KESEHATAN
7 Februari 2020

5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Cacar Air

Bekas luka cacar air ini cukup mengganggu ya Moms
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Ketika Moms, Dads, atau Si Kecil didiagnosis menderita cacar air, bagian yang terburuknya adalah setelah virus hilang, tapi tubuh masih ditandai oleh bekas luka dari lepuh.

Seperti bekas luka lainnya, kebanyakan kasus bekas luka ini bisa memudar seiring waktu tetapi prosesnya sangat lambat.

Bekas luka, terutama bila ada di wajah tentunya akan mengganggu hingga bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Tapi, ada sejumlah cara alami untuk menghilangkan bekas luka cacar air dan mempercepat juga prosesnya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Cacar Air

Dilansir dari medicalnewstoday.com, berikut ini cara-cara alami menghilangkan bekas luka cacar air.

Baca Juga: 8 Fakta tentang Menstrual Cup yang Perlu Moms Ketahui

1. Vitamin E

vitamin-E-foods.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya membantu melembabkan kulit, vitamin E juga kaya akan antioksidan yang mampu meningkatkan produksi kolagen, melindungi diri dari radikal bebas, dan kotoran lainnya.

Sebuah studi pada 2016 yang diterbitkan Aestethic Surgery Journal menyebutkan, vitamin E dapat ditemukan dalam makanan seperti almond, bayam, dan pepaya.

Tapi, Moms dan Dads, vitamin E juga bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau digunakan dalam bentuk minyak untuk dibalurkan ke bagian yang bekas luka cacar air dengan cara memijat secara perlahan dan rutin.

Baca Juga: Apakah Hepatitis B Memengaruhi Kesuburan?

2. Jus Lemon

air lemon.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jus lemon adalah salah satu sumber terkaya vitamin C. Hal ini akan membantu produksi kolagen, dan menjaga elastisitas kulit. Tak hanya itu, vitamin C yang berasal dari jus lemon kaya akan asam alfa hidroksil yang membantu sembuhkan kulit yang rusak.

Tak hanya itu, jus lemon juga memiliki sifat memutihkan agar bekas luka segera memudar. Caranya, jus lemon dapat diencerkan dengan air atau dioleskan langsung ke kulit sedikit demi sedikit.

3. Air Kelapa

Coconut-Water.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Air kelapa tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi penting untuk kulit dan asam laurat serta sitokin. Menurut ahli dermatologis, Dr Ganesh Avhad, hal tersebut membantu mengatur pertumbuhan sel di kulit dan menyeimbangkan tingkat pH.

Ia juga memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang mencegah berjerawat.

Kemudian, seiring dengan rutinnya minum air kelapa, Moms atau Dads bisa menerapkannya langsung di daerah yang terkena dampak untuk membantu mempercepat proses pemulihan bekas luka cacar air.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan, Ini Cara Mengatasi Mata Bintitan dengan Cepat

4. Baking Soda

baking-soda-for-bath-in-wooden-bowl-with-wooden-spoon.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Biasanya bekas luka cacar air disebabkan oleh garukan sehingga membuat lecet di kulit. Nah, baking soda atau soda kue bisa membantu mencegah pembentukan bekas luka dengan menenangkan iritasi dan pengelupasan kulit.

Bahkan, baking soda juga mampu menyeimbangkan tingkat pH kulit. Pasta soda kue, dan air dapat dipihat ke area yang terkena untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah jaringan parut.

5. Aloe Vera

lidah buaya

Foto: Orami Photo Stock

Selain sekedar mengikuti tren memiliki aloe vera, benda tersebut juga dikenal sifatnya yang anti oksidan dan mikroba. Aloe vera juga dapat melindungi kulit dari infeksi bakteri, membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit.

Khasiat anti radangnya juga membantu mengurangi rasa gatal dan kemerahan yang disebabkan oleh lepuh cacar air. Lidah buaya juga meningkatkan produksi kolagen dan melembabkan kulit.

Lidah buaya dapat digunakan dengan mengoleskan gel ke dalam daunnya langsung pada kulit dan membiarkannya kering. Ini dapat diulang 3 hingga 4 kali sehari untuk hasil terbaik.

Itulah beberapa cara alami untuk menghilangkan bekas luka cacar air. Selamat mencoba Moms!

Artikel Terkait