BALITA DAN ANAK
11 Juli 2019

5 Aktivitas Ini Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan Balita

Yuk, bermain sambil melatih koordinasi mata dan tangan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Sudah tahu belum Moms, kalau melatih koordinasi mata dan telinga balita itu penting untuk perkembangan buah hati dalam berbagai area kehidupan seperti kemampuan baca tulis, olahraga dan aktivitas fisik, serta banyak lagi?

Menurut Encyclopedia of Children’s Health, koordinasi mata dan tangan adalah kemampuan sistem visual untuk memproses informasi yang diterima oleh mata, sehingga anak bisa mengendalikan dan mengarahkan tangan untuk melakukan suatu tugas dengan baik.

Koordinasi mata dan telinga balita sebenarnya merupakan proses neurologis yang rumit, sehingga harus terus dilatih sejak sedini mungkin.

Nah, berikut adalah beberapa inspirasi aktivitas untuk meningkatkan koordinasi mata dan tangan balita yang bisa Moms lakukan di rumah.

1. Merangkai Manik-Manik

5 Aktivitas Untuk Meningkatkan Koordinasi Mata Dan Tangan Balita 1.jpg

Alwaysmadewithlove.co.nz

Aktivitas balita yang baik untuk melatih motorik halus ini ternyata baik untuk meningkatkan koordinasi mata dan tangan balita juga lho, Moms.

Pastikan Moms memberikan ukuran benang dan manik-manik yang sesuai dengan tingkat keterampilan balita, dimulai dari yang berukuran besar untuk balita umur 1 tahun.

Lalu secara bertahap, Moms bisa meningkatkan kesulitannya dengan menggunakan benang dan manik berukuran lebih kecil.

Tidak ada benang dan manik-manik di rumah? Moms bisa menggantinya dengan pasta bolong jenis penne atau rigatoni untuk dimasukkan ke dalam sedotan yang sudah ditancapkan secara vertikal pada play dough.

Baca Juga : 5 Makanan Sehat untuk Mata Si Kecil

2. Buka Tutup Resleting

5 Aktivitas Untuk Meningkatkan Koordinasi Mata Dan Tangan Balita 2.jpg

Etsy.com

Setuju kan Moms, kalau keterampilan menggunakan resleting itu penting untuk mendukung aktivitas balita di masa depan? Misalnya saja untuk menggunakan jaket atau membuka dan menutup tas sekolah sendiri.

Berita baiknya, latihan menggunakan resleting juga termasuk aktivitas yang baik untuk mengasah koordinasi mata dan tangan balita.

Moms bisa siapkan sebidang kardus yang sudah dilapisi dengan kain flanel, lalu tempelkan beberapa buah resleting plastik berbeda ukuran dan warna di atasnya.

Setelah Moms berikan contoh, tetap dampingi Si Kecil saat mencoba membuka dan menutup resleting sendiri sampai dia mulai terbiasa.

3. Menyortir Benda

5 Aktivitas Untuk Meningkatkan Koordinasi Mata Dan Tangan Balita 3.jpg

Happygoluckyblog.com

Salah satu aktivitas untuk melatih koordinasi mata dan tangan balita semua usia adalah menyortir benda, baik itu kancing, pom pom, bentuk, dan lainnya.

Yang termudah adalah latihan menyortir benda berdasarkan warna dengan bantuan cetakan es dan benda beraneka warna yang ada di rumah.

Pastikan ukurannya tidak terlalu kecil dan beresiko membuat buah hati tersedak ya, Moms.

Setelah usianya lebih besar, Moms bisa mulai mengajak Si Kecil menyortir berdasar huruf, angka, bentuk, atau ukuran.

4. Finger Painting

5 Aktivitas Untuk Meningkatkan Koordinasi Mata Dan Tangan Balita 4.jpg

Romper.com

Selain dapat memberikan stimulasi multisensori, koordinasi mata dan tangan balita juga ikut terasah saat dia melakukan gerakan kompleks untuk menggambar dengan jari lho, Moms.

Supaya lebih efektif, minta Si Kecil membuat garis lurus panjang, angka 8, serta berbagai bentuk lain yang mengharuskan balita melihat tangannya menelusuri kertas saat sedang menggambar.

Baca Juga : Balita Sering Jatuh, Tanda Sistem Koordinasinya Kurang Baik?

5. Menjemur Kaus Kaki

5 Aktivitas Untuk Meningkatkan Koordinasi Mata Dan Tangan Balita 5.jpg

Todderatplay.com

Apa Si Kecil sudah mulai sering meniru Moms saat sedang menjemur baju? Sekalian saja ajak melatih koordinasi mata dan tangannya dengan menjemur kaus kaki menggunakan jepitan baju.

Bentangkan seutas tali tebal yang tingginya sejajar dengan dada balita, lalu contohkan cara menjepit dan melepaskan sapu tangan di tali dengan menggunakan jepitan baju tadi.

Setelah itu Moms bisa lanjutkan menjemur saat Si Kecil asyik sendiri dengan kaus kaki dan tali jemurannya.

Bagaimana Moms, sudah pernahkah mencoba berbagai aktivitas untuk melatih koordinasi mata dan tangan balita seperti diatas?

(WA/CAR)

Artikel Terkait