BAYI
14 Februari 2020

5 Keuntungan Membuat MPASI dengan Slow Cooker

Memasak dengan slow cooker sangat menghemat tenaga lho Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Saat Si Kecil masuk usia 6 bulan dan siap untuk MPASI, Moms yang ingin memberikan MPASI homemade pun tentu harus siap sedia untuk “jumpalitan” di dapur!

Tapi tenang saja Moms, kini ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat aktivitas memasak di dapur lebih menyenangkan, salah satunya dengan memakai slow cooker.

Keuntungan Memasak dengan Slow Cooker

Simak, yuk, beberapa keunggulan memasak dengan slow cooker untuk MPASI Si Kecil berikut ini!

1. Anti Ribet dan Hemat Tenaga

membuat mpasi dengan slow cooker - anti ribet hemat tenaga.jpg

Keuntungan yang paling dirasakan adalah Moms tidak perlu lagi ribet untuk memasak! Ya, waktu memasak memang lebih lama tapi semua bahan makanan dapat dimasukkan ke dalam satu wadah dan hanya perlu sekali proses memasak saja langsung matang.

Waktu persiapan memasak pun dapat berkurang dan tidak perlu lagi repot mencuci segala perintilan alat masak. Moms dapat mulai memasak saat malam. Begitu keesokan paginya Moms terbangun, MPASI lezat untuk Si Kecil sudah tersedia. Moms akan lebih hemat tenaga, kan!

Baca Juga: 7 Gejala Asam Lambung yang Wajib Diketahui

2. Masakan Lebih Bercita Rasa

membuat mpasi dengan slow cooker - masakan lebih bercitarasa.jpg

Memasak dengan slow cooker dapat meningkatkan cita rasa makanan juga, lho, Moms! Karena proses memasak yang lama, membuat bahan masakan mengeluarkan secara optimal rasa yang terkandung di dalamnya.

Berapa lama waktu memasa yang dibutuhkan dengan slow cooker? Slow cooker biasanya mempunyai dua jenis pengaturan, tinggi dan rendah. Jika biasanya masakan dimasak normal butuh waktu matang 15-30 menit, maka dengan slow cooker harus dimasak selama 4-6 jam pada pengaturan rendah atau 1-2 jam pada pengaturan tinggi.

Silakan Moms cek waktu memasak lainnya di bawah ini, ya.

- Masak biasa 30 menit – 1 jam: Masak di slow cooker 5-7 jam pengaturan rendah, 2-3 jam pengaturan tinggi.

- Masak biasa 1-2 jam: Masak di slow cooker 6-8 jam pengaturan rendah, 3-4 jam pengaturan tinggi.

- Masak biasa 2-4 jam: Masak di slow cooker 8-12 jam pengaturan rendah, 4-6 jam pengaturan tinggi.

3. Mematangkan Masakan dengan Sempurna

membuat mpasi dengan slow cooker - matang sempurna.jpg

MPASI untuk bayi sebaiknya memang masakan yang matang dengan sempurna agar tidak ada lagi bakteri di dalamnya. Nah, dengan memakai slow cooker, Moms bisa mendapatkan masakan yang lebih bercita rasa serta matang dengan sempurna dan merata.

Ada baiknya jangan pula membuka tutup slow cooker untuk memeriksa keadaan masakan apakah sudah matang atau belum. “Setiap kali tutupnya dibuka, panas akan keluar sehingga akan memperpanjang watu memasak,” ujar Sarah Olson, penulis The Magical Slow Cooker, Recipes for Busy Moms.

Baca Juga: Sebelum Coba Diet Keto, Pahami Dulu 4 Hal Ini

4. Nutrisi yang Berkurang Hanya Sedikit

membuat mpasi dengan slow cooker - nutrisi yang berkurang sedikit.jpg

Pada semua teknik masak pasti akan mengurangi nutrisi yang terkandung di dalam bahan makanan. Tapi keuntungan memasak dengan slow cooker adalah dengan panas yang relatif rendah untuk jangka waktu yang lama tidak akan menghancurkan nutrisi sebanyak memasak dengan metode lain, seperti merebus atau mengukus.

Tentu saja hal ini sangat baik bagi Si Kecil, ya, Moms, agar ia mendapat nutrisi terbaik dari menu MPASI yang dimakannya. Selain itu Si Kecil pun akan mendapatkan rasa alami dari bahan-bahan makanan tersebut.

Menurut UNICEF Parenting, makanan bayi harus kaya energi dan nutrisi. Selain biji-bijian dan kentang, pastikan Si Kecil mendapatkan sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian, sedikit minyak atau lemak yang kaya energi, dan terutama makanan hewani (susu, telur, daging, ikan, dan unggas) setiap hari.

Dengan kebutuhan nutrisi yang tinggi, MPASI tentu diharapkan tidak mengalami mengurangan nutrisi yang signifikan selama proses memasak.

5. Untuk Berbagai Jenis Masakan

membuat mpasi dengan slow cooker - membuat berbagai jenis masakan.jpg

Jika selama ini mengira slow cooker hanya dapat membuat bubur, sup atau stew, hal itu kurang tepat, Moms. Slow cooker ternyata juga bisa, lho, menjadi alat masak untuk membuat menu lain seperti pasta atau bahkan dessert, seperti puding custard!

“Ini cara yang sangat mudah untuk mendapatkan puding yang indah!” ujar Sarah DiGregorio, penulis Adventures in Slow Cooking:120 Slow-Cooker recipes for People Who Love Food.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Menu Diet Keto untuk Pemula

Bagaimana Moms, semain tertarik dan tertantang untuk membuat MPASI menggunakan slow cooker? Yuk, dicoba!

(DI/ERN)

Artikel Terkait