KESEHATAN
8 Oktober 2019

5 Cara Alami Menyamarkan Selulit, Yuk Coba!

Melakukan perawatan untuk menyamarkan selulit ternyata bisa dilakukan di rumah!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sebagian besar perempuan pasti memiliki selulit. Selulit adalah lapisan lemak yang ada di bawah permukaan kulit. Seringnya terdapat pada bagian bokong, paha, dan lengan atas.

Meski tertutup, tapi tetap saja, selulit bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri.

Sampai saat ini, masih belum ada satu studi pun yang menyatakan bahwa selulit dapat dihilangkan, namun selulit dapat diminimalisir dengan cara makan sehat, berolahraga, dan rutin melembapkan kulit.

Di luar dari tiga hal itu, diilansir dari shape.com ada lima cara alami menyamarkan selulit yang bisa Moms coba di rumah. Berikut daftarnya!

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Selulit

1. Lulur Kopi

listicle 1.jpg

Foto : pre-tend.com

Lulur kopi merupakan salah satu cara alami menyamarkan selulit. Kopi memiliki efek mengencangkan dan sangat baik untuk kulit yang sudah mengendur dan berselulit.

Cara melakukan lulur: Pijat ke kulit selama beberapa menit menggunakan tekanan kuat dan bilas setelahnya. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Rumput Laut

listicle 2.jpg

Foto : healthline.com

Rumput laut juga bisa jadi cara alami menyamarkan selulit. Nikki Ostrower, pakar nutrisi dan pendiri NAO Wellness menyatakan bahwa mengonsumsi rumput laut memiliki fungsi detoksifikasi yang kuat sehingga dapat membantu menyamarkan selulit.

"Rumput laut kaya akan yodium, yang bagus untuk tiroid dan kesehatan hormon Anda. Ada beberapa bukti bahwa hormon dapat berperan dalam produksi selulit, jadi menjaga kesehatan tiroid dapat membantu meminimalisir pembentukan selulit baru,” ungkap Ostrower.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Mengenai Selulit yang Perlu Diketahui

3. Minyak Kelapa

listicle 3.jpg

Foto : stylebynohea.com

Minyak kelapa adalah bahan alami lain yang dapat menyamarkan selulit. Ostrower mengatakan mencampurkan minyak kelapa dengan minyak esensial dan memijatnya ke kulit, dapat menjadi cara alami menyamarkan selulit.

Bagaimana caranya? Minyak kelapa terbukti dapat menjadi pelembab alami yang sangat baik, bisa membuat kulit Moms terlihat lebih kenyal. Sedangkan essensial oil bisa membantu memanaskan jaringan dan mengeluarkan racun.

"Minyak kelapa juga memiliki kemampuan untuk memperlambat pertumbuhan jaringan yang menghasilkan lemak. Memijatnya ke dalam kulit membantu memecah timbunan lemak itu,” ungkap Ostrower pada shape.com.

4. Cuka Sari Apel

listicle 4.jpg

Foto : goodhousekeeping.com

Beberapa sumber menyatakan jika ingin mengurangi selulit harus menghilangkan lemak yang ada di dalam tubuh terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melakukan detoksifikasi.

"Lemak menyimpan racun yang paling sulit diurai, yang kemudian membentuk gumpalan pada lapisan bawah kulit dan berpotensi menjadi selulit. Cara satu-satunya menghilangkan lemak adalah dengan melakukan olahraga dan detoksifikasi,” ungkap Ashley Black, penulis buku The Cellulite Mith.

Ada bahan alami yang dapat digunakan sebagai detoksifikasi, yaitu cuka sari apel. "Cuka sari apel memiliki sejumlah besar probiotik dan asam amino, yang dapat membantu tubuh menciptakan simpanan alami HCL (asam perut yang baik), untuk pencernaan dan detoksifikasi," kata Ostrower.

Moms dapat mencoba rutin mengonsumsinya setiap hari untuk hasil yang maksimal. Namun, Moms perlu mempertimbangkannya jika memiliki masalah pada lambung.

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Bahan Alami

5. Mineral Water

listicle 5.jpg

Foto : namastshay.com

Dari semua cara alami menyamarkan selulit, yang satu ini mungkin yang paling mudah: Minumlah lebih banyak air!

"Peningkatan asupan air dapat membuat kulit menjadi lebih lembap yang nantinya akan berpengaruh dalam menyamarkan selulit," kata Dr. Engelman. "Jika kulit dan jaringan lunak mengalami dehidrasi, itu dapat membuat kulit tampak lebih bergelombang karena mengendur," tambahnya.

Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas sehari, atau lebih banyak lagi ketika Moms beraktivitas lebih banyak.

Dari semua bahan alami yang disebutkan di atas, Moms tentu dapat dengan mudah menemukannya di supermarket. Jadi tunggu apalagi, silahkan mencobanya di rumah!

Artikel Terkait