NEWBORN
20 April 2019

5 Cara Mengatasi Ruam Susu pada Bayi

ASI ternyata bisa mengatasi ruam susu pada bayi lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Ruam susu atau Dermatitis Atopik ditunjukkan dalam bentuk bintik-bintik merah pada pipi bayi. Banyak orang yang mengira bahwa munculnya ruam susu pada bayi merupakan gangguan kulit yang disebabkan oleh ASI.

Faktanya, ruam susu tidak disebabkan oleh ASI. Umumnya, ruam susu dialami oleh bayi dengan orang tua yang memiliki riwayat alergi.

Ruam dapat terjadi pada bayi ASI setelah ibunya mengonsumsi allergen makanan, seperti telur atau ayam. Penyebab ini dapat berbeda-beda pada setiap orang.

Selain itu, ruam susu juga dapat dipicu oleh polusi udara, tungau, panas, debu atau kuman-kuman kecil yang terbawa udara maupun benda-benda di dalam rumah seperti bantal dan selimut.

Ruam susu dapat menimbulkan rasa gatal. Karena lokasinya di pipi, ruam susu sangat mudah tergores oleh tangan bayi.

Baca Juga : 4 Jenis Alergi yang Bersifat Genetik Pada Bayi

Hal tersebut dapat memicu ruam melepuh dan menyebabkan luka terbuka. Luka-luka tersebut kemudian dapat menyebabkan bakteri dan infeksi.

Meskipun sebenarnya ruam susu tidak membutuhkan obat apapun dan dapat menghilang dengan sendirinya, tidak sedikit orang tua yang berusaha untuk segera mengatasinya.

Apakah Moms salah satunya? Jika iya, maka Moms berada di tempat yang tepat. Karena di bawah ini merupakan beberapa cara untuk mengatasi ruam susu pada bayi:

1. Bunga Melati

Di Asia Tenggara, bunga melati putih umumnya seringkali digunakan dalam pengobatan alami karena mengandung senyawa penyembuhan.

Bukan hanya dapat digunakan sebagai obat penenang, anti-depresi dan afrodisial, melati dianggap sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi ruam susu yang paling ampuh.

Cara menggunakannya cukup dengan mendinginkan bunga melati sebelum digunakan. Kemudian gosokkan dengan lembut pada pipi bayi yang mengalami ruam susu.

Kandungan minyak yang dilepaskan bunga melati tidak hanya efektif mengatasi ruam tetapi juga membantu melembabkan kulit bayi.

2. Wondercream

Dianggap sebagai salah satu solusi ruam susu terbaik, Wondercream memang sangat efektif dan murah.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, yakni cukup dengan mengaplikasikanya secara tipis ke bagian kulit yang mengalami ruam. Krim ini akan menenangkan dan menyembuhkan ruam susu dengan cepat.

3. Mid Cleanser

Mid cleanser juga merupakan obat yang dianggap ampuh untuk mengatasi ruam susu. Bahkan mid cleanser adalah obat paling lembut yang sangat efektif mengatasi ruam susu pada bayi.

Baca Juga : Selain Ruam Popok, Ini Beberapa Masalah Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

4. ASI

Percaya atau tidak, ASI dianggap sebagai salah satu obat ruam susu dan bukan penyebab dari munculnya ruam tersebut.

ASI juga dianggap sebagai metode pengobatan yang paling aman digunakan dan memiliki sifat penyembuhan alami.

Untuk menggunakannya cukup basahi bola kapas menggunakan ASI dan usapkan secara lembut pada bagian kulit yang mengalami ruam hingga ruamnya hilang.

5. Kain Basah

Ruam susu pada bayi dapat dicegah maupun disembuhkan dengan menggunakan bantuan kain basah yang bersih.

Untuk membersihkan ruam pada pipi bayi, pastikan untuk menyeka bagian kulit bayi yang mengalami ruam menggunakan kain basah bersih setiap kali setelah selesai menyusu.

Nah, itulah beberapa pilihan yang dapat Moms gunakan untuk membantu mengatasi ruam susu pada bayi.

Pengobatan ruam susu mana yang kira-kira ingin Moms gunakan? Share yuk Moms pengalaman mengatasi ruam susu yang sempat dialami si kecil melalui kolom komentar di bawah ini.

(RGW)

Artikel Terkait