RESEP
18 Agustus 2019

5 Alternatif Enak dan Sehat Pengganti Susu untuk Es Kopi Susu

Enak juga jika dicampur dengan susu kacang kedelai lho
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Menjamurnya es kopi susu membuat kita hampir setiap saat seperti kecanduan minuman yang nikmati satu ini. Saat sedang mengantuk, yang kita cari pasti es kopi susu, saat bosan kopi susu lagi yang dicari begitu seterusnya.

Namun ada kalanya kita merasa bosan minum es kopi susu secara terus-menerus. Mungkin butuh variasi lain untuk kopi susu, yang tidak membosankan, namun tetap terasa lezat saat dinikmati.

Baca Juga: Jangan Ketinggalan Tren! Coba Kopi Susu, Liwetan, dan Unicorn di Restoran Ini

Nah, untuk Moms penggemar es kopi susu, pasti mau tahu dong apa saja alternatif pengganti susu untuk es kopi susu yang bisa Moms coba di rumah. Tanpa berlama-lama, yuk kita lihat bersama.

1. Krimer

alternatif pengganti susu

Krimer adalah alternatif pertama yang banyak orang gunakan.Karena tampilannya berupa bubuk, seringkali krimer disalahartikan sebagai susu bubuk.

Krimer ini biasa digunakan pada kopi untuk mereka yang memiliki alergi terhadap susu. Moms atau Dads yang memiliki reaksi alergi terhadap susu, bisa menggunakan krimer.

2. Santan

alternatif pengganti susu

Alternatif pengganti susu lainnya yang bisa Moms coba adalah santan. Selain digunakan sebagai campuran dalam memasak, santan juga bisa digunakan sebagai campuran untuk kopi lho.

Malah santan termasuk campuran yang sehat karena diperkaya dengan vitamin dan mineral, serta memiliki kandungan trigliserida yang dipercaya mampu mengurangi berat badan.

Baca Juga: Tips Menyimpan Santan

3. Susu Kedelai

alternatif pengganti susu

Mungking terdengar agak aneh, namun kini susu kedelai banyak lho digunakan sebagai campuran untuk es kopi. Biasanya mereka menjual es kopi susu kedelai.

Walaupun terdengar tidak biasa, campuran antara susu kedelai dan kopi memiliki perpaduan yang unik dan enak lho. Moms harus coba!

4. Susu Almond

alternatif pengganti susu

Susu almond atau yang biasa dikenal dengan nama almond milk merupakan salah satu jenis susu berbahan dasar kacang almond. Susu almond ini banyak digunakan di kedai-kedai kopi sebagai alternatif pengganti susu.

Bahkan wangi kacang almondnya yang bercampur dengan wangi kopi, menciptakan bau unik yang membuat kita ketagihan. Selain itu rasanya juga enak. \

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

5. Susu Mete

alternatif pengganti susu

Dikenal juga dengan nama cashew milk. Jika susu almond berbahan dasar kacang almond, susu mete menggunakan bahan dasar kacang mete.

Jika dijadikan campuran dalam kopi, cashew milk memiliki rasa yang agak manis dan tidak terlalu terasa berbau kacang dibandingkan jenis susu lain yang berbahan dasar kacang. Tekstur susu ini sangat creamy seperti susu sapi.

Moms penggemar berat kopi, pasti bosan dong kalau setiap hari minum es kopi susu saja. Coba tambahkan beberapa alternatif pengganti susu di atas agar rasanya lebih nikmat.

Artikel Terkait