3-12 BULAN
24 November 2020

Ragam Manfaat dan Olahan Pisang untuk Bayi, Lezat dan Kaya akan Nutrisi

Kaya serat dan tentunya enak dimakan oleh Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Untuk waktu yang lama, sereal bayi merupakan makanan yang dianggap sebagai makanan berstandar emas untuk bayi.

Namun dalam beberapa tahun terakhir para ahli telah menemukan bahwa tidak apa-apa untuk memulai memberi anak makanan padat anak dengan sayuran, buah-buahan, atau bahkan daging

Salah satu buah yang bisa Moms berikan untuk Si Kecil adalah buah pisang. Pemberian pisang untuk bayi merupakan buah alami yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan usia. Mengingat, pisang adalah pilihan yang bagus untuk makanan padat pertama bagi bayi.

Pisang adalah buah yang ideal untuk diberikan kepada bayi segera setelah mereka mulai menyapih. Pisang kaya akan nutrisi, membantu dalam perkembangan anak secara keseluruhan. Karena rasanya yang manis dan lembut, bayi juga senang memakannya!

Selain teksturnya yang mudah dikonsumsi saat pemberian MPASI, buah pisang juga kaya akan nutrisi dan memiliki beragam manfaat yang dapat membantu perkembangan bayi.

Apa saja manfaat yang diberikan pisang untuk bayi? Yuk kita tengok Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak, Moms Wajib Tahu!

Manfaat Buah Pisang untuk Bayi

Buah Pisang Manis Alami.jpg

Foto: sciencenews.org

Berikut ini beberapa manfaat buah pisang untuk bayi, sehingga cocok dijadikan pilihan tepat untuk dijadikan sebagai MPASI bayi.

1. Memiliki Manis Alami

Bayi memiliki ketertarikan akan hal yang memiliki rasa manis dan buah pisang menghasilkannya.

Itulah sebabnya, buah pisang sangat mudah diterima oleh bayi yang baru diperkenalkan dengan MPASI bayi.

Baca Juga: Bayi di Bawah 6 Bulan Makan Pisang, Bahaya!

2. Kaya Nutrisi

Salah satu nutrisi utama yang dapat ditemui dalam buah pisang adalah kalium.

Nutrisi ini merupakan mineral yang dapat membantu mengatur tekanan darah, mencegah batu ginjal, dan mencegah tulang keropos yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.

Manfaat pisang untuk bayi juga mengandung kalsium, magnesium fosfor, belerang, besi dan tembaga.

Nutrisi ini penting dan dibutuhkan di beberapa bulan awal perkembangan bayi, sehingga sangat baik dijadikan menu MPASI bayi.

Besi dan tembaga dalam buah pisang juga dibutuhkan untuk menjaga jumlah darah dan kadar hemoglobin tetap baik.

Baca Juga: Resep MPASI dari Pisang Ambon

3. Tinggi Akan Serat

Tiga gram pisang saja sudah dapat memenuhi asupan serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, ada baiknya tidak memberikan buah pisang sebagai MPASI bayi saat Si Kecil sedang mengalami konstipasi.

“Karena ada dua komponen dalam buah pisang yang dapat memperburuk konstipasi, yaitu tanin dan pati yang resisten terhadap amilase," ungkap Jennifer White, penulis buku pengasuhan anak berjudul A Primer for Fathers – What to Expect During Pregnancy and Baby’s First Year, seperti dikutip dari verywellfamily.com..

Menurut White, buah yang lebih baik dalam membantu Si Kecil untuk buang air besar agar lancar saat konstipasi adalah kiwi hijau dan prunes.

4. Jarang Menyebabkan Alergi

Dalam berbagai kasus, alergi makanan timbul dari kandungan asam amino yang tidak dapat ditoleransi dan dicerna oleh sebagian orang.

“Sedangkan di sisi lain, buah pisang mengandung asam amino sederhana atau jinak, yang sebagian besar dapat dicerna,” ungkap Dr. HK Bakhru, penulis buku Foods That Heal, seperti dikutip dari parentinghealthybabies.com.

Ini membuat pisang untuk bayi menjadi makanan yang ideal sebagai MPASI bayi karena kelebihannya dalam hal mudah dicerna.

Baca Juga: 5 Manfaat Butternut Squash Untuk Mpasi Bayi

5. Buah Pisang Mudah Dikonsumsi

Hal yang membuat buah pisang banyak digemari oleh berbagai kalangan, adalah karena buah pisang tidak repot saat dikonsumsi.

Mengolah buah pisang untuk bayi menjadi MPASI juga cukup mudah, bahkan bisa melakukannya dalam perjalanan.

Buah pisang hanya perlu dikupas, tanpa memerlukan pisau atau alat pengupas kulit dan tidak perlu dicuci, serta tidak perlu disimpan dalam lemari pendingin.

6. Mampu Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi, di mana tidak ada produksi sel darah merah, menyebabkan tubuh mengalami yang namanya anemia. Makanan anak Moms harus mencakup senyawa zat besi, asam folat, vitamin B12, dan tembaga dalam jumlah yang cukup untuk pembentukan sel darah merah.

Buah pisang untuk bayi cukup diperkaya dengan semua nutrisi ini dan membantu memproduksi hemoglobin. Zat besi baik untuk anak kita dan mencegah anak Si Kecil dari anemia.

Baca Juga: 6 Makanan Sumber Zat Besi untuk Anak, Bisa Cegah Anemia!

7. Meningkatkan Kekuatan Otak

Pisang untuk bayi bisa menjadi bahan bakar yang baik untuk otak si buah hati. Kalium yang ada dalam pisang membantu sirkulasi darah dan meningkatkan otak.

Pisang juga dapat meningkatkan daya konsentrasi anak Moms. Kita bisa memberi mereka pisang sebagai makanan ringan ke sekolah atau di sela-sela jam belajar.

8. Meningkatkan Penglihatan dan Menguatkan Tulang

Pisang adalah makanan yang kaya akan kalium. Kalium menetralkan natrium yang mungkin ada dalam makanan anak kita dan dengan demikian membuat tulang anak menjadi lebih kuat.

Kalsium yang hilang saat buang air kecil dapat dikembalikan dengan mengonsumsi buah pisang. Anak-anak yang makan pisang secara teratur memiliki penglihatan yang lebih baik. Pisang dapat meningkatkan penglihatan anak.

Vitamin A yang hadir dalam pisang bagus untuk meningkatkan penglihatan buah hati kita. Konsumsi pisang untuk bayi akan melindungi retina dari segala jenis penyakit. Jadi tidak hanya wortel, pisang juga bagus untuk mata Si Kecil ya Moms.

9. Melancarkan Pencernaan Anak

Serat yang ada dalam pisang membantu pencernaan anak berjalan baik. Pisang juga mengandung sejenis serat yang disebut pektin yang larut dalam air. Pektin yang larut dalam air ini meningkat dan menyebabkan pematangan pisang.

Ini membantu pencernaan yang baik dengan mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana yang dilepaskan. Asupan pisang secara teratur mengatur momen buang air besar anak dan mencegah masalah gastrointestinal.

Kandungan buah pisang untuk bayi yang kaya serat juga akan memberikan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

10. Memberi Energi Lebih

Pisang dianggap sebagai makanan untuk olahraga. Karbohidrat dalam satu buah pisang matang akan memberikan energi instan untuk anak.

Si Kecil pasti sangat aktif secara fisik sepanjang hari. Mereka juga cepat lelah dan membutuhkan banyak tenaga untuk melakukan banyak aktivitas. Untuk menjaga tingkat energi anak, bantu anak konsumsi pisang secara teratur. Pisang yang matang adalah penguat energi.

Moms dapat memberi mereka pisang segera setelah mereka kembali dari bermain. Mereka akan mendapatkan energi yang lebih.

11. Pisang untuk Mengatasi Gangguan Kemih

Apakah anak menderita gangguan saluran kencing seperti jarang buang air kecil, kencing berbau?

Jika iya, maka selain berkonsultasi dengan dokter anak, Moms boleh memberi pengobatan rumahan dengan memberi anak makan buah pisang.

Para ahli percaya bahwa pisang untuk bayi membersihkan racun yang terkumpul di sekitar saluran kemih, sehingga membantu anak sering buang air kecil dan tidak mengeluarkan bau.

Cara Memberikan Pisang untuk Bayi

pisang sebagai MPASI untuk bayi

Foto: Orami Photo Stock

Di bawah ini adalah beberapa petunjuk khusus cara untuk menyajikan pisang untuk bayi sesuai dengan usianya.

1. Memberikan Pisang untuk Bayi 6 Bulan

Moms bisa memberikan Si Kecil yang usianya baru 6 bulan buah pisang dengan cara kupas pisang dan potong-potong. Lalu hancurkan dengan garpu hingga pisang menjadi sangat empuk dan lembut. Cara ini akan memudahkan bayi untuk menelannya.

2. Memberikan Pisang untuk Bayi 9 Bulan

Di usia 9 bulan ini, seorang bayi sudah lulus dari makanan-makanan berbentuk bubur, dan bisa mulai mengonsumsi makanan padat dalam porsi kecil. Oleh karena itu, Moms bisa mulai memberi Si Kecil pisang yang dihaluskan atau dalam potongan kecil saja.

Baca Juga: Resep Puree Mangga Lezat untuk MPASI Bayi

3. Memberikan Pisang untuk Bayi 1 Tahun

Di usia satu tahun ini, Moms sudah tidak perlu memberi anak makanan berbentuk puree atau halus lagi. Moms tinggal mengupas pisang sampai tengah dan memberikannya kepada bayi.

Dengan cara ini, bayi akan bisa menggenggamnya dengan baik tanpa terlepas dari tangannya. Namun, pastikan untuk memotong kulit ekstra dengan gunting agar tidak masuk ke dalam mulut anak ya Moms.

Kita juga bisa mengupas pisang, memotongnya menjadi potongan-potongan kecil bundar dan mengajak Si Kecil untuk memakannya menggunakan garpu.

Cara ini juga bisa sekaligus mengajarkan anak cara menggenggam sesuatu dan belajar makan sendiri lho Moms. Saat memberi buah pisang untuk bayi, ada beberapa tindakan pencegahan yang perlu Moms lakukan adalah:

  • Jangan berikan bayi Moms buah pisang mentah karena akan sulit dicerna. Pastikan pisang yang Moms sajikan sudah matang dan berwarna kuning.
  • Hancurkan pisang dengan benar untuk bayi yang baru saja mulai makan makanan setengah padat agar tidak tersedak dan mudah untuk ditelan.

Resep Olahan Buah Pisang untuk Anak

smoothie pisang dan stroberi

Foto: liveeatlearn.com

Selain memakannya sebagai buah, berbagai resep juga bisa dibuat dengan menggunakan pisang untuk bayi dan anak. Berikut 3 resep mudah yang bisa Moms coba membuat olahan pisang untuk Si Kecil.

1. Puding Nasi Pisang

Makanan ini adalah makanan yang bergizi tanpa gluten dan tinggi akan serat.

Bahan:

  • 1 buah pisang ukuran kecil
  • 1 cangkir nasi merah
  • ¼ - ½ cangkir susu hangat
  • Sejumput kayu manis
  • Sejumput pala

Cara Membuat:

  1. Haluskan semua bahan dalam food processor hingga menjadi pasta halus.
  2. Selanjutnya Moms tinggal tuang dalam gelas Si Kecil dan siap untuk diminum.

2. Smoothie Pisang dan Stroberi

Minuman smoothie ini mengandung antioksidan dan serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan Si Kecil.

Bahan:

  • 2 pisang matang utuh (kupas dan cincang)
  • 1 cangkir stroberi segar
  • susu

Cara Membuat:

  1. Haluskan semuanya dan sajikan segera untuk Si Kecil. Mudah bukan Moms?

3. Ragi dan Bubur Pisang untuk Bayi

Makanan ini ideal jika Moms ingin memberikannya untuk Si Kecil sebagai makanan yang bebas gluten dan laktosa.

Bahan:

  • 1 sdm tepung ragi
  • 1 buah pisang ukuran kecil

Cara Membuat:

  1. Dalam wajan, rebus ¼ gelas air.
  2. Kecilkan api setelah mulai mendidih, dan tambahkan tepung ragi.
  3. Aduk terus sampai bubur menjadi agak kental.
  4. Angkat campuran dari api dan biarkan bubur menjadi dingin.
  5. Tambahkan pisang tumbuk ke dalam bubur dan aduk rata.
  6. Setelah ini selesai, Moms bisa menyajikannya untuk Si Kecil segera.

4. Fruity Bar

Agar anak tidak bosan, Moms bisa mencoba membuat fruity bar dari pisang untuk bayi. Ini adalah camilan rendah kolesterol dan bagus untuk pencernaan bayi.

Bahan:

  • Setengah buah pisang (dihaluskan)
  • 3-4 sdm gulungan Oats

Baca Juga: Sehatkah Bila Sarapan dengan Sereal? Cari Tahu Penjelasannya Di Sini!

Cara membuat:

  • Panaskan oven hingga 180 derajat Celcius.
  • Giling gandum di food processor (buat agak kasar).
  • Kemudian campur oat dengan pisang tumbuk dan buat adonan.
  • Buat batang kecil campuran menggunakan tangan kita.
  • Letakkan di atas loyang yang sudah diolesi sedikit minyak.
  • Masak sekitar 10-15 menit sampai keras dan berwarna cokelat keemasan.
  • Sajikan setelah dingin.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika memilih buah pisang untuk bayi sebagai MPASI, Moms. Selain itu, ada juga berbagai resep minuman dan makanan untuk Si Kecil agar tidak bosan hanya makan pisang langsung.

Pastinya Si Kecil sudah tidak sabar untuk menikmati buah pisang dalam olahan MPASI bayi buatan Moms. Selamat berkreasi ya Moms!

Artikel Terkait