untuk memperingati perayaan ini, selalu diawali dengan salat id bersama keluarga masing-masing di sebuah masjid.

Moms terutama tentu ingin semua keluarga ikut dalam salat berjamaah ini, termasuk Si Kecil yang masih kecil. Makanya di saat-saat ini, orang tua biasa mempersiapkan diri untuk mengajak anak yang masih berusia batita atau balita untuk bersama melakukan salad id.

Sayangnya mengajak anak untuk melakukan salad id tidak semudah itu, bahkan tidak jarang orang tua kebingungan bagaimana cara mengajak anak salad id dengan tenang.

Tenang Moms, di bawah ini ada beberapa tips manjur yang bisa Moms gunakan untuk mengajarkan anak salat id. Ada apa saja? Yuk kita cari tahu.

Baca Juga: 5 Trik Menumbuhkan Selera Makan Anak

1. Beri Pengertian Sebelum Mengajarkan Anak Salat

mengajak anak salat id, salat id

Foto: bersamadakwah.net

Dalam mengajarkan anak salat id, orang tua harus memberi pengertian kepada anak terlebih dahulu. Jika Si Kecil berusia batita, Moms bisa membantu menjelaskan secara perlahan, mengenai keseruan melakukan salat id bersama.

Dilansir dari Muslim Inc, orang tua juga harus memberikan contoh yang tepat bagi anak. Bila anak terbiasa melihat Moms dan Dads salat sehari-hari, ia pun akan lebih mudah diajarkan untuk salat.

Jangan lupa untuk jelaskan juga situasi seperti apa yang akan anak temui di sana nantinya. Suasananya seperti apa dan kegiatan apa yang akan dilakukan anak. Dengan begitu Si Kecil akan memiliki gambaran mengenai salat id.

Namun jika Si Kecil masih berusia dibawah satu tahun atau masih bayi, sebaiknya jangan diajak terlebih dahulu, karena mereka belum bisa memahami atau mengerti situasi yang akan dihadapi nantinya.

Baca Juga: 4 Trik Jitu Membangunkan Anak di Pagi Hari

2. Ajak Anak untuk Berdoa di Samping Orang Tua

istockphoto-938977486-612x612.jpg

Foto: shutterstock.com

Meski sudah menginjak usia balita, tidak semua anak bisa salat dengan tertib. Baik itu karena suasana yang terlalu panas, pengap, bosan, atau tidak mengerti apa yang akan dilakukan, mungkin anak akan menjadi sedikit rewel.

Agar tidak mengganggu ibadah orang lain lainnya, sebaiknya Moms ajak anak udah melaksanakan salat di sebelah Moms.

Jadi selama beribadah, Moms bisa tetap mengawasi anak dan lebih tertib dalam beribadah. Meskipun konsekuensinya Moms mungkin tidak bisa terlalu fokus.

3. Ajak Anak untuk Salat di Masjid

mengajak anak salat id, salat id

Foto: chaisplay.com

Salat id identik dengan salat berjamaah bersama orang lainnya di sebuah masjid yang besar. Malah biasanya saking banyaknya orang, salat id dilakukan dilapangan sebuah masjid. Bisa dibayangkan bagaimana suasananya?

Saat mengajarkan anak melakukan salat id, ada baiknya Moms membiasakan Si Kecil untuk salat di masjid. Jika sudah terbiasa, anak pun akan merasa lebih nyaman dan mungkin lebih tenang.

Baca Juga: 5 Tips Mengajarkan Anak Salat Lima Waktu

4. Jangan Memaksa Anak

istockphoto-865524588-612x612.jpg

Foto: shutterstock.com

Paling penting yang harus orang tua ingat adalah jangan memaksa anak jika ia tidak ingin ikut. Selain Si Kecil tidak akan melakukannya dengan sepenuh hati, paksaan dari orang tua hanya akan membuat anak takut pada orang tua saja.

Percayalah jika sudah waktunya, anak akan memiliki kemauan dan kesadaran sendiri untuk melakukan salat id. Jadi jangan paksa anak ya Moms.

Itu dia beberapa trik jitu yang bisa Moms lakukan untuk mengajarkan anak salad id di masjid. Coba lakukan ya!

Artikel Terkait