KESEHATAN
10 Februari 2020

5 Cara Alami Mengobati Vertigo tanpa Obat-obatan

Sakit kepala seringkali mengganggu aktivitas kita, apalagi jika kita mengalami vertigo
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Vertigo merupakan salah satu gejala ketika penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak seharusnya atau biasa disebut kelainan vestibular. Kondisi seperti ini merupakan gejala dari masalah dalam keseimbangan internal tubuh, di mana merasa sekitar bergerak, padahal tubuh sedang tidak melakukan aktivitas apa pun.

Catherine Cho, M.D., seorang profesor klinis neurologi dan otolaringologi di NYU Langone Health mengatakan bahwa definisi vertigo merupakan ilusi gerakan yang tidak ada di sana. Penderita biasanya mengalami gerakan berputar atau melayang yang disebabkan oleh gangguan keseimbangan.

Putaran yang dialami bisa dalam berbagai cara, seperti vertigo rotasi dan vertigo translasional.

Kelainan vestibular resikonya semakin tinggi saat usia bertambah tua, biasanya kasus ini lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan pria, seperti yang dijelaskan dalam studi dari BMC Ear Nose Throat Disorders pada tahun 2012.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab vertigo seperti Vertigo Posisi Paroksismal (gangguan keseimbangan pada telinga bagian dalam), penyakit meniere (menjangkit telinga bagian dalam), migrain, obeistas, dan factor lingkungan.

Dalam survey Department of Epidemiology, Robert Koch Institute Germany, prevalansi vertigo di Berlin dalam 1 tahun vertigo akibat migrain sebesar 0,89 persen, vertigo akibat BPPV sebesar 1,6 persen, dan vertigo akibat manière mencapai 0,51 persen.

Cara Alami Mengobati Vertigo

Lalu adakah cara alami untuk mengatasi vertigo? Berikut adalah cara-cara alami mengatasi vertigo yang bisa Moms coba.

Baca Juga: Ini Dia Obat Alami untuk Penyakit DBD

1. Teh Jahe

cara mengatasi vertigo.jpg

Cara alami mengobati vertigo yang pertama adalah minum teh jahe. Selain menjadi bahan makanan dan minuman yang berkhasiat menghangatkan tubuh, jahe juga merupakan rempah yang dapat mengatasi vertigo.

Jahe bisa direbus selama kurang lebih 5 menit untuk kemudian air rebusannya akan dikonsumsi. Jika ingin menambah rasa, bisa pula mencampurkannya dengan madu.

2. Evley Manuver

cara mengatasi vertigo 2.jpg

Cara alami mengobati vertigo yang selanjutnya adalah Evely Manuver. Tidak familiar untuk didengar memang, namun rangkaian gerakan ini mampu dalam mengatasi vertigo.

Misal vertigo berasal dari telinga bagian kiri, posisikan tubuh berada di tepi tempat tidur, ubahlah posisi kepala sekitar 45 derajat ke arah kiri, letakkan bantal di bawah ketika berbaring. Kurang lebih dalam 30 detik, vertigo akan menghilang.

Kemudian putar kepala ke arah kanan tanpa mengangkat kepala, pastikan kepala dan tubuh dapat melihat lantai, dan pertahankan posisi tersebut selama 30 detik untuk menyelesaikan semua rangkaian gerakan.

Baca Juga: Bukan Hanya untuk Memasak, Ketahui 10 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

3. Lemon Balm

cara mengatasi vertigo 3.jpg

Cara alami mengobati vertigo yang selanjutnya adalah konsumsi lemon balm. Lemon balm bukan hanya digunakan sebagai pemanis tampilan saja, bahan alami ini dapat mengatasi vertigo.

Didihkan air dengan satu sendok teh lemon balm selama kurang lebih 10 menit, kemudian air didihan lemon balm dapat dikonsumsi.

4. Makanan Berprotein

cara mengatasi vertigo 4.jpg

Cara alami mengobati vertigo yang selanjutnya adalah makan makanan berprotein. Terganggunya sistem saraf menjadi salah satu penyebab vertigo muncul. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein sangat dianjurkan.

Makanan berprotein bisa didapatkan dari daging, ayam, dan kacang-kacangan. Asam amino dan protein pada makanan sangat baik untuk membantu menjaga sel-sel tubuh, memperbaiki fungsi syaraf, dan memperlancar sirkulasi darah.

Tak salah jika makanan yang mengandung protein dapat mengatasi vertigo.

5. Latihan Fisik dan Rutin Minum Air Putih

cara mengatasi vertigo 5.jpg

Cara alami mengobati vertigo yang selanjutnya adalah latihan fisik dan rutin minum air putih. Vertigo dapat diatasi dengan melakukan gerakan ringan pada sendi, kepala, dan bola mata. Selain itu, yoga juga dapat membantu mengatasi keseimbangan tubuh.

Bukan hanya gerakan saja, hal seperti banyak minum air putih dengan minimal 8 gelas sehari merupakan tindakan yang baik dalam mengatasi vertigo.

Seseorang yang jarang meminum air putih akan mengalami sakit kepala, di mana hal itu menjadi penyebab vertigo muncul.

Baca Juga: 6 Produk Skincare yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Itulah beberapa cara alami untuk mengobati vertigo. Jika vertigo yang dirasakan sangatlah berat dan menghambat aktivitas, sempatkan untuk beristirahat sejenak. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter agar kondisi vertigo kita tidak semakin parah.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait