FASHION & BEAUTY
7 April 2020

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Merah, Mujarab!

Bawang merah ternyata efektif mengatasi rambut rontok
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Tak sedikit orang melakukan berbagai cara untuk menjaga rambut sebagai salah satu penunjang penampilan. Salah satu yang paling sering dialami adalah rambut rontok.

Dari Laman Step to Health pernah membahas mengenai setiap orang kehilangan 50 hingga 100 helai rambut per hari.

Menurut Journal of the German Society of Dermatology, rambut rontok bisa diatasi dengan cara sederhana, yakni dengan bawang merah.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Merah

Dilansir dari laman stylecraze.com, salah satu cara mudah mengatasi rambut rontok adalah dengan menggunakan bawang merah. Simak beberapa ramuan bawang merah dan bahan alami lainnya untuk mengatasi rambut rontok.

1. Bawang Merah dan Lemon

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Merah.jpg

Lemon yang mengandung vitamin C bukan hanya bermanfaat sebagai penghilang ketombe, namun juga untuk mengatasi rambut rontok. Manfaat lemon ini akan menjadi ramuan yang lebih baik dengan campuran bawang merah.

Kedua bahan ini dapat dijadikan jus dengan takaran yang sama. Aplikasikan pada rambut sambil dipijat, diamkan selama 10 menit agar ramuan meresap dengan baik, lalu bilas dengan shampo.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Pada Pria

2. Bawang Merah dan Rum

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Merah 2.jpg

Bagi sebagian orang, bau bawang memang sangat mengganggu. Agar menghilangkan bau, bawang merah yang dicincang halus direndam dalam wadah berisi rum selama 1 hari. Esoknya, saring campuran tersebut untuk memisahkan air dengan potongan bawang yang dicincang halus.

Aplikasikan air ramuan ini ke kulit kepala sambil dipijat atau dapat juga menggunakan ramuan tersebut sebagai bilasan pada saat mencuci rambut. Ramuan ini dipercaya bisa mengatasi rambut rontok lho Moms. Lakukan perawatan ini secara teratur dengan cara yang sesuai.

3. Bawang Merah dan Madu

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Merah 3.jpg

Perpaduan bawang merah yang dapat dengan mudah diserap oleh kulit kepala akan menguatkan folikel rambut bertemu dengan madu yang memiliki segudang manfaat.

Bawang merah dan madu dipercaya dapat mengatur produksi minyak alami dari kelenjar sebaceous dan mengatasi rambut rontok.

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel untuk Rambut Keriting

4. Bawang Merah dan Minyak Kelapa

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Merah 4.jpg

Minyak kelapa mengandung asam lemak dan protein yang baik untuk kekuatan rambut dan akarnya. Bahan dasar ini akan dicampurkan dengan bawang merah yang kaya akan belerang dapat mencegah rambut rontok.

Campurkan jus bawang merah dan minyak kelapa, aplikasikan langsung ke kulit kepala seraya dipijat. Balut rambut dengan handuk yang telah direndam air panas sebelumnya.

Campuran kedua bahan ini dapat menghilangkan sel kulit mati juga meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok.

5. Bawang Merah dan Putih Telur

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Merah 5.jpg

Bawang merah yang kaya akan antioksidan dapat melindungi rambut dari risiko beruban lebih awal. Bahan dapur ini dapat dijadikan jus kemudian campurkan dengan putih telur dengan mengocoknya.

Aplikasikan ramuan tersebut pada rambut yang masih basah. Diamkan sekitar 25 menit hingga 30 menit, lalu bilas dengan shampoo. Campuran kedua bahan ini dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan tentunya mengatasi rambut rontok.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Memutihkan Wajah dengan Masker Tepung Beras

6. Bawang Merah dan Minyak Zaitun

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Merah 6.jpg

Minyak zaitun memang telah memiliki kepercayaan banyak orang sebagai salah satu bahan yang baik dalam berbagai macam perawatan tubuh, termasuk perawatan rambut.

Perpaduan dengan bawang merah yang dapat membantu memperlancar sirkulasi darah ke kulit kepala dan memastikan folikel menerima jumlah nutrisi merupakan salah satu cara terbaik mengatasi rambut rontok.

Campurkan kedua bahan untuk dioleskan ke kulit kepala seraya memijatnya dengan lembut dalam gerakan melingkar. Diamkan ramuan ini selama 2 jam untuk mendapatkan hasil yang baik, lalu bilas dengan air bersih.

Perpaduan kedua bahan merupakan ramuan terbaik untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok serta mengatasi ketombe.

Nah, itulah beberapa ramuan bawang merah untuk membantu Moms mengatasi rambut rontok. Selamat mencoba!

(PSF/ERN)

Artikel Terkait