NEWBORN
15 April 2019

5 Cara Membuat Bayi Nyaman Saat Cuaca Panas

Bayi sulit berkeringat, sehingga cuaca panas tidak membuat bayi nyaman.
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Mudah bagi orang dewasa untuk menyejukkan diri bila cuaca panas mulai mendera, namun tidak bagi bayi.

Jika Moms terlalu abai, bayi yang berada di tengah cuaca panas berisiko mengalami Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

“Bayi tetap tidur nyenyak ketika cuaca panas, sehingga sulit untuk bangun, yang dapat meningkatkan risiko SIDS,” ungkap Bruce Epstein, M.D., seorang dokter anak di Pinellas Park, Florida, seperti dikutip dari parents.com.

Namun, bagi Moms baru mungkin masih merasa kebingungan tentang baju apa yang harus Si Kecil kenakan saat cuaca panas hingga bagaimana cara mendeteksi bayi mulai merasa tidak nyaman di tengah cuaca panas. Mari temukan jawabannya di bawah ini.

1. Pakaian Tepat Saat Cuaca Panas

bahan stroller atau car seat yang membuat bayi nyaman
Foto: madeformums.com

Saat berada di dalam ruangan, kenakan pakaian longgar dan ringan yang membuat bayi nyaman. Misalnya yang berbahan katun karena mudah menyerap keringat.

Saat Si Kecil akan banyak berada di luar ruangan – namun bukan ke pantai, kenakan celana panjang, pakaian lengan panjang dan topi agar wajah Si Kecil terlindung dari cuaca panas dan membuat bayi nyaman. Karena paparan sinar matahari saat siang hari kurang baik bagi kulit bayi.

Baca Juga : Harus Tahu, Ini 3 Cara Memilih Pakaian Bayi Berkualitas

2. Perputaran Udara yang Baik

“Bayi tidak bisa berkeringat. Padahal ini adalah cara bagi tubuh orang dewasa untuk mendinginkan diri, sehingga bayi sering mengalami serangan panas (heat stroke) lebih cepat dari anak yang sudah lebih besar atau orang dewasa,” ungkap Dr. Jan Montague, Direktur Kedokteran Anak di Rumah Sakit Good Samaritan di Suffern, NY, seperti dikutip dari parents.com.

Itu sebabnya Moms tidak boleh meninggalkan bayi di kamar yang sangat panas atau mobil yang diparkir di lapangan terbuka saat cuaca panas, karena tidak membuat bayi nyaman.

3. Bahan Stroller Atau Car Seat yang Membuat Bayi Nyaman

shutterstock 491117380
Foto: shutterstock

Kombinasi dari panas tubuh dan stroller atau car seat yang Si Kecil gunakan saat aktivitas outdoor bisa membuat bayi tidak nyaman dan terganggu dalam hitungan menit.

Untuk itu, pilih baby stroller atau car seat dengan bagan nilon ringan dibanding kain berat, seperti denim. Jika wajah Si Kecil mulai terlihat memerah, angkat Si Kecil dari tempatnya agar bayi nyaman.

4. Perhatikan Waktu

Waktu terburuk untuk bayi berada di luar ruangan, terutama saat cuaca panas adalah antara pukul 10 pagi dan dua siang. Karena di waktu ini, pancaran sinar matahari sangat membahayakan kulit.

Untuk itu, rencanakan kegiatan di luar ruangan, saat sebelum atau sesudah periode waktu tersebut. Penggunaan tabir surya saat beraktivitas outdoor, juga sangat disarankan untuk menjaga kulit bayi dari bahaya sinar matahari.

Baca Juga : Kaki Bayi Dingin? Cek Kapan Saatnya Perlu Khawatir!

5. Perbanyak Minum

perbanyak minum
Foto: madeformums.com

Menyusui sama menghidrasinya dengan minum air, sehingga tidak perlu memberi Si Kecil air putih untuk bayi di bawah usia enam bulan.

Cukup menambah jadwal menyusui Si Kecil saat cuaca panas agar bayi nyaman. Bayi seharusnya minum sekitar 50% lebih banyak dari biasanya saat cuaca panas.

Saat cuaca panas, Moms perlu memberi perhatian lebih pada tanda-tanda bayi merasa tidak nyaman dan kepanasan.

Biasanya, ditandai dengan bayi menjadi rewel, menangis, atau menjadi sangat lesu untuk bangun tidur. Ada cara lain yang bisa Moms lakukan untuk mengecek apakah ia kepanasan atau kedinginan.

“Letakkan tangan Anda di perut atau bagian belakang leher bayi, untuk mendapatkan gambaran paling akurat mengenai seberapa Si Kecil merasa kepanasan. Lengan dan kaki bayi pasti selalu lebih dingin,” ungkap ahli tidur dan pengasuh bersalin Abi Thompson, seperti dikutip dari manchestereveningnews.co.uk.

Jadi sekarang Moms sudah tahu bukan bagaimana caranya membuat bayi tetap nyaman meskipun saat cuaca panas?

(GS/CAR)

Artikel Terkait