PARENTING
13 Agustus 2017

5 Aktivitas Untuk Mempersiapkan Balita Belajar Menulis

Ajarkan balita menulis sejak dini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Mempersiapkan balita belajar menulis tepat dilakukan pada saat ia berumur 3-5 tahun, saat ia dalam tahap golden age. Pada rentang waktu ini, sensor motorik dan kognitif mulai lebih aktif dan si kecil pun lebih siap untuk belajar sesuatu dengan cepat.

Supaya periode emas ini bisa dilewati dengan maksimal, para dokter dan ahli pun menyarankan agar balita belajar menulis dan membaca.

Agar balita sudah siap belajar menulis saat masuk preschool nanti, Mama bisa mulai melatih fokus dan koordinasi tangannya sejak dini, dengan kegiatan yang seru dan menyenangkan. Yuk coba beberapa aktivitas ini untuk mempersiapkan balita belajar menulis:

1. Peg activity (aktivitas menjepit)

Peg activity adalah aktivitas menjepit yang berfungsi untuk memperkuat otot pada jari si kecil, sehingga ia terbiasa memegang benda dengan kuat. Bila aktivitas ini rutin dilakukan, tak akan perlu waktu lama bagi si kecil, sampai ia kuat memegang pensil dan bisa belajar menulis.

Mempersiapkan peg activity pun tak susah. Cukup siapkan potongan kardus bekas dan jepitan baju yang sudah dicat warna warni secara berpasangan, lalu minta si kecil untuk memasang jepitan baju pada potongan kardus dengan warna yang sama. Mudah sekali bukan?

2. Dot painting (melukis lingkaran)

Aktivitas Dot painting atau melukis dalam lingkaran berfungsi untuk meningkatkan fokus dan melatih si kecil menggerakkan tangan sesuai pola tertentu.

Mama hanya perlu menggambar lingkaran besar atau kecil pada sebuah kertas, lalu minta si kecil untuk mewarnai atau menggambar hanya di dalam lingkaran tadi. Jangan lupa berikan petunjuk bila ia mulai melewati area lingkaran. Dengan aktivitas ini, si kecil bisa melatih fokus sehingga akan lebih cermat dan teliti saat ia belajar menulis nanti.

Baca Juga : Tingkatkan Kemampuan Menulis Anak Dengan 5 Aktivitas Ini

3. Menyambung titik

Sepertinya Mama juga pernah melakukan aktivitas yang satu ini saat kecil dulu, ya kan? Selain sangat menyenangkan, aktivitas yang terasa seperti permainan ini juga ternyata sangat baik untuk mempersiapkan balita belajar menulis.

Dengan aktivitas ini, balita akan berlatih untuk membuat tarikan, bentuk garis, dan tekanan pensil yang tepat. Imajinasinya juga jadi lebih berkembang karena ia harus menebak akan jadi gambar seperti apa jika semua titik sudah disambung.

Dengan begitu banyak hal yang bisa didapatkan dari kegiatan ini, balita akan jadi terbiasa untuk menarik dan menulis garis, sehingga akan lebih lancar saat menulis huruf nanti.

4. Belajar bubble letters

Jika Mama belum tahu, bubble letters atau huruf balon adalah tulisan huruf yang memiliki rongga di dalamnya. Jenis huruf yang biasanya digunakan adalah huruf kapital, namun ada juga huruf balon yang berupa huruf kecil.

Nah, untuk bisa melatih si kecil menulis dengan menggunakan huruf balon ini, Mama cukup membuat huruf balon yang besar di kertas, lalu minta si kecil untuk membuat garis di dalamnya. Selain melatih tangannya untuk menulis, ia juga jadi lebih mudah menghafal huruf.

5. Menebak huruf

Salah satu hal yang paling sederhana untuk mengajarkan balita belajar menulis adalah dengan bermain menebak huruf. Siapkan kertas atau karton bertuliskan alfabet, lalu ajak si kecil untuk menebak huruf yang ditunjuk.

Untuk membuatnya lebih menarik, Mama bisa mengemasnya menjadi sebuah permainan, seperti mengiringinya dengan cerita atau nyanyian. Mudah sekali bukan?

Mempersiapkan balita belajar menulis tak akan terasa membosankan jika dilakukan dengan aktivitas yang menyenangkan, karena belajar sambil tertawa dan bercanda bisa membantu balita menyerap pelajaran dengan lebih efektif. Apa Mama punya cara sendiri untuk mempersiapkan balita belajar menulis?

(WA)

Artikel Terkait