DI ATAS 5 TAHUN
20 Mei 2019

5 Cara Agar Anak Suka Olahraga dan Mencetak Prestasi

Perkenalkan Si Kecil akan berbagai jenis olahraga untuk mengetahui bakatnya
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Olahraga memiliki banyak manfaat tak hanya bagi orang dewasa tetapi juga anak-anak. Mereka yang terbiasa berolahraga, bergerak dan berkeringat akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dan tak mudah sakit.

Membiasakan mereka berolahraga tentunya harus sejak dini, bahkan tak sekadar untuk kesehatan, olahraga juga dapat menjadi ladang prestasi bagi Si Kecil.

Berikut cara agar anak suka olahraga dan mampu berprestasi:

1. Berikan Contoh

Sebagai orang terdekatnya, Si Kecil akan senantiasa menirukan apa yang Moms lakukan. Memunculkan minatnya dalam berolahraga dapat dimulai dengan memberikan contoh dari diri Moms sendiri.

Rutinlah berolahraga, buat mereka penasaran dan menirukan apa yang Moms lakukan. Dengan demikian mereka akan membuat olahraga menjadi kebiasaan.

Baca Juga: Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

2. Mencoba Berbagai Macam Olahraga

Agar Si Kecil tak bosan dan Moms dapat melihat dimana bakatnya, cobalah untuk melakukan berbagai jenis olahraga yang berbeda setiap minggunya.

Tak masalah bila Moms tak menguasai jenis olaharaga tersebut, mintalah orang yang memang ahli untuk melatihnya.

Baca Juga : 7 Tips Ajak Anak Nonton Pertandingan Olahraga di Stadion

3. Jadikan Rutinitas

Setelah menemukan olahraga apa yang menjadi kegemarannya, jadikanlah olahraga tersebut sebagai rutinitas. Fokuskan mereka pada satu olahraga agar mampu mencetak prestasi.

Bila mereka menyukai bola ataupun renang maka tak ada salahnya mendaftarkan mereka di sekolah bola maupun renang.

Biarkan mereka dilatih langsung oleh ahlinya. Hal tersebut juga akan membuka peluang mereka untuk mengikuti berbagai jenis perlombaan.

4. Berikan Semangat

Setiap kali mereka hendak berolahraga, berikanlah mereka semangat agar jauh dari rasa malas. Motivasilah mereka agar selalu terpacu untuk berolahraga dan menunjukkan yang terbaik.

Tak hanya itu, berikan pula apresiasi berupa pujian setelah selesai berolahraga. Pada usianya, mereka akan senang bila apa yang mereka lakukan mendapatkan pujian bahkan tak perlu sampai memberikan hadiah yang berlebihan.

Baca Juga: Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

5. Bantu Tentukan Target

Ketika mereka sudah memfokuskan diri pada sebuah cabang olahraga, bantulah mereka untuk menentukan targetnya.

Jelaskan pada mereka peluang apa saja yang dapat diraih, tambah wawasan mereka agar mampu mengetahui apa saja yang dapat mereka raih dalam bidang yang mereka geluti.

Namun sebelum itu semua, pastikan mereka memang benar-benar sudah menguasai cabang yang mereka pilih serta menyukainya. Jangan biarkan mereka melakukan sesuatu yang diinginkan orangtua dan bukan dari diri mereka sendiri.

(MDP)

Artikel Terkait