RUPA-RUPA
22 Mei 2020

5 Aplikasi Video Call untuk Silaturahmi Lebaran di Tengah Pandemi

Moms tetap bisa silahturahmi dari jarak jauh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tidak terasa, bulan Mei semakin dekat. Ini artinya Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Biasanya momen ini identik dengan mudik dan kumpul-kumpul bersama sanak saudara di kampung halaman.

Sayangnya demi menekan penyebaran virus corona (COVID-19) ini, masyarakat diimbau untuk tidak mudik Lebaran karena berpotensi menularkan virus kepada sanak-saudara atau orang terdekat.

Namun jangan khawatir Moms, meskipun tidak bisa langsung datang, kita masih bisa silahturahmi dengan keluarga dari jarak jauh. Caranya dengan menggunakan aplikasi video call untuk silaturahmi lebaran.

Aplikasi-aplikasi ini bisa diunduh dengan mudah dari Play Store pada perangkat android atau Appstore pada perangkat iOS.

Aplikasi Video Call untuk Silahturahmi Lebaran

Apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk video call saat Lebaran? yuk, kita intip.

1. Google Hangouts

aplikasi video call untuk lebaran

Foto: businessinsider.sg

Aplikasi besutan Google ini memang sudah sangat populer, bahkan sebelum adanya virus corona (COVID-19). Aplikasi ini bisa diunduh pada perangkat android maupun IOS.

Jika Moms menggunakannya di laptop, akan sangat mudah digunakan jika menggunakan akun Gmail sebagai akun email utama. Bahkan aplikasi Google Hangouts terintegrasi dengan Gmail hingga Google Calendar.

Dengan aplikasi ini, para pengguna dapat melakukan panggilan video hingga 10 partisipan. Sementara, untuk obrolan suara hingga 150 partisipan. Bisa chatting sambil video call juga lho Moms.

2. WhatsApp

aplikasi video call untuk lebaran

Foto: kanalaceh.com

Aplikasi ini memang populer untuk bertukar pesan, namun jangan salah, kita bisa menggunakan fitur video call WhatsApp untuk silahturahmi Lebaran.

WhatsApp menggunakan koneksi Internet telepon seperti 4G/ 3G/ 2G/ EDGE atau Wi-Fi, jika tersedia, maka Moms bisa mengirim pesan atau menelepon teman dan keluarga, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk setiap pesan atau panggilan.

Sayangnya dalam satu panggilan telepon hanya dibatasi pengguna maksimal sebanyak empat orang saja.

3. Skype

aplikasi video call untuk lebaran

Foto: businessinsider.sg

Skype juga merupakan aplikasi yang sudah populer sejak dulu. Skype bisa biasanya digunakan sebagai aplikasi untuk saling sapa dengan keluarga, rekan, dan teman melalui pesan instan, panggilan suara atau video.

Skype sangat cocok dijadikan aplikasi video call untuk silaturahmi Lebaran dengan keluarga. Panggilan video dapat dilakukan oleh 1 hingga 24 teman atau keluarga dengan kualitas High Definition atau HD. Asik bukan?

4. Zoom

aplikasi video call untuk lebaran

Foto: the-sun.com

Ini dia aplikasi yang banyak digunakan selama pandemi virus corona untuk melakukan meeting dengan rekan kerja.

Selain untuk meeting, Zoom juga banyak digunakan untuk mendukung pembelajaran online sebab dapat digunakan hingga 100 orang.

Bahkan, Zoom dapat digunakan dalam konferensi video karena kualitas gambar yang diberikan. Instal Zoom di hp, Moms tinggal melakukan video call dengan keluarga besar saat Lebaran.

5. Google Duo

aplikasi video call untuk lebaran

Foto: androidauthority.com

Dengan kualitas video yang sangat bagus, aplikasi buatan Google ini cocok dijadikan sebagai pilihan untuk melakukan video call untuk silahturahmi dengan sanak saudara dan keluarga di hari Lebaran nanti.

Google Duo bisa melakukan video call dengan jumlah maksimal 8 orang dalam satu video call grup.

Nah, kira-kira aplikasi video call untuk silaturahmi lebaran apa nih yang akan Moms gunakan?

Artikel Terkait