RUPA-RUPA
21 Mei 2019

5 Cara Atasi Rasa Kantuk Bagi Suami Saat Menyetir di Momen Mudik

Jangan menyetir di jam biologis tidur ya Moms
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Carla Octama

Bagi Moms yang akan melakukan mudik ke kampung halaman menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti, sebaiknya siapkan banyak hal dengan benar dan baik.

Mulai dari pakaian, makanan, kondisi kendaraan, termasuk kesiapan sang suami yang akan menyetir selama perjalanan mudik harus diperhatikan.

Mengantuk, adalah hal yang paling sering ditemui dan paling berisiko saat seseorang berkendara ketika mudik.

Menurut data dari National Sleep Foundation, tercatat ada sekitar 100.000 kasus kecelakaan lalu lintas di Amerika yang diakibatkan pengemudi mengantuk.

Ada beberapa penyebab yang muncul seperti kurangnya tidur sebelum berkendara, kondisi tubuh yang tidak fit, atau mengalami kebosanan selama perjalanan karena jalan tol yang panjang atau berkendara di malam hari.

Solusi Untuk Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berkendara

mudik mudik

Ada beberapa solusi yang diberikan National Sleep Foundation untuk mengatasi masalah kantuk yang melanda ketika bepergian jauh, seperti:

1. Tidur Sebelum Berkendara

Cara terbaik dalam membuat pikiran dan badan suami fit serta optimal dalam menyetir adalah merencanakan untuk tidur terlebih dahulu sebelum menyetir. Paling tidak Moms bisa menyuruh suami untuk tidur 7 – 8 jam sebelum berangkat.

Baca Juga: 5 Tips Mudik Lebaran Nyaman bagi Ibu Hamil

2. The Buddy System

Ini merupakan cara yang paling aman saat Moms dan keluarga memutuskan untuk mudik pakai kendaraan pribadi. Ajak anak yang sudah dewasa atau saudara yang bisa menyetir untuk bergantian berkendara selama perjalanan.

Jika suami sedang menyetir, maka sebaiknya yang satu lagi bisa tidur dan beristirahat. Jadi, jika sewaktu-waktu suami sudah merasa lelah menyetir, saudara atau anak Moms bisa menggantikannya.

3. Jangan Berkendara di Jam Tidur

Jam biologis tidur manusia adalah antara tengah malam sampai pukul 6 pagi. Itulah ritme alami tubuh manusia untuk merasakan kantuk yang paling hebat. Namun, jika terpaksa melewatinya, sebaiknya tepikanlah mobil untuk tidur dan beristirahat.

4. Mengonsumsi Kafein

Kopi sebagai salah satu sumber kafein yang bisa diandalkan saat suami sedang menyetir mudik jarak jauh. Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan, namun perlu diingat ya Moms kalau efek kafein ini hanya berlangsung beberapa jam saja.

Baca Juga: Kiat Agar Balita Tidak Terlalu Capek dan Sakit Saat Mudik

5. Menepikan Mobil

Apabila suami masih saja mengantuk setelah melakukan berbagai cara, sebaiknya ajak suami untuk menepikan mobil. Berikan kesempatan suami untuk tidur sejenak dan beristirahat.

Tanda Ketika Suami Sudah Harus Menepikan Mobil

ngantuk mudik

Menurut data dari laman sleepfoundation.org, tidak mudah mengatakan kalau seseorang sudah terlalu lelah dalam menyetir.

Maka dari itu Moms harus memperhatikan tanda-tandanya agar suami bisa menepikan kendaraannya untuk beristirahat.

  1. Kesulitan fokus, sering berkedip, atau kelopak mata berat
  2. Mulai sering melamun
  3. Kesulitan mengingat rambu lalu lintas di beberapa kilometer terakhir
  4. Sering menguap berulang kali atau sering menggosokkan mata
  5. Sering berpindah jalur dan berliku
  6. Merasa gelisah dan mudah tersinggung

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Rumah Agar Aman Selama Mudik

Setelah menepikan mobil, coba biarkan suami untuk beristirahat dan tidur sejenak, paling tidak sekitar 20 menit. Atau jika tidak, Moms bisa menyuruh suami untuk melakukan peregangan otot agar tidak kaku dan lebih rileks.

Tetapi pastikan kalau posisi kendaraan Moms sudah benar-benar berada di tempat yang aman dan tidak berbahaya. Selamat pulang kampung Moms!

Artikel Terkait