2-3 TAHUN
27 Juni 2018

5 Alasan Pentingnya Mengajak Balita Mengerjakan Tugas Rumah Tangga

Bermanfaat sampai buah hati dewasa nanti
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Moms ragu untuk mengajak balita membantu pekerjaan rumah tangga?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marty Rossmann dari University of Minnesota, memberikan tugas rumah tangga untuk balita bisa membuatnya tumbuh menjadi anak yang giat, bertanggung jawab, dan bisa mengandalkan diri sendiri.

Maksud tugas balita disini juga bukan membersihkan rumah atau mencuci mobil ya, Moms. Tapi tugas sederhana seperti menaruh baju dan piring kotor pada tempatnya, menyusun bantal setelah bangun tidur, atau memberi makan peliharaan.

Ini lho Moms, alasan kenapa buah hati harus mulai diajak mengerjakan tugas rumah tangga.

Belajar Kecakapan Hidup

5 alasan pentingnya mengajak balita mengerjakan tugas rumah tangga 1
inhabitat.com

Moms, salah satu tugas terpenting orang tua adalah mempersiapkan anak untuk menghadapi kehidupan di masa depan. Nah, berbagai kecakapan hidup praktis yang tidak diajarkan di sekolah perlu dilatih dari rumah agar balita kelas bisa mengurus diri dan bertahan hidup.

Usia balita adalah waktu paling tepat untuk menanamkan kerapihan, kebersihan, dan keteraturan sebagai bagian dari karakter pribadi dan kehidupan kesehariannya.

Belajar Bertanggungjawab

5 alasan pentingnya mengajak balita mengerjakan tugas rumah tangga 2
understood.org

Memberikan balita tugas khusus atau area khusus yang harus diurusnya, akan membantu balita menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab saat sudah besar nanti. Percaya deh Moms, tugas balita yang sekarang terlihat sederhana bisa sangat membantu kelancaran hidupnya saat dewasa kelak.

Moms bisa mulai dari hal yang akrab dengan kesehariannya, seperti membereskan kertas dan krayon setelah menggambar, membuka tirai kamar di pagi hari, atau menaruh sepatu pada tempatnya saat akan masuk kedalam rumah.

Baca Juga : Mendidik Anak Laki-laki Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga

Belajar Mengandalkan Diri Sendiri

5 alasan pentingnya mengajak balita mengerjakan tugas rumah tangga 3
sweephome.com

Orang tua memang harus selalu bisa diandalkan untuk membantu anak saat masih kecil, tapi tidak mungkin terus begitu sampai dewasa nanti kan, Moms?

Dengan mulai memberikan tugas rumah tangga untuk balita, kelak buah hati akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri akan kemampuannya sendiri. Moms pasti akan merasa bangga saat melihatnya menjadi anak yang mandiri, cerdas, dan tidak manja.

Belajar Bekerja Bersama

5 alasan pentingnya mengajak balita mengerjakan tugas rumah tangga 4
kare11.com

Keluarga yang tinggal dibawah satu atap bisa dianggap sebagai satu tim, yang harus saling membantu dan mendukung agar semua bisa berjalan dengan lancar.

Dengan membantu Moms mengerjakan tugas rumah tangga, balita bisa belajar bekerja bersama anggota keluarga lainnya denganikut mendengarkan, membantu, serta berempati. Saat anak merasa menjadi bagian penting dari “tim” kecil di rumah, ikatan keluarga juga pasti akan semakin erat.

Lebih Menghargai Orang Tua

5 alasan pentingnya mengajak balita mengerjakan tugas rumah tangga 5
surrey-cleaning-angels.co.uk

Apa Moms selalu menunggu balita tertidur atau pergi sekolah dulu sebelum mulai membersihkan dan merapikan rumah? Tanpa disadari, kebiasaan ini justru akan membuat balita jadi tidak tahu kalau sebenarnya ada banyak hal yang harus dilakukan untuk membuat rumah tetap nyaman.

Pasti butuh waktu untuk membiasakan balita mengerjakan tugas rumah tangga seperti menaruh piring kotor di bak cuci atau membereskan mainan ya, Moms. Tapi tetap perlu dilatih agar balita bisa menghargai usaha yang dilakukan orang tua untuk merawat rumah dan isinya.

Yang terpenting, berikan tugas sesuai dengan usia balita dan berikan apresiasi setiap kali dia melakukannya dengan baik.

Bagaimana Moms, apa sudah mulai mengajak balita mengerjakan tugas rumah tangga?

(WA)

Artikel Terkait