3-12 BULAN
25 September 2019

5 Bahan MPASI untuk Menaikkan Berat Badan Bayi, Bisa Bikin Ginuk-Ginuk

Makanan-makanan ini bisa Moms berikan sebagai tambahan asupan lemak yang dibutuhkan Si Kecil
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Selain dari penurunan berat badan yang umumnya dialami oleh semua bayi yang baru lahir dalam lima sampai tujuh hari pertama kehidupannya, bayi yang sehat tentu akan bertambah berat badannya secara bertahap. Selain itu, kenaikan berat badan bayi juga sangat bervariasi, dengan sebagian besar bobot dianggap sehat.

Tetapi ketika berat bayi terus turun dalam grafik persentil dan bukan karena alasan medis seperti gangguan pencernaan atau masalah kesehatan lainnya, mungkin karena mereka tidak mengonsumsi cukup makanan lemak yang bergizi.

Baca Juga: Begini Cara Menambah Berat Badan Bayi

Jill Castle, penasihat orang tua dan ahli diet terdaftar di New Canaan, Connecticut, telah melihat fenomena ini dalam praktiknya dengan orang tua yang keliru mengira diet rendah lemak dan tinggi serat cocok untuk segala usia, termasuk bayi.

"Jika melihat ASI dan susu formula, sekitar setengah kalorinya berasal dari lemak. Bayi dan anak kecil memiliki kebutuhan lemak yang lebih besar," kata Jill Castle. Lemak tidak hanya membantu otak dan sistem saraf mereka berkembang secara normal, tetapi juga membantu tubuh menyerap vitamin penting seperti A, D, E, dan K.

Lalu apa saja makanan bergizi yang penuh dengan lemak dan kalori sehat yang dibutuhkan oleh bayi kita? Yuk kita intip.

1. Minyak Zaitun

menaikkan berat badan bayi, berat badan bayi

Foto: firstcry.parenting.com

Dibandingkan dengan empat kalori yang ditemukan dalam satu gram protein atau karbohidrat, setiap gram lemak nabati yang ditemukan dalam minyak zaitun mengandung sekitar sembilan kalori.

Coba campurkan satu sendok teh minyak zaitun pada sayuran yang dihaluskan untuk menaikan berat badan bayi.

Baca Juga: Banyak Kegunaannya! Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bayi

2. Selai Kacang

menaikkan berat badan bayi, berat badan bayi

Foto: happyveggiekitchen.com

Kacang-kacangan tidak hanya bergizi tinggi dan penuh lemak sehat. The American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology merekomendasikan agar orang tua memperkenalkan kacang-kacangan kepada bayi yang berusia 6 bulan untuk membantu mencegah alergi makanan di jalan.

Jill Castle juga menyarankan untuk mengaduk sedikit kacang, almond, atau selai kacang mete ke dalam sereal pagi bayi Moms.

3. Susu

menaikkan berat badan bayi, berat badan bayi

Foto: parents.com

Karena bayi harus minum ASI atau susu formula selama satu tahun pertama kehidupan mereka, ini adalah tips menambah berat badan bayi yang tidak perlu dipikirkan lagi. Antara usia 1 dan 2, tawarkan susu murni untuk mendorong kenaikan berat badan bayi.

Baca Juga: 4 Fakta Tentang Susu Formula Bayi

4. Alpukat

menaikkan berat badan bayi, berat badan bayi

Foto: thebump.com

Konsistensinya yang lembut dan rasanya yang ringan membuat alpukat merupakan MPASI yang mudah untuk bayi pada tahap awal mengonsumsi makanan padat.

Beberapa makanan bayi yang dibeli di toko bahkan menampilkan alpukat yang dicampur dengan buah-buahan lain, seperti nanas, buah pir, dan jar alpukat.

5. Pisang

menaikkan berat badan bayi, berat badan bayi

Foto: parenting.firstcry.com

Tidak semua buah diciptakan sama dalam hal kandungan kalorinya. Pisang memiliki jauh lebih banyak kalori, jika dibandingkan dengan buah semangka, apel, atau stroberi. Buah berwarna kuning ini juga diperkaya dengan kalium dan serat.

Itu dia Moms makanan yang bisa Moms pilih. Beberapa di antaranya bisa dijadikan sebagai MPASI bayi lho.

(AWD)

Artikel Terkait