FASHION & BEAUTY
28 Februari 2019

5 Bahan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Jangan sampai salah pilih skincare ya Moms
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Setiap perempuan tentu selalu ingin terlihat cantik. Salah satu cara untuk bisa tetap terlihat cantik adalah dengan rutin menggunakan skincare. Tapi, bagaimana dengan ibu hamil? 

Sebagian besar ibu hamil tentu tahu bahwa apa yang mereka gunakan dapat mempengaruhi janin yang sedang tumbuh, termasuk skincare. Sebagian ibu hamil mungkin tidak terlalu memedulikan hal ini. Tapi, tahukah Moms, tidak semua kandungan dalam skincare aman untuk ibu Hamil?

Dikutip dari Globalnews.ca, tidak diketahui berapa banyak kandungan dari skincare yang bisa terserap tubuh dan mengalir dalam pembuluh darah. Dr Roni Munk, dokter kulit dari Kanada, menjelaskan bahwa berapa banyak kandungan yang terserap bergantung pada berapa banyak skincare yang diaplikasikan.

"Tapi kita juga tahu bahwa lebih tipis kulit, lebih banyak juga yang akan terserap. Misalnya, aplikasi skincare pada kelopak mata akan lebih banyak terserap ketimbang pada bagian punggung. Tapi, kemungkinan penyerapannya antara 2-5 persen dari total kandungan," jelas Dr Munk.

Dengan kondisi itu, penting bagi Moms untuk memilih skincare yang aman. Memang cukup banyak skincare yang kandungannya berbahaya bagi ibu hamil, tapi banyak juga kok Moms yang kandungannya aman. Kandungan apa saja yang aman untuk ibu hamil? Yuk kita cari tahu Moms!

Azelaic Acid

azelaic acid

Untuk mengatasi jerawat, banyak perempuan yang menggunakan retinoid, bahan skincare dengan vitamin A. Sayangnya, bahan ini berbahaya untuk ibu hamil. Moms lebih baik menggantinya dengan kandungan azelaic acid.

Kandungan ini dapat membunuh bakteri yang ditemukan di pori-pori dan juga menurunkan produksi keratin. Tidak hanya bagus untuk jerawat, bahan ini juga dapat menghentikan produksi pigmen di kulit serta memiliki efek pencerahan halus.

Baca Juga: Ketahui Bahan Skin Care yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Hyaluronic Acid

hyaluronic acid

Dengan kata lain, menggunakan skincare dengan bahan ini tidak seperti memperkenalkan bahan kimia asing. Selain itu, skincare dengan bahan ini juga memiliki banyak manfaat seperti melembabkan kulit serta melawan garis-garis halus.

Vitamin C

vitamin c

Skincare yang mengandung vitamin C memang aman untuk ibu hamil. Vitamin C biasanya terkandung dalam tabir surya yang memiliki sifat yang meningkatkan produksi kolagen dan memiliki efek seperti retinol.

Vitamin C juga bekerja sebagai antioksidan yang membantu melawan kerusakan akibat sinar matahari.

Baca Juga: Bolehkah Menggunakan Krim Pemutih Wajah Saat Hamil?

Salicylic Acid

salicylic acid

Banyak perempuan mengalami jerawat di trimester pertama karena perubahan kadar estrogen. Jika Moms ingin menggunakan pembersih wajah untuk kulit berjerawat, maka pilihnya yang mengandung salicylic acid. Namun, kadarnya tidak lebih dari 2 persen ya.

Benzoyl Peroxide

benzoyl peroxide

Informasi yang salah tentang perawatan kulit kehamilan memang menciptakan kebingungan bagi para ibu hamil. Untuk mendapatkan skincare dengan bahan yang tepat memang sebaiknya Moms berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya.

(MDP)

 

 

 

Artikel Terkait