PASCA MELAHIRKAN
21 Agustus 2019

5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Ibu Menyusui

Radang tenggorokan yang menyerang ibu menyusui bisa diatasi dengan cara alami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Saat ini cuaca sangat kurang bersahabat ya Moms. Cuaca kemarau panjang dengan udara yang dingin membuat kita lebih mudah terserang batuk, flu, bahkan gejala keduanya yang cukup mengganggu, yaitu radang tenggorokan.

Bagi ibu menyusui, radang tenggorokan akan lebih terasa mengganggu, pasalnya ibu menyusui harus lebih menjaga kesehatan karena khawatir Si Kecil akan tertular.

Ibu menyusui juga perlu asupan makanan yang lebih banyak, sehingga radang tenggorokan bisa saja menghambat proses tersebut.

Maka dari itu, jika Moms mengalami kondisi ini pastikan segera diatasi. Meskipun pada umumnya radang tenggorokan itu bersifat ringan, tapi jika kita tidak mengatasinya bisa berkelanjutan menjadi batuk ataupun flu, bahkan bisa lebih parah.

Seperti yang ditegaskan oleh seorang Profesor Kedokteran Preventif dan Penyakit Menular di Vanderbilt University School of Medicine, dr William Schaffner, bahwa infeksi atau peradangan bisa menimbulkan sepsis dan komplikasi yang sangat bisa mengancam jiwa.

Moms bisa mengatasi radang tenggorokan saat menyusui dengan cara yang alami, dengan banyak mengonsumsi air putih, tidak mengonsumsi makanan berminyak dan pedas, alangkah lebih baik mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Moms juga bisa mengikuti cara alami mengatasi radang tenggorokan saat menyusui, berikut ini.

Baca Juga: Radang Tenggorokan Pada Busui, Apakah Berpengaruh Pada Bayi?

1. Air Lemon dan Madu

cara alami mengatasi radang tenggorokan.jpg

Cara ini cukup umum yang biasa dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan. Cukup peras 1 buah lemon dalam segelas air hangat kemudian campurkan 2 sendok teh madu.

Menurut The Breastfeeding Network lemon dan madu dipercaya bisa melembabkan tenggorokan yang sedang mengalami peradangan dan mengatasi peradangan secara alami.

2. Air Garam

cara alami mengatasi radang tenggorokan 2.jpg

Sifat antiseptik pada garam sangat tepat dalam mengatasi peradangan pada tenggorokan. Caranya sangat mudah, cukup larutkan 2 sendok teh garam dan masukkan dalam satu cangkir air panas, kemudian berkumurlah menggunakan larutan air garam tersebut.

3. Cuka Apel

cara alami mengatasi radang tenggorokan 3.jpg

Cuka apel dipercaya banyak orang mampu menyembuhkan radang tenggorokan. Sediakan satu gelas air kemudian campurkan dengan dua sendok makan cuka apel kemudian sebelum ditelan lakukan untuk berkumur.

Baca Juga: Mengatasi Radang Tenggorokan Saat Hamil

4. Sup Ayam

cara alami mengatasi radang tenggorokan 4.jpg

Lezat dan praktis karena kita juga bisa menyajikannya untuk menu keluarga ya Moms. Nah, kandungan sodium dalam kaldu ayam berfungsi sebagai antiinflamasi yang bisa mengatasi radang tenggorokan dengan cepat.

5. Buah-buahan

cara alami mengatasi radang tenggorokan 5.jpg

Jika kita jarang mengonsumsi buah-buahan, maka saat mengalami radang tenggorokan pastikan Moms memperbanyak asupan buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi. Seperti yang dilansir dari gohealthuc.com, vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membunuh infeksi yang sudah ada di tubuh kita.

Jeruk, jambu, stroberi, jeruk bali, dan kiwi merupakan buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi untuk mengatasi radang tenggorokan.

Baca Juga: 8 Cara Alami Menyembuhkan Radang Tenggorokan yang Wajib Diketahui

Dari kelima obat alami radang tenggorokan secara alami di atas, kita harus mengimbanginya dengan istirahat yang cukup, minum air putih sesuai aturan yang dianjurkan setiap harinya, dan hindari makanan beminyak juga pedas.

Jika Moms merasa radang tenggorokan yang dialami lebih dari satu minggu dan semakin parah, maka alangkah lebih baiknya konsultasikan dengan dokter.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait