KESEHATAN
25 Maret 2020

5 Cara Mengatasi Anyang-anyangan, Efektif!

Ketika terasa sakit saat buang air kecil, Moms harus waspada! Bisa jadi Moms terkena anyang-anyangan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dita Indrihapsari
Disunting oleh Orami

Apakah Moms pernah mengalami anyang-anyangan? Rasanya sangat tidak nyaman ya!

Anyang-anyangan merupakan rasa sakit atau nyeri, hingga terasa panas seperti terbakar setiap kali buang air kecil. Jika dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, kondisi ini tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nyeri saat buang air kecil ini bisa juga disebut disuria. Sakitnya dapat dirasakan pada bagian uretra atau perineum, yang merupakan area di sekitar alat kelamin.

"Seringkali, rasa nyeri tersebut berasal dari urin asam yang mengiritasi lapisan kandung kemih dan uretra. Bakteri yang merusak lapisan kandung kemih dan uretra, kemudian menjadi urin asam yang dapat menyebabkan rasa nyeri hingga panas seperti terbakar," ungkap Lisa Hawes, MD, Ahli Urologi Chesapeake Urology Associates di Fulton.

Jenis rasa sakit saat buang air kecil yang Moms rasakan juga dapat menunjukkan dimana infeksi telah terjadi.

“Nyeri di punggung dan samping bisa menandakan infeksi ginjal atau pielonefritis. Tekanan di daerah panggul atau perut bagian bawah menjadi gejala infeksi kandung kemih yang juga dikenal sebagai sistitis,” ujar Stephanie J. Kielb, MD, Profesor bidang Urologi, Pendidikan kedokteran, dan Ginekologi Feinberg School of Medicine, Northwestern University di Chicago.

Baca Juga: Jangan Bingung Dulu, Begini Cara Membedakan Radang Amandel dengan Radang Tenggorokan

Perawatan untuk anyang-anyangan tergantung pada penyebab rasa sakitnya. Menentukan apakah buang air kecil yang menyakitkan disebabkan oleh infeksi, peradangan, faktor makanan, atau masalah lain adalah langkah pertama dalam perawatan.

Moms dapat langsung berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mengobati rasa sakit yang Moms alami. Sebelum ke dokter, Moms juga dapat meredakan rasa nyerinya dengan perawatan di rumah.

Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Nah, apa saja hal mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi anyang-anyangan?

1. Banyak Minum Air Putih

atasi anyang-anyangan - minum air putih.jpg

Cara mengatsi anyang-anyangan yang pertama adalah dengan banyak minum air putih. Thomas Hooton, MD, Profesor Kedokteran Klinis di University of Miami School berpendapat, cobalah mengobatinya secara alami dengan meningkatkan cairan dan sedikit penghilang rasa sakit.

"Jika gejala membaik dalam sehari atau dua hari, Anda telah menyelamatkan diri sendiri dari antibiotik," tuturnya.

Ya, cara terbaik untuk mengatasi anyang-anyangan memang mengkonsumsi minuman lebih banyak sehingga urin dapat keluar dengan lancar.

Hindari juga untuk menunda-nunda BAK jika Moms memang sudah ingin melakukannya.

2. Perbanyak Frekuensi BAK

atasi anyang-anyangan - perbanyak BAK.jpg

Cara mengatsi anyang-anyangan yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak frekuensi buang air kecil. Menurut Center for Young Women's Health, BAK ternyata juga dapat membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Sebuah studi yang melibatkan pekerja pabrik perempuan di Taiwan dengan tingkat ISK tinggi, menunjukkan hubungan antara penundaan kandung kemih dan infeksi.

Setelah kampanye tentang pentingnya cairan dan buang air kecil, ISK pekerja di pabrik tersebut pun dapat menurun.

3. Berendam Air Hangat

atasi anyang-anyangan - berendam air hangat.jpg

Cara mengatsi anyang-anyangan yang selanjutnya adalah dengan berendam air hangat. Rasa hangat bisa juga menjadi obat rumah yang efektif untuk nyeri ISK.

Moms bisa meletakkan bantalan pemanas atau botol air panas di perut atau punggung untuk meringankan ketidaknyamanan infeksi kandung kemih atau ginjal.

Tak hanya itu, Moms juga bisa sekaligus berendam air hangat untuk mengatasi rasa nyerinya. Saran ini pun berlaku untuk anak-anak dengan infeksi kandung kemih juga.

Baca Juga: 9 Obat Alami untuk Gatal di Selangkangan

4. Hindari Kafein dan Alkohol

atasi anyang-anyangan - hindari kafein dan alkohol.jpg

Cara mengatsi anyang-anyangan yang selanjutnya adalah dengan menghindari kafein dan alkohol. Saat anyangan-anyangan memang dianjurkan untuk memperbayak minum cairan untuk membantu membersihkan baketri dari saluran kemih.

Namun cairan yang dimaksud bukan termasuk minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

Kafein dan alkohol merupakan zat yang dapat mengiritasi kandung kemih, dan peradangan bisa membuat bakteri bertahan. Minuman yang mengadung kafein antara lain teh, kopi, dan soda.

5. Perhatikan Cara Membersihkan Organ Intim

atasi anyang-anyangan - membersihkan organ intim dengan benar.jpg

Cara mengatsi anyang-anyangan yang selanjutnya adalah dengan memerhatikan cara membersihkan organ intim. Bagaimana cara membersihkan organ intim juga bisa mengatasi dan meminimalkan risiko anyang-anyangan.

Pastikan Moms membersihkan organ intim dengan cara yang benar, yaitu bersihkan dari arah depan ke belakang.

Hal tersebut penting untuk dilakukan karena dapat mencegah perpindahan bakteri dari anus di belakang ke saluran kencing di depan.

Baca Juga: Sakit Perut saat Menstruasi, Ini 7 Cara Mengatasinya!

Nah, itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah anyang-anyangan. Jika beberapa cara di atas kurang ampuh dan Moms masih merasa nyeri saat BAK, segera periksakan ke dokter, ya!

(DI/ERN)

Artikel Terkait