KESEHATAN
24 April 2019

5 Buah Mengenyangkan untuk Camilan di Malam Hari, Tidak Bikin Gemuk!

Tidak hanya membuat kenyang, stroberi punya kandungan yang dapat menurunkan berat badan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh mentari.delita
Disunting oleh mentari.delita

Tak jarang Moms merasakan lapar di tengah malam. Kalau sudah begini, tentunya tidur pun menjadi sulit.

Rasa lapar di tengah malam membuat orang sering memutuskan untuk membuat makanan instan lainnya.

Padahal sebaiknya, ketika lapar di tengah malam lebih baik untuk mengonsumsi buah-buahan, karena sehat dan tentunya tidak membuat gemuk.

Tak usah ragu, inilah buah mengenyangkan untuk disantap tengah malam:

1. Stroberi

shutterstock 1234362001

Tidak hanya membuat kenyang, stroberi punya kandungan polifenol yang telah terbukti membantu menurunkan berat badan dan menghentikan pembentukan sel-sel lemak.

Studi juga menunjukkan bahwa makan buah merah dapat membantu menghilangkan stres dengan menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Stroberi dapat dimakan dalam keadaan polos atau dicampurkan dengan yogurt dan oatmeal.

Baca Juga: Enak dan Sehat! Ini 5 Camilan Berbahan Dasar Buah

2. Apel

shutterstock 1226171899

Apel merupakan salah satu buah yang mengenyangkan sekaligus mudah sekali untuk ditemukan.

Bila Moms merasa lapar tengah malam, cobalah untuk mengonsumsi apel tanpa dikupas.

Makan buah apel merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan karbohidrat yang sehat dan dorongan serat untuk menjaga kadar gula darah stabil.

Bukan hanya itu, apel juga mengandung flavonoid yang menyehatkan jantung.

3. Pisang

shutterstock 244685272

Pisang adalah salah satu makanan terbaik saat Moms merasa lapar.

Tidak hanya air buah dan kandungan seratnya yang dapat menjauhkan Moms dari rasa lapar, potasiumnya dapat melawan retensi air dan kembung.

Mineral ini juga membantu pemulihan otot setelah berolahraga, lho.

4. Avokad

shutterstock 785296315

Selain penuh dengan serat, porsi setengah buah avokad menyediakan 25 persen dari asupan yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

Tak hanya itu, banyak manfaat lain dari avokad yang juga tak bisa dilupakan.

Buah ini menyediakan hampir 20 vitamin, mineral, dan fitonutrien, termasuk B6, C dan E, potasium, magnesium, dan asam folat yang menghilangkan lemak.

Tak hanya itu, berkat kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, avokad juga dapat mencegah lemak tubuh terbentuk di sekitar perut.

Baca Juga: Yuk Makan 6 Buah Warna Merah Ini Supaya Makin Sehat!

5. Semangka

shutterstock 337486829

Selain banyaknya kandungan air yang membuat segar, semangka juga sangat mengeyangkan.

Semangka memiliki lebih dari 94 persen air dan volume cairan berlebih ini membuat tubuh kenyang tanpa banyak kalori tambahan.

Selain itu, semangka juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti sumber vitamin A dan C yang bagus, dan kalium.

Semangka mengandung likopen, yang merupakan antioksidan karotenoid untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan berbagai kanker.

Meskipun tidak memiliki banyak serat, Moms bisa makan dalam porsi banyak karena sangat rendah kalori dan karbohidrat, jadi jangan ragu untuk menikmatinya.

Baca Juga: 7 Kombinasi Buah-Buahan yang Bagus untuk MPASI

Sekarang Moms sudah tahu bukan apa yang sebaiknya dikonsumsi saat lapar tengah malam? Hindari mengonsumsi makanan yang malah akan menggagalkan diet ya.

(MDP)

Artikel Terkait