BAYI
8 September 2019

5 Cara Mengatasi Puting Payudara Nyeri Saat Menyusui

Jangan khawatir, inilah cara mengatasi puting payudara nyeri dan sakit saat menyusui.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Memberikan asupan nutrisi kepada bayi yang baru lahir merupakan kewajiban seorang ibu. Salah satu caranya adalah dengan memberikan ASI langsung dari payudara. Namun, hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan.

Berbagai macam kendala bisa saja dialami oleh Anda, Moms. Puting payudara nyeri, sakit, hingga lecet adalah hal yang mungkin saja terjadi di awal menyusui.

Baca juga: 18 Perlengkapan Menyusui yang wajib dimiliki Mama

Menurut Pat Sterner, selaku penasihat laktasi di Mount Sinai Medical Center di New York, Amerika Serikat berkata, “Menyusui harus menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi ibu dan bayi. Jika tidak maka sangat penting untuk mengidentifikasi masalah sejak dini dan membuat perubahan."

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan puting payudara terasa nyeri dan lecet saat menyusui. “Banyak wanita yang menemukan puting mereka tidak hanya terasa sakit setelah menyusui, tetapi ditemukan kemerahan dan puting jadi berbentuk lancip, bukan bulat dan halus. Ada indikasi kalau bayi tidak menyusu dengan posisi pelekatan yang benar”, lanjut Pat. Ada 5 cara mengatasi puting payudara nyeri saat menyusui. Cek di bawah ini.

Pelekatan yang Tepat

150318110104-02-breastfeeding-031815-full-169.jpg

Foto: CNN.com

Menurut Deborah Weatherspoon, PhD, RN, CRNA, selaku pakar kesehatan dari Universitas Walden, Amerika Serikat, menyusui biasanya membutuhkan waktu untuk dipelajari. Banyak ibu dan bayi yang membutuhkan latihan agar bisa menemukan posisi pelekatan yang tepat.

Pastikan bibir bayi harus berada di sekitar sebagian besa atau seluruh areola Anda saat sedang menyusu. Apabila posisi pelekatan salah tentu bisa menyebabkan puting Moms payudara sakit.

Baca juga: Intip Bagaimana Posisi Menyusui yang Benar

Berikan Pelembap

mother-breastfeeding-infant.jpg

Foto: Pregnancyandbaby.com

Cara mengatasi puting payudara nyeri yang berikutnya adalah memberikan pelembap atau moisturizer. Puting payudara yang terlalu kering dan sensitif bisa menyebabkan lecet hingga berdarah saat menyusui.

Saat ini sudah banyak produk pelembap untuk area payudara Moms. Pastikan untuk memilih produk yang aman untuk bayi. Jika memungkinkan, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter Moms, ya.

Pilih Pelindung Pompa Payudara dengan Ukuran Tepat

image-10084236-7517fdd3b69317f6a165ac28ace3f5b4-babies-13-signs-you-re-succeeding-at-breastfeeding-main_4.jpg

Foto: smartparents.com

Apabila Moms menggunakan pompa ASI, gunakan pelindung payudara dengan ukuran yang tepat. Jika ukurannya salah satau tidak tepat bisa menyebabkan puting payudara Moms jadi sakit dan iritasi.

Hal ini ternyata juga bisa memengaruhi jumlah ASI yang akan Moms produksi.

Baca juga: Cara Membersihkan Pompa ASI yang Benar untuk Hindari Kuman dan Jamur

Jaga Payudara Tetap Kering

ml16kcxk4zf82ppyyvzi.jpg

Foto: jezebel.com

Puting payudara akan basah dengan ASI setiap kali Moms menyusui. Inilah yang bisa menyebabkan terjadi sariawan yang merupakan infeksi pada puting. Saat puting payudara Moms sariawan, biasanya terdapat kemerahan, terasa nyeri, dan rasa sakit. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan Moms membersihkan payudara, kemudian diamkan hingga kering.

Kompres Air Dingin atau Es

150126105108-breastfeeding-stock-full-169.jpg

Foto: CNN.com

Cara lain untuk mengatasi puting payudara nyeri saat menyusui adalah mengompresnya dengan air dingin. Cara ini dipercaya bisa membantu menenangkan puting yang sakit setelah menyusui dan mengurangi pembengkakan payudara. Lakukan hal ini setelah atau jauh sebelum waktu Si Kecil menyusui. Kompres selama beberapa menit, kemudian pastikan puting payudara Anda lap hingga bersih dan kering.

(MA/KM)

Artikel Terkait