TREN
28 Agustus 2017

5 Cara Membuat Halaman Rumah Kecil Terlihat Lebih Lapang

Jangan putus asa untuk menghias halaman rumah meskipun lahannya terbatas
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Halaman rumah kecil kadang memang membuat kita menjadi harus memutar otak untuk menghiasnya agar terlihat lapang dan nyaman. Cita-cita ingin memiliki kolam ikan, area bermain anak atau menanam berbagai jenis pohon pun harus ditahan terlebih dahulu. Namun, halaman rumah kecil ini bukan berarti tidak bisa diakali supaya tetap terlihat cantik lho, Ma.

Mama bisa mencoba beberapa tips di bawah ini untuk membuat halaman rumah kecil terlihat lebih lapang.

  1. Manfaatkan Rumput Jepang

Tutup sebagian besar permukaan halaman dengan rumput Jepang yang pendek dan kecil. Beri lahan untuk pijakan berupa jalanan setapak yang diberi semen, atau lempengan batu yang disusun sedemikian rupa membentuk jalan. Biarkan permukaan halaman kosong, tanpa tanaman apapun untuk memberikan kesan luas. Penggunaan rumput Jepang akan membuat halaman terlihat rapi dan minimalis

  1. Pilih Tanaman Mungil dan Gunakan Pot Gantung sebagai Hiasan

Pilih pot gantung atau pot tempel di dinding alih-alih meletakkan pot di bawah. Ya, itu artinya Mama harus sangat selektif memilih jenis tanaman untuk halaman mungil. Beberapa jenis tanaman hias bisa dipilih, seperti pakis, anggrek, atau bahkan tanaman cabai atau tomat ceri. Atur penempatan pot gantung, jangan sampai menghalangi lalu lintas orang lewat. Begitu pula dengan pot tempel di dinding, penempatannya ditata sedemikian rupa agar tak menimbulkan kesan berantakan atau tak beraturan.

  1. Membuat Kolam Ikan Kecil

Mau punya kolam ikan? Bisa. Buatlah kolam ikan memanjang di tepi dinding. Letakkan dua atau tiga buah ikan mas besar, atau beberapa buah ikan hias kecil. Pastikan kolam ikan mendapat suplai air dan udara yang cukup.

  1. Biarkan Halaman Terbuka

Halaman mungil sebaiknya tidak berkanopi atau beratap untuk memberi kesan luas. Untuk mengantisipasi cipratan air hijau atau cahaya panas matahari ke teras atau ke dalam rumah, Mama bisa memanfaatkan krei yang dapat digulung di depan teras.

  1. Pagar Pendek atau Semi Terbuka

Jika rumah Mama berada di kawasan kluster perumahan, konsep halaman semi terbuka (tanpa pagar, hanya tembok pendek) bisa diterapkan. Tapi kalau rumah Mama terletak di perkampungan atau perumahan biasa, Mama bisa memberikan pagar pendek sebagai privasi.

Bagaimana, Ma? Tidak bingung lagi untuk menata halaman rumah kecil agar terlihat lebih lapang, kan? Selamat mencoba, ya!

<VAN>

Artikel Terkait