KESEHATAN
22 Januari 2020

5 Cara Alami Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Siklus menstruasi yang tidak teratur membuat kita sulit dalam menentukan masa subur
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Menstruasi adalah perubahan fisiologis dalam tubuh manusia, proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan pendarahan.

Keluarnya darah dari vagina ini diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh perempuan yang merupakan proses organ reproduksi wanita. Siklus menstruasi setiap perempuan biasanya berbeda-beda.

Dilansir dari Healthline, umumnya siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari. Siklus menstruasi dikatakan teratur bila terjadi setiap 24 sampai 38 hari. Namun, ada beberapa perempuan yang memiliki siklus dengan waktu yang lebih cepat atau lebih lama. Siklus dikatakan tidak teratur apabila siklus menstruasi yang dialami tidak menentu.

Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Sebagian perempuan akan merasa khawatir dengan siklus yang tak beraturan karena mempengaruhi masa ovulasi, namun saat ini mereka yang mengalami hal tersebut sudah bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang mengatasi menstruasi tak teratur.

Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Rutin Olahraga

Cara Alami Mengatasi Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur.jpg

Cara mengatasi menstruasi tidak teratur yang pertama adalah rutin olahraga. Olahraga merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berbagai macam alasan kesehatan bisa diatasi dengan kegiatan ini. Selain menjaga berat badan, olahraga dapat juga menjadi pengobatan dari PCOS (sindrom ovarium polikistik).

PCOS menjadi salah satu penyebab siklus menstruasi yang berantakan. Olahraga seperti jogging selama 30 menit perhari, bersepeda atau berenang dapat menjadi pilihan olahraga sederhana yang dapat membantu mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur.

Namun, olahraga rutin bukan berarti sering dan berlebihan. Olahraga yang terlalu sering dan berlebihan juga dapat membuat lemak tubuh stres dan menurunkan sekresi hormon, di mana tongkat kesuburan dapat menurun dan menyebabkan haid tidak teratur, seperti yang dilansir dari laman Boldsky.

Baca Juga: 6 Penyebab Perubahan Siklus Menstruasi yang Harus Diketahui

2. Konsumsi Asupan Vitamin

Cara Alami Mengatasi Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur 2.jpg

Cara mengatasi menstruasi tidak teratur yang selanjutnya adalah konsumsi asupan vitamin. Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang dapat membantu mengatur siklus menstruasi dengan baik. Vitamin D dapat mengatur masa ovulasi agar terjadi secara teratur.

Dalam Journal of Reproductive Biology and Endocrinology menyatakan adanya hubungan antara vitamin D yang rendah dan haid yang tidak teratur. Dalam sebuah penelitian kombinasi suplemen vitamin D, kalsium, dan metformin dapat melancarkan menstruasi perempuan dengan PCOS.

Bagaimana cara mendapatkan vitamin D? Cukup berjemur di pagi hari pada pukul 7 hingga 8 pagi, kurang lebih selama 15 menit setiap harinya atau dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti salmon, tuna, susu, dan sereal.

3. Yoga

Cara Alami Mengatasi Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur 3.jpg

Cara mengatasi menstruasi tidak teratur yang selanjutnya adalah yoga. Dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine, menyatakan bahwa yoga dapat mengendalikan kadar hormon yang membuat siklus menstruasi tidak teratur.

Yoga dapat dilakukan selama 35-40 menit selama 5 hari dalam seminggu.

Saat ini yoga dapat dilakukan di rumah melalui video-video yoga dari ahli instrukturnya yang sudah banyak diunggah di internet. Pastikan gerakan-gerakannya sederhana, mudah, dan tidak menimbulkan risiko seperti cedera, jika memiliki waktu luang yang cukup, ikuti kelas yoga agar bisa diarahkan dengan baik.

Baca Juga: Siklus Menstruasi Pendek Bikin Perempuan Susah Hamil?

4. Menjaga Berat Badan

Cara Alami Mengatasi Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur 4.jpg

Cara mengatasi menstruasi tidak teratur yang selanjutnya adalah menjaga berat badan. Menjaga berat badan merupakan salah satu cara memperlancar siklus menstruasi.

Terlalu kurus atau gemuk, dan perubahan berat badan secara drastis juga mempengaruhi siklus menstruasi.

Menjaga makanan dan olahraga yang teratur dapat membantu menjaga berat badan. Jika hal tersebut tidak dapat mengatasi siklus menstruasi menjadi teratur, cobalah berkonsultasi dengan dokter.

5. Terapi Hormonal

terapi Hormon.jpg

Cara mengatasi menstruasi tidak teratur yang selanjutnya adalah terapi hormonal. Terapi hormonal biasanya memang diberikan untuk wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak lancar.

Terapi ini dilakukan dengan memberikan obat mengandung hormon estrogen dan progesterone dalam dosis tertentu yang dapat membantu melancarkan menstruasi yang diakibatkan ketdakseimbangan hormon tubuh.

Obat hormonal biasanya memiliki efek samping seperti mual, sakit kepala, berat badan, nyeri payudara, hingga hasrat seksual yang menurun.

Baca Juga: 6 Manfaat Mengejutkan dari Menstruasi

Itulah beberapa cara untuk mengatasi menstruasi tidak teratur. Jika setelah melakukan cara alami di atas siklus menstruasi Moms belum teratur, alangkah lebih baiknya berkonsultasi dengan dokter obgyn agar bisa mengetahui dengan cepat penyebab dan cara mengatasinya.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait