RUPA-RUPA
15 Oktober 2020

20 Arti Mimpi Hamil yang Spesial dan Aneh

Moms tidak akan menyangka dengan makna mimpi ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap orang pernah mengalami mimpi yang tidak biasa. Salah satunya ketika mimpi hamil, tetapi dalam kehidupan nyata Moms sedang tidak hamil atau bahkan berencana hamil.

Dan terlepas dari semua hal, baik Moms sedang hamil maupun tidak, mimpi seperti ini tidak selalu terkait langsung dengan kehamilan atau kesuburan. Mimpi kehamilan mungkin malah menunjukkan perasaan kita tentang beberapa perubahan atau tujuan lain dalam hidup kita.

"Mimpi kehamilan biasanya terkait dengan hal lain dalam hidup yang berada dalam fase tumbuh dan berkembang," kata Lauri Loewenberg, seorang analis dan penulis mimpi profesional.

Menurutnya, bisa juga rencana yang sedang dikerjakan, atau mungkin gelar yang sedang dikerjakan yang akan membuahkan hasil, akan menghasilkan kehidupan baru untuk kita.

Nah, mendengar hal ini, Moms pasti penasaran juga dong sebenarnya apa arti dari mimpi hamil, baik itu mimpi ketika sedang menjalani program kehamilan, persiapan melahirkan, atau bercengkrama dengan suami dan menikmati trimester kedua.

Apapaun cerita dalam mimpinya, mimpi tentang kehamilan dapat memiliki arti yang spesial bagi Moms.

Lalu, sebenarnya apa arti mimpi hamil? Berikut ini beberapa makna tentang mimpi kehamilan yang istimewa.

Baca Juga: Melihat Binatang dalam Mimpi? Ini Artinya!

Arti Mimpi Hamil yang Tidak Biasa

Meskipun Moms sedang tidak hamil, tetapi tetap ada kemungkinan bahwa Moms akan mengalami mimpi hamil. Namun, hal ini tidak berarti Moms kembali mengandung.

Jika penasaran, yuk cari tahu seperti apa arti dari mimpi hamil berikut ini. Apakah sesuai dengan yang dirasakan?

1. Menunjukkan Kreativitas dari Pemimpi

arti mimpi hamil-jiwa kreatif.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Stephanie Gailing, analis mimpi dan ahli terapis mengatakan, "Mimpi kehamilan sering melambangkan hubungan antara pemimpi dengan kreativitas mereka," jelasnya mengutip Refinery29.

Dengan kata lain, arti mimpi hamil tersebut melambangkan ide atau proyek yang telah muncul di pikiran Moms pada dunia nyata.

"Arti mimpi hamil ini dapat menjadi kesempatan untuk lebih memahami diri kita sebagai orang yang kreatif," tambah Gailing.

Namun, arti ini bukan satu-satunya penjelasan tentang mimpi hamil saat seseorang tidak menikah. Menurut Matt Lundquist, psikoterapis dari Columbia University, Amerika Serikat, arti mimpi kehamilan juga berhubungan dengan masalah seksualitas atau hubungan yang tidak terpenuhi.

Jadi, luangkan waktu untuk mencari tahu kemungkinan apa yang berkaitan dengan seks atau hubungan yang sedang membuat Moms merasa gelisah terhadap diri sendiri.

Baca Juga: 5 Mimpi yang Sering Muncul saat Hamil dan Maknanya

2. Punya Arti Berbeda Berdasarkan Waktu

Beda waktu saat bermimpi, maka berbeda pula arti mimpi yang Moms alami. Pada arti mimpi hamil yang terjadi di pagi hari, itu bisa menjadi pertanda bahwa Moms akan mendapatkan pekerjaan yang paling didambakan.

Namun, jika mimpi hamilnya terjadi di siang hari, bisa jadi usaha dan jerih payah Moms selama ini akan segera membuahkan hasil yang berlipat ganda dari apa yang selama ini telah diperjuangkan.

3. Tidak Mempercayai Diri Sendiri

arti mimpi hamil-tidak percaya diri sendiri

Foto: Orami Photo Stock

Mimpi kehamilan juga memiliki ragam kondisi. Seperti mimpi tentang kehamilan yang tidak direncanakan.

"Arti mimpi hamil yang tidak direncanakan, atau mimpi melahirkan sesuatu yang mengerikan, bisa menunjukkan kurangnya kepercayaan pada apa yang Anda lihat," terang Gailing.

Baca Juga: Arti Mimpi Seks yang Aneh Selama Kehamilan

4. Memiliki Semangat dalam Diri

arti mimpi hamil-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tidak selalu bermakna buruk, ada juga arti mimpi hamil lain yang memiliki arti positif dalam kehidupan di dunia nyata Moms.

"Sementara, bermimpi tentang kehamilan yang bahagia dan sehat dapat menunjukkan bahwa kita sebenarnya sangat bersemangat untuk mengekspresikan diri," ungkap Gailing.

5. Ketakutan di Bawah Alam Sadar

arti mimpi hamil-takut

Foto: Orami Photo Stock

Selain itu, arti mimpi hamil juga bisa menggambarkan ketakutan yang Moms rasakan di bawah alam sadar.

"Mimpi kehamilan juga bisa berarti adanya masalah seksualitas, hubungan, keinginan yang tidak terpenuhi, atau ketakutan bawah sadar," kata Matt Lundquist, LCSW, psikoterapis dan terapis pasangan.

Moms mungkin perlu meluangkan waktu untuk mengidentifikasi hal apa dalam hidup yang membuat Moms perlu menghadapi ketidakpastian atau kegelisahan.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Anak Meninggal, Tak Perlu Merasa Cemas

6. Mimpi Hamil Jika Sudah Menikah

Arti mimpi hamil untuk Moms yang sudah menikah bisa menunjukkan kalau Moms sedang atau akan menghadapi suatu cobaan hidup di masa depan.

Tetapi, jangan langsung khawatir. Karena walaupun mungkin tampak seperti sebuah cobaan, yakinkan diri sendiri bahwa Moms akan siap dan berhasil melewatinya dengan baik.

Seperti saat Moms sedang hamil kala itu, walau terlihat mudah, sebenarnya kehamilan cukup sulit. Moms yang sedang atau sudah menjalani kehamilan tentu mengetahui kalau akan ada perubahan pada tubuh selama kehamilan.

Perubahannya mulai dari perasaan yang mudah sensitif hingga stamina tubuh yang menurun lantaran perubahan hormon. Namun, Moms tetap bisa menjalani dengan baik, kan?

Arti mimpi kehamilan yang lain juga bisa jadi merupakan pertanda baik untuk kehidupan Moms. Artinya, mimpi hamil bisa jadi sebuah tanda jika Moms akan segera dikarunia buah hati.

Khususnya untuk para Moms yang sudah punya anak, bermimipi hamil kembali menjadi tanda akan ada kemajuan dalam kehidupan Moms. Tentunya dalam urusan yang berkaitan dengan keuangan rumah tangga.

Baca Juga: 3 Arti Mimpi Anak Meninggal, Tidak Selalu Pertanda Buruk

7. Mengandung Bayi yang Bukan Manusia

arti mimpi hamil-mengandung bayi bukan manusia

Foto: Orami Photo Stock

Ini mungkin cukup aneh, tetapi tetap ada kemungkinan bahwa Moms bisa saja memiliki mimpi di mana sedang mengandung anak yang bukan merupakan anak manusia.

"Itu akan menunjukkan bahwa perkembangan baru dalam hidupmu ini adalah sesuatu yang terasa asing bagimu. Itu bukan sesuatu yang pernah Anda temui sebelumnya. Rasanya asing, tidak terasa akrab bagi kita," jelas Loewenberg.

Dengan kata lain, arti mimpi hamil ini merupakan pesan dari alam bawah sadar bahwa Moms harus membiasakan diri dengan situasi baru ini.

Namun perlu diingat Moms, artinya mimpi hamil yang dialami bisa saja berbeda dari apa yang terjadi. Oleh karena itu, tetap berpikir positif dari mimpi hamil yang Moms alami dan jadikan sebagai hal yang memacu semangat dalam menjalani kehidupan, ya!

8. Ada Fokus yang Harus Diperhatikan

Seorang bayi akan melambangkan hasil kerja dan kemajuan kita dalam beberapa bidang kehidupan.

Alam bawah sadar akan menunjukkan kepada kita elemen-elemen baru ini dalam hidup kita dalam bentuk bayi karena, seperti bayi, hal-hal baru ini membutuhkan perhatian, perawatan, dan fokus kita yang berkelanjutan sehingga dapat terus berkembang dan mencapai potensi kita yang sesungguhnya.

9. Jika Bermimpi Hamil dan Moms sedang Hamil

Arti di Balik Mimpi Hamil dan Pertandanya Bagi Kehidupan Anda

Foto: bustle.com

Seringkali, mimpi ini berbentuk mimpi buruk tentang sesuatu yang tidak beres dengan kehamilan atau kelahiran.

Jika Moms mengalaminya, hal ini benar-benar normal, terutama selama kehamilan pertama Moms, atau jika kita pernah mengalami kesulitan dalam kehamilan sebelumnya.

Kadang-kadang mimpi kita dapat berfungsi sebagai katup tekanan, memungkinkan kita untuk melepaskan stres yang telah mengendap saat bangun dengan aman.

Jadi jika Moms bermimpi tentang sesuatu yang benar-benar salah dengan kehamilan kita, itu bukan pertanda bahwa ada sesuatu yang salah, namun lebih mungkin kepada pertanda bahwa Moms hanya memiliki kasus kegelisahan yang normal.

Namun, ini bukan berarti bahwa semua mimpi yang Moms alami saat hamil hanyalah mimpi buruk kecemasan yang mungkin memiliki makna simbolis yang lebih kompleks.

Salah satu mimpi buruk kehamilan yang paling umum melibatkan kematian: kematian diri, kematian bayi, kematian orang yang dicintai, dll.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Teman Meninggal, Ternyata Tidak Selalu Menyedihkan

Ini benar-benar tentang hal-hal dalam hidup kita dan bagian dari diri kita sendiri yang berakhir karena perubahan dramatis menjadi seorang ibu. Kematian dalam mimpi adalah kematian yang lama sehingga yang baru dapat muncul.

Mimpi-mimpi ini memungkinkan kita melepaskan apa yang tidak lagi dapat bertahan dalam hidup kita.

10. Mimpi Hamil Namun Mengalami Keguguran

Meskipun mimpi tentang kehamilan dan melahirkan adalah hal yang umum, banyak orang juga mengalami mimpi tentang keguguran atau aborsi.

Bagi orang hamil yang pernah mengalami keguguran atau aborsi di masa lalu, memimpikan peristiwa-peristiwa ini seringkali hanya merupakan ekspresi ketakutan Moms untuk mengalami peristiwa-peristiwa itu lagi.

Bagi orang hamil yang belum pernah mengalami aborsi atau keguguran, hal itu menandakan ketakutan akan keguguran; mereka mungkin juga melambangkan sesuatu yang lain dalam hidup yang perlu diakhiri atau hentikan saat Moms sedang hamil, seperti minum alkohol, olahraga berat, clubbing, dan sebagainya.

Arti Mimpi Hamil Muda

Moms juga mungkin ada yang bermimpi tentang hamil muda. Apa saja arti dari mimpi hamil muda ini? Yuk kita cek satu-satu Moms.

11. Mimpi Mengalami Morning Sickness

arti mimpi hamil-morning sickness

Foto: Orami Photo Stock

Kondisi morning sickness memang sudah menjadi bagian alami dari kehamilan. Lalu, apa arti mimpi hamil yang sedang mengalami morning sickness?

Lauri Loewenberg, seorang analis dan penulis mimpi profesional, mengatakan bahwa arti mimpi hamil dengan morning sickness mungkin menjadi pertanda adanya kegelisahan emosional tentang sesuatu dalam hidup yang sedang terjadi.

"Sesuatu dalam proses apa pun yang sedang Anda kerjakan ini, itu bisa saja memiliki hubungan, mungkin rasanya seperti sesuatu yang tidak terasa benar bagi Anda," jelasnya mengutip The Cut.

Ia menyarankan Moms untuk bertanya pada diri sendiri, apakah ini hanya proses alami dari sesuatu yang sedang terjadi dalam kehidupan Moms, atau apakah ini sesuatu yang seharusnya tidak perlu membuat canggung atau salah.

12. Moms akan Mendapatkan Keberuntungan Berlipat

Ada hal menarik jika Moms mengalami mimpi hamil anak kembar. Bahkan jumlah anak kembar dalam mimpi tersebut memengaruhi artinya pula lho, Moms.

Mimpi hamil anak kembar dua, artinya Moms akan mendapatkan keburuntungan yang amat berlimpah dan berlipat ganda.

Namun, jika mimpi hamil kembar tiga itu berarti arti mimpi hamil Moms itu akan mengalami banyak hal baik sepanjang hidup. Karier, reputasi, atau kehidupan Moms akan selalu diikuti dengan keberuntungan.

Baca Juga: Ini Angka Keberuntungan untuk Masing-masing Zodiak

13. Merupakan Bentuk dari Perasaan Sendiri

arti mimpi hamil-bahagia

Foto: Orami Photo Stock

Terkadang, arti dari mimpi hamil sebenarnya bisa jadi tentang perasaan Moms sendiri dalam menjadi orang tua.

"Menjadi seorang ibu, menjadi ayah, memiliki anak, itu hanya pola dasar umum yang ada di dunia kita," kata Gailing.

14. Adanya Perkembangan Baru dalam Kehidupan

Jika Moms bermimpi bahwa Moms baru saja hamil, tidak peduli di mana kita berada dalam kehamilan, hal ini akan secara langsung mencerminkan di mana kita berada atau hal baru yang tumbuh dan berkembang dalam hidup kita.

Jadi, jika Moms berada pada titik di mana kita baru saja membuat rencana, maka sesuatu baru saja dimulai.

15. Akan Mendapatkan Hal Baik

Arti di Balik Mimpi Hamil dan Pertandanya Bagi Kehidupan Anda

Foto: shutterstock.com

Mimpi hamil muda adalah pertanda bahwa Moms akan mengalami hal baik.

Hal baik ini bisa berupa sebuah kepercayaan berisiko yang akan memberimu kesuksesan jika berhasil dijalankan dengan baik. Ahli tafsir mimpi menyebut kesuksesan tersebut dapat diasosiasikan dengan harta dan kekayaan bagi seseorang.

Arti Mimpi Hamil Besar

Nah, mungkin ada juga dari beberapa Moms yang bermimpi sedang hamil besar. Apa artinya? Kita intip yuk, Moms.

16. Bermimpi Berada dalam Trimester Ketiga Kehamilan

Jika Moms bermimpi sedang hamil besar atau hamil di trimester ketiga kehamilan, dalam mimpi kita secara langsung terkait dengan kemajuan tujuan atau proyek yang sedang kita kerjakan.

Jika Moms berada pada trimester ketiga dalam mimpi maka akan sampai di ujung jalan ini, dan apa pun yang sedang Moms kerjakan akan segera membuahkan hasil.

Baca Juga: Sering Mimpi saat Hamil? Ternyata Ini Penyebabnya!

17. Keberuntungan Besar Akan Segera Datang

arti mimpi hamil dan melahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Hampir serupa dengan mimpi hamil muda, arti mimpi yang satu ini juga dapat diasosiasikan dengan hal yang baik.

Maknanya adalah dalam waktu dapat Moms akan mengalami keberuntungan besar karena Moms akan mendapatkan sesuatu yang sejak lama sudah diidam-idamkan.

Arti Mimpi Hamil dan Melahirkan

Nah, ada juga Moms yang bermimpi hamil sekaligus melahirkan? Kira-kira apa ya artinya? Yuk tengok, Moms.

18. Jika Bermimpi Melahirkan Tetapi Salah Menempatkan Bayi dan Kehilangannya

Jika Moms bermimpi seperti ini, menunjukkan bahwa ini bisa menjadi peringatan dari alam bawah sadarnya bahwa ada sesuatu yang sedang kita kerjakan, mungkin jika dibiarkan kita akan tersesat dan mengalami perubahan kehidupan.

Jangan melupakan hal ini karena itu adalah sesuatu yang Moms kembangkan dan usahakan. Jika Moms sudah tahu, dan jangan meremehkan signifikansinya. Jangan lupakan hal tersebut ya.

19. Jika Bermimpi Akan Melahirkan tetapi Tidak Dapat Merasakan Sakit

arti mimpi hamil

Foto: Orami Photo Stock

Jika hal ini yang menjadi permasalahannya dan Moms tidak merasakan prosesnya dan tidak ada rasa sakit, bisa jadi pesan yang ingin disampaikan adalah jangan khawatir dan semua akan baik-baik saja.

Terlepas dari kenyataan yang terdokumentasi dengan baik bahwa persalinan bisa sangat menyakitkan, sebenarnya cukup umum untuk bermimpi tentang persalinan tanpa rasa sakit.

Alam bawah sadar kita ingin memberi tahu kita bahwa jangan terlalu khawatir, ini tidak akan menyakitkan dengan cara apa pun. Selesaikan saja proyek ini, selesaikanlah semuanya.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Alergi Makanan pada Ibu Hamil

20. Saat Bermimpi Moms Kesakitan selama Persalinan

Inilah hal tentang sakit fisik dalam mimpi. Saat Moms merasakan sakit dalam mimpi, itu paling sering terkait dengan rasa sakit emosional dalam kehidupan nyata.

Ini mungkin memberi tahu kita bahwa hal yang kita pikirkan mulai menguras emosi kita, tetapi sekali lagi, ini juga di akhir kehamilan kita. Jadi Moms tahu, Moms harus terus berusaha, karena sebentar lagi akan selesai.

Itu dia Moms, beberapa arti mimpi hamil yang dapat diinterpretasikan. Apakah sesuai dengan yang Moms rasakan saat ini?

Artikel Terkait