SELEBRITI
22 Juni 2019

5 Artis yang Pernah Dilaporkan ke Polisi karena Media Sosial

Penting menggunakan media sosial dengan bijak!
placeholder

Sumber: Instargram.com/nikitamirzanimawardi_17

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur

Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang, baik itu sebagai alat untuk mencari hiburan atau bahkan menjadi lapangan pekerjaan.

Meskipun memberikan manfaat, media sosial bisa menjadi senjata berbahaya bagi para penggunanya. Tidak sedikit orang mengunggah postingan yang bisa menyinggung pihak tertentu, atau dianggap mencemarkan nama baik.

Terutama bagi kalangan selebritas yang menjadi pusat perhatian publik. Tidak sedikit dari mereka mendapatkan kasus karena tingkah mereka di media sosial.

Berikut ini beberapa artis yang pernah dilaporkan ke polisi karena media sosial.

Baca Juga: Berapa Biaya Endorse Artis di Instagram?

1. Inul Daratista

artis kasus media sosial-1.jpg

Foto: instagram.com/inul.d

Artis yang pernah dilaporkan ke polisi karena media sosial yang pertama adalah Inul Daratista.

Pedangdut Inul Daratista sempat dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada awal tahun 2017 oleh gabungan advokat "Advokat Peduli Ulama".

Inul dilaporkan lantaran dianggap telah menghina dan melecehkan ulama di akun Instagramnya.

Inul Daratista dilaporkan atas dugaan pelanggaran pasal 310 dan pasal 311 KUHP serta pasal 28 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Tak hanya dilaporkan ke pihak kepolisian, Inul bahkan menjadi topik viral di Twitter dengan tagar #BoikotInulDaratista yang menjadi trending topic.

Netizen juga mengajak untuk memboikot tempat usaha karaokenya, dan program acara yang menayangkan Inul di stasiun televisi.

2. Ahmad Dhani

artis kasus media sosial-2.jpg

Foto: instagram.com/ahmaddhaniprast

Artis yang pernah dilaporkan ke polisi karena media sosial yang selanjutnya adalah Ahmad Dhani. Ahmad Dhani menjadi salah satu artis yang kerap melakukan ragam tindakan kontroversial. Ia pun juga kerap menyuarakan pikirannya di media sosial.

Pentolan Republik Cinta Management (RCM) ini sempat dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh organisasi relawan Ahok-Djarot, 'BTP Network, karena cuitannya di Twitter tentang "penista agama".

"Siapa saja yang dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya - ADP," tulis Dhani di Twitter.

Salah seorang anggota BTP Network, Jack Boyd Lapian, mengatakan pihaknya melaporkan Ahmad Dhani atas dugaan penyebaran ujaran kebencian.

"Ini laporannya terkait tweet Ahmad Dhani. Cuitan itu mengandung unsur permusuhan dan penghasutan," ucap Jack, kala itu, dikutip dari Kumparan.

3. Nikita Mirzani

artis kasus media sosial-3.jpg

Foto: instagram.com/nikitamirzanimawardi_17

Artis yang pernah dilaporkan ke polisi karena media sosial yang selanjutnya adalah Nikita Mirzani. Nampaknya bukan hal asing bagi seorang Nikita Mirzani terjerat dalam kasus. Ia dilaporkan ke pihak kepolisian karena 'cuitan' pada akun Twitter yang diduga miliknya.

Cuitan ini dianggap menghina film G30S/PKI dan juga nama baik TNI.

"Film G30S/PKI kurang seru. Seharusnya Panglima Gatot juga dimasukkan ke dalam lubang buaya pasti lebih seru," tulisnya di Twitter.

Meskipun cuitan tersebut telah dihapus, namun Yogi Vitagora, advokat asal Palembang, Sumatera Selatan, tetap melaporkan Nikita ke Polda Sumatera Selatan.

Yogi melaporkan Nikita atas dugaan penyebaran kebencian dan penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia.

Namun Nakita membantah baha itu merupakan cuitan dari dirinya.

"Gue enggak pernah twit apa pun di twitter gue. Sudah lama enggak buka Twitter juga dan gue enggak pernah nonton film G30S/PKI," ungkap Nikita melansir Kumparan.

4. Istri Andre Taulany

artis kasus media sosial-4.jpg

Foto: instagram.com/andreastaulany

Artis yang pernah dilaporkan ke polisi karena media sosial yang selanjutnya adalah istri Andre Taulany. Beberapa minggu lalu terjadi kasus heboh istri Andre Taulany, Reinwartia Trygina, yang dianggap menghina calon presiden Prabowo Subianto.

Perempuan yang akrab dikenal Erin Taulany menjadi topik perbincangan setelah mengunggah foto Prabowo saat mendeklarasikan kemenangannya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, lewat Instagram Stories-nya.

Tak hanya foto, Erin menuliskan kata-kata bernada kasar pada Prabowo.

"Kasian tambah sakit ***a. Si****g. Kasian jadi **la krn ambisi pingin jadi President gak kesampean!!!" tulis Erin pada unggahannya.

Akibat unggahan tersebut, Erin menuai tanggapan dari berbagai pihak. Bahkan ia sampai dilaporkan ke polisi dengan tudingan melakukan pencemaran nama baik.

Baca Juga: Harta Melimpah, 4 Artis Perempuan Ini Memang Sudah Kaya dari Lahir

5. Lyra Virna

artis kasus media sosial-5.jpg

Foto: instagram.com/lyravirna

Artis yang pernah dilaporkan ke polisi karena media sosial yang selanjutnya adalah Lyra Virna. Pesinetron Lyra Virna dilaporkan oleh pemilik agen travel haji dan umrah, Lasti Annisa, ke pihak kepolisian lantaran unggahan di akun Instagram pribadinya.

Pelaporan tersebut dimulai dari rasa kecewa Lyra karena merasa ditipu oleh agen haji dan umrah tersebut. Ini karena uang keberangkatan haji yang batal ia lakukan, tak kunjung dikembalikan oleh Lasti.

Lyra memiliki alasannya mengapa dirinya membatalkan keberangkatan haji, yaitu karena ia mendengar banyak kabar jika agen travel milik Lasty banyak menyelewengkan uang calon jemaah haji.

Karena takut hal serupa dialami olehnya, maka Lyra dengan mantap membatalkan niat untuk berangkat ke Tanah Suci.

Itulah beberapa artis yang pernah dilaporkan ke polisi karena media sosial. Sebaiknya, Moms juga lebih berhati-hati dan bijak dalam bermedia sosial ya.

Artikel Terkait