RESEP
24 Juni 2019

5 Bumbu Rempah Italia yang Menambah Cita Rasa Masakan

Bawang putih juga banyak digunakan di masakan Italia lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur

Hidangan Italia merupakan salah satu hidangan yang punya banyak penggemar di dunia. Termasuk di Indonesia. Salah satu kunci lezatnya hidangan Italia adalah bumbu rempah yang digunakan.

Bumbu remah Italia ini memang selalu berhasil menambah cita rasa hidangan. Cita rasa yang khas terdapat dalam masakan variasi pasta dan roti. Beberapa dari rempah-rempah ini mungkin pernah Moms jumpai pada masakan di restoran Italia.

Namun, mungkin masih banyak Moms yang belum terlalu memahami bumbu rempah Italia dan penggunaannya. Penasaran apa saja dan kapan menggunakannya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Daun Basil

rempah itali-basil.jpg

Bumbu rempah Italia yang menambah cita rasa masakan yang pertama adalah daun basil.

Masih satu keluarga dengan daun kemangi, daun basil menambahkan cita rasa segar yang enak pada makanan Italia, khususnya pasta.

Basil juga sangat cocok dicampur dengan saus tomat, tak jarang daun basil juga kerap ditemukan pada resep saus tomat.

Selain digunakan pada hidangan pasta, basil juga kerap dicampur dalam hidangan sayuran seperti terong atau zucchini.

Baca Juga: Berkunjung ke Italia? Jangan Lupa Mampir Ke 3 Tempat Ini!

2. Rosemary

rosemary-leaves-bound-in-rope-on-wooden-table.jpg

Bumbu rempah Italia yang menambah cita rasa masakan yang selanjutnya adalah rosemary. Rosemary atau rosmarino dalam bahasa Italia tumbuh berlimpah di Italia.

Rosemary dikenal karena rasanya yang pedas. Dalam masakan Italia, rosemary sering digunakan dalam sayuran panggang atau olahan daging.

Rosemary mengandung zat besi, kalsium, serat, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan.

3. Daun Bay

rempah itali-bay leaves.jpg

Bumbu rempah Italia yang menambah cita rasa masakan yang selanjutnya adalah daun bay.

Beda dengan daun salam, daun bay menambah rasa yang enak untuk hidangan semur dan sup, dan bisa digunakan untuk menambah rasa saat menumis sayuran.

Selain itu, daun bay juga sering digunakan untuk membumbui saus putih, serta bumbu bila hendak memasak daging untuk menambah aroma dan menggugah selera.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Manfaat Rempah-rempah untuk Tubuh

4. Oregano

rempah itali-oregano.jpg

Bumbu rempah Italia yang menambah cita rasa masakan yang selanjutnya adalah oregano. Jika Moms merasa hidangan sandwich terlihat agak hambar, taburkan oregano bubuk untuk menambah cita rasa yang lezat.

Bumbu ini cocok sekali bila dipasangkan dengan tomat dan kemangi. Oregano adalah bahan utama dalam hidangan pasta Italia Selatan.

Penggunaan oregano biasanya ditambahkan di akhir masakan, ini karena rasa bisa menghilang dengan cepat. Sebagai catatan, oregano menjadi rempah yang populer di Amerika setelah Perang Dunia II, karena kecintaan tentara Amerika terhadap hidangan pizza.

5. Peterseli

rempah itali-peterseli.jpeg

Bumbu rempah Italia yang menambah cita rasa masakan yang selanjutnya adalah peterseli. Jika Moms melihat ada bawang putih dalam hidangan Italia, hampir dapat dipastikan bahwa akan ada juga peterseli.

Namun, karena peterseli tidak memiliki rasa yang kuat, jadi sangat bagus sebagai hiasan saat menghidangkan masakan Italia seperti spaghetti.

Baca Juga: Resep Tiramisu, Dessert Italia yang Enak dan Nikmat

Itulah beberapa bumbu rempah Italia yang menambah cita rasa masakan. Cobalah untuk menambahkan bumbu rempah Italia ke masakan Moms. Selamat mencoba!

Artikel Terkait