PARENTING
18 September 2019

5 Cara Mengajarkan Anak Agar Cinta Damai pada Sesama

Pada tanggal 21 September nanti, dunia akan merayakan International Day of Peace, atau Hari Perdamaian Internasional
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Hari ini dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dirayakan setiap tahun untuk mengakui upaya dari pihak-pihak yang telah bekerja keras mengakhiri konflik dan mempromosikan perdamaian.

Moms bisa menjadi pihak yang turut mempromosikan perdamaian, dengan mengajari Si Kecil agar ia cinta damai, dan memaknai kehidupan orang lain dengan menghargai perbedaan.

Mengutip dari Parent Circle, berikut ini cara mengajari anak cinta damai di Hari Perdamaian Internasional.

Mengajari Anak Agar Cinta Damai

1. Ramah dengan Lingkungan Sekitarnya

anak cinta damai-2.jpg

Biarkan Si Kecil menjalin hubungan persahabatan dengan tetangga di lingkungan rumahnya.

Moms bisa meminta akan untuk menyapa tetangga sambil tersenyum. Ini sangat membantu dalam memelihara hubungan yang baik dengan tetangga di rumah.

Baca Juga: Perilaku Ramah Lingkungan dari Lingkungan Rumah

2. Resolusi Konflik

anak cinta damai-3.png

Berikan pelajaran tentang cara menangani konflik pada anak. Keterampilan ini dibutuhkan agar anak dapat memiliki hubungan yang damai dengan teman-temannya, meskipun anak mungkin berselisih satu sama lain.

Setiap kali dia memiliki masalah dengan seseorang, seperti tidak dapat bertatap mata, atau memiliki perselisihan sederhana. Ajari dia untuk tetap tenang, analisis situasinya, renungkan tindakannya, dan selesaikan masalahnya.

3. Ajar Pentingnya Makna Minta Maaf

anak cinta damai-4.jpg

Penting untuk mengajari anak agar menjadi pribadi yang tidak menyimpan rasa dendam pada orang lain, juga menghargai permintaan maaf jika melakukan kesalahan.

Ajari anak untuk meminta maaf dengan anggun dan mengampuni dengan sukarela. Ini adalah langkah-langkah penting dalam mempelajari konsep perdamaian.

Jika Si Kecil menolak untuk mengatakan ‘maaf’ atau tidak mau mengampuni, ia hanya akan menyimpan rasa pahit di dalam hatinya. Hal ini akan mencerminkan semua yang dia katakan dan lakukan.

Baca Juga: 4 Tips Mengajari Anak Minta Maaf

4. Buat Waktu Tenang untuk Dirinya

anak cinta damai-5.jpg

Dorong Si Kecil untuk menyisihkan beberapa waktu bagi dirinya sendiri setiap hari. Bisa dengan melakukan meditasi, introspeksi dan refleksi diri.

Anak dapat belajar untuk menghadapi konflik batin dan kekacauan dengan tenang, dan ia juga bisa berdamai dengan dirinya sendiri.

Baca Juga: 5 Teknik Ampuh Untuk Menenangkan Bayi Menangis

5. Melakukan Kegiatan Rekreasi

Liburan Bersama Keluarga Tingkatkan Level Bahagia Si Kecil -1.jpg

Menghabiskan waktu untuk melakukan kegiatan rekreasi dan hobinya akan membantu anak bersantai dan menghilangkan rasa tertekan yang ada pada dirinya.

Si Kecil akan belajar untuk menghilangkan tekanan hidup dan mencari kesenangan dalam minat dan hasratnya. Ini akan memberinya kedamaian batin yang sangat dibutuhkan.

Coba lakukan kegiatan-kegiatan seperti berkebun, melukis, atau menulis puisi, sebagai cara terapi.

Artikel Terkait