TREN
5 April 2019

5 Bentuk Investasi untuk Pendidikan Anak yang Bisa Moms Lakukan

Biaya pendidikan yang semakin mahal membuat Moms harus segera berinvestasi
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Biaya pendidikan semakin hari memang semakin mahal. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui cara berinvestasi untuk pendidikan anak.

Meski banyak orang tua yang sudah mengetahui pentingnya hal ini, namun masih banyak yang belum tahu bagaimana bentuk investasi pendidikan yang tepat.

Yuk Moms ketahui cara berinvestasi untuk pendidikan anak berikut:

1. Tabungan Pendidikan

Saat ini rasanya sudah hampir setiap bank menawarkan tabungan pendidikan bagi nasabahnya. Bahkan tak jarang tabungan pendidikan ini menawarkan bunga yang tinggi.

Dengan memiliki tabungan pendidikan, Moms patutnya akan menjadi disiplin untuk menabung demi masa depan Si Kecil.

Tak hanya itu, bentuk investasi ini juga dinilai sebagai salah satu yang paling aman karena bisa dilakukan dalam jangka panjang.

2. Asuransi Pendidikan

Berikutnya ada asuransi pendidikan yang sering dinilai sama dengan tabungan pendidikan. Padahal, ada sedikit perbedaan diantara keduanya.

Pada asuransi pendidikan memang memiliki keuntungan yang lebih besar, namun demikian uang tersebut baru bisa dicairkan ketika Moms meninggal dunia atau tak lagi mampu membayar premi.

Baca Juga : Ini Dia Jurus Menghadapi Inflasi Biaya Pendidikan Anak

3. Reksadana

Bagi Moms yang masih baru dalam berinvestasi, mungkin bisa mencoba reksadana. Selain mudah, risikonya juga kecil namun keuntungannya lumayan.

Terdapat banyak jenis reksadana, namun baiknya Moms mencoba reksadana konvensional yang berjenis campuran.

Pada saat berinvestasi di jenis ini Moms akan diuntungkan dengan lama investasi yang biasanya dimulai dari tiga hingga lima tahun.

4. Emas

Jenis investasi yang satu ini mungkin sudah lama dilakukan banyak orang. Namun hingga kini berinvestasi dalam bentuk emas masih menjadi sesuatu yang menjanjikan.

Selain harganya yang cenderung stabil, emas juga dapat diinvestasikan dalam jangka panjang.

Hal yang Moms butuhkan hanyalah tahu benar bagaimana cara menyimpannya dengan aman.

Baca Juga : Ingin Investasi Emas? Inilah 4 Hal yang Perlu Kita Ketahui

5. Deposito

Terakhir, Moms dapat mencoba untuk membuka deposito. Perlu diketahui bahwa deposito tak seperti tabungan yang dapat diambil kapanpun.

Moms harus menunggu hasil deposito terlebih dahulu untuk menariknya.

Namun demikian, bunga yang dijanjikan deposito cukup menguntungkan, bisa mencapai enam hingga delapan persen setiap tahun.

Jangan berpikir dua kali untuk melakukan investasi demi pendidikan anak di masa yang akan datang. Ingatlah mahalnya biaya pendidikan mengharuskan

Baca Juga: 5 Keuntungan Deposito yang Perlu Kita Ketahui

Moms mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini, lho.

(MDP)

Artikel Terkait