KESEHATAN
26 Juni 2019

5 Cara Mencegah Penularan Batuk Pilek dari Orang Tua ke Anak

Batuk dan pilek bisa menyebar bahkan saat kita bernapas
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sedang musim sakit batuk dan pilek, mungkin Moms dan suami juga tertular, entah itu dari lingkungan kerja atau orang-orang di sekitar. Virus batuk dan flu, bisa menyebar ke anggota keluarga lainnya dengan cepat, termasuk anak-anak.

Meskipun terlihat sebagai penyakit yang sepele, batuk dan pilek bisa sangat mengganggu, karena akan menghambat kegiatan sehari-hari kita. Misalnya tidak bisa tidur tidak nyenyak sehingga mengganggu produktivitas kerja, anak-anak terpaksa tidak masuk sekolah jika tertular, hingga perubahan emosi.

Makanya, jangan sampai virus itu tertular pada anak-anak. Bagaimana cara mencegah penularan batuk pilek dari orang tua ke anak? Berikut ini tipsnya.

Baca Juga: Mengenali Jenis Batuk Pada Bayi

1. Mencuci Tangan

mencegah penularan batuk dan pilek, batuk dan pilek

Foto: usatoday.com

Cara mencegah penularan batuk pilek dari orang tua ke anak yang pertama adalah mencuci tangan. Mencuci tangan adalah cara paling dasar sekaligus paling penting untuk mencegah penularan batuk dan pilek pada orang-orang di sekitar.

Hal ini dikarenakan 80 persen virus menyebar lewat sentuhan. Kuman-kuman mulai masuk melalui tangan, lalu ke mata dan mulut.

“Sabun jenis apa pun bekerja dengan baik untuk membunuh virus dan bakteri, jadi sering mencuci dengan sabun biasa adalah hal terbaik untuk dilakukan,” kata Andrew Pekosz, profesor mikrobiologi molekuler dan imunologi di Sekolah Kesehatan Mayarakat, Universitas Johns Hopkins.

Kita memang tidak bisa mencegah virus keluar dari rumah kita, namun jika semua anggota keluarga menjaga kebersihan tangannya, tentu kemungkinan tertular bisa diminimalisir.

2. Tutup Mulut dan Hidung

mencegah penularan batuk dan pilek, batuk dan pilek

Foto: truhealthtips.com

Cara mencegah penularan batuk pilek dari orang tua ke anak yang selanjutnya adalah menutup mulut dan hidung. Sebagian besar dari kita diajarkan untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan ketika batuk atau pilek. Sebagai gantinya, coba gunakan siku atau selembar tisu.

Dengan begitu, kuman tidak akan masuk melalui tangan dan menyebar pada orang lain ketika kita bersentuhan.

Di samping itu, flu dan batuk juga dapat menular melalui udara, makanya penting bagi kita untuk menutup mulut dan hidung.

“Flu bisa menyebar lewat udara hanya dengan bernapas, meskipun tanpa batuk dan pilek,” kata Dr. Donald Milton, yang mempelajari transmisi flu di sekolah kesehatan masyarakat Universitas Maryland.

Baca Juga: Anak Batuk Pilek, Jangan Asal Inhalasi Pakai Nebulizer!

3. Gunakan Disinfeksi

mencegah penularan batuk dan pilek, batuk dan pilek

Foto: nerdymamma.com

Cara mencegah penularan batuk pilek dari orang tua ke anak yang selanjutnya adalah menggunakan disinfektan. Kuman dingin dapat hidup di permukaan selama berjam-jam. Mengatasinya, coba pertimbangkan untuk mendisinfeksi area seperti permukaan meja, gagang pintu, remote control, dan mainan.

Gunakan semprotan desinfektan atau Moms bisa membuatnya sendiri dengan mencampur 1/4 cangkir pemutih dengan 1 botol air hangat.

4. Gunakan Produk Sekali Pakai

sickFamily.jpg

Foto: Entinstitute.com

Cara mencegah penularan batuk pilek dari orang tua ke anak yang selanjutnya adalah menggunakan produk sekali pakai. Pilek dapat disebarkan melalui handuk dan cangkir yang digunakan bersama di kamar mandi.

Ketika berada di rumah sakit, pertimbangkan beralih ke produk sekali pakai selama sakit. Hal ini dipercaya mampu mencegah penularan batuk dan pilek pada anak.

5. Menjaga Diri

Feature_0812_FamilyInKitchen.jpg

Foto: Na-ntx.com

Cara mencegah penularan batuk pilek dari orang tua ke anak yang selanjutnya adalah menjaga diri. Tetapi akan lebih baik jika Moms tidak tertular.

Cegah jangan sampai Moms tertular batuk dan pilek dengan makan makanan sehat, tidur cukup, dan jangan sampai mengalami stres.

Baca Juga: Bisakah Mengatasi Batuk Pilek Bayi Baru Lahir dengan ASI?

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa mencegah anggota keluarga kita, terutama anak-anak tertular virus batuk dan pilek. Coba terapkan agar anggota kita tidak tertular ya Moms.

Artikel Terkait