KESEHATAN
23 Juni 2020

5 Cara Alami Hilangkan Gatal Pada Vagina

Bisa diatasi dengan bahan-bahan rumahan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Gatal pada vagina adalah masalah yang banyak dialami oleh wanita. Kondisi tersebut tentunya bikin Moms merasa tidak nyaman dan memalukan apalagi jika disertai dengan bau tidak sedap.

Dikutip dari Mayo Clinic, kondisi gatal vagina bisa terjadi karena adanya infeksi jamur.

Pada dasarnya untuk mengurangi penyakit gatal pada kelamin wanita bisa dengan menggunakan air hangat atau rebusan air sirih untuk mencuci area vagina.

Cara Alami Menghilangkan Gatal pada Vagina

Tetapi bila gatal tersebut disebabkan oleh bakteri, jamur atau parasit rasa gatal tidak akan berkurang sekalipun menggunakan air hangat dan rebusan air sirih. Berikut adalah cara alami untuk menghilangkan gatal pada vagina!

1. Cuka Sari Apel

1 gatal vagina

Cuka sari apel memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang sangat baik karena mampu membantu menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh jamur atau bakteri dan menyebabkan bakteri.

Hal itu disebabkan cuka sari apel dapat membuat vagina asam sehingga bakteri tidak dapat berkembang.

Caranya sederhana, Moms hanya perlu mengambil dua sendok makan cuka sari apel dan campurkan dengan air hangat. Kemudian, cuci vagina sebanyak dua kali dalam sehari secara rutin.

2. Kompres dengan Air Dingin

2 gatal vagina

Hal yang paling merepotkan adalah ketika gatal pada kelamin wanita datang pada malam hari. Selain dapat mengganggu waktu tidur Moms juga dapat membuat Moms lelah.

Untuk menghentikan rasa gatalnya, Moms dapat mengompres vagina dengan air dingin atau es batu.

Baca Juga: Sering Gatal di Selangkangan? Jangan-jangan Kita Terkena Penyakit Ini!

3. Garam

3 gatal vagina

Garam secara efektif mampu menghilangkan rasa gatal dan bakteri yang ada pada alat kelamin wanita. Hal itu disebabkan garam memiliki sifat antibakteri.

Moms dapat mencuci kemaluan dengan air garam setiap kali terasa gatal. Selain dapat memberikan rasa lega juga dapat mencegah perkembangan bakteri.

4. Bawang Putih

4 gatal vagina

Selain memiliki aroma yang tajam, bawang putih juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghilangkan rasa gatal pada kemaluan.

Baca Juga: Ini 5 Bentuk Vagina Perempuan, Moms yang Mana?

5. Yogurt

5 gatal vagina

Yogurt murni memiliki zat aktif yang dapat menghilangkan bakteri jahat dan dapat menambahkan bakteri baik pada kemaluan.

Moms hanya perlu mengonsumsi yogurt murni tanpa pemanis setiap hari. Selain itu juga dapat menggunakan yogurt yang langsung dioleskan pada vagina untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Selamat mencoba!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar kesehatan wanita, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait