BALITA DAN ANAK
18 Mei 2020

5 Cara Mengeriting Rambut Si Kecil Tanpa Pemanas

Ini dia cara mengeriting yang tidak merusak rambut Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pernahkah Moms bertanya-tanya, bolehkah mengeriting rambut balita? Jawabannya boleh saja, Moms, asal Moms tahu cara mengeriting rambut Si Kecil yang aman.

Punya anak perempuan biasanya membuat Moms senang mendandaninya, terutama saat ada acara spesial seperti menghadiri pesta pernikahan atau untuk foto studio.

Pakaian sudah oke, wajah Si Kecil juga sudah dipoles tipis. Bagaimana dengan rambutnya? Kalau dikeriting dengan alat pengeriting berpemanas seperti curling iron, catokan, atau rol rambut panas, boleh, tidak, ya?

Sebenarnya rambut Si Kecil bisa saja dikeriting dengan alat-alat tersebut. Namun, menurut situs web Harvard Health Publishing, mengekspos rambut Si Kecil ke panas ekstrem dan mengeritingnya bisa menyebabkan jenis kerontokan rambut yang disebut traumatic alopecia.

Anak juga bisa merasa tidak nyaman karena panas yang dihasilkan saat rambutnya dikeriting. Selain itu, alat pengeriting rambut berpemanas bisa berbahaya jika Si Kecil tipe anak yang tidak bisa diam.

Baca Juga:

Mengeriting rambut tidak hanya bisa dilakukan dengan alat berpemanas, kok, Moms. Ada beberapa cara mengeriting rambut Si Kecil tanpa menggunakan alat elektronik. Contohnya:

Mengepang Rambut

cara mengeriting rambut si kecil kepang.jpg

Foto: picjumbo.com from Pexels

Kepang rambut Si Kecil dan biarkan selama beberapa jam. Moms bisa mengepang seluruh rambut menjadi satu di belakang atau mengepangnya kecil-kecil. Teknik kepangpun bermacam-macam, seperti kepang klasik, French braid, Dutch braid, dan sebagainya.

Setelah kepang dibuka, rambut Si Kecil akan bergelombang. Mudah, kan, Moms?

Menggunakan Jepitan Lidi (Bobby Pin)

cara mengeriting rambut si kecil bobby pin.png

Foto: OpenClipart-Vectors from Pixabay

Caranya, ambil sedikit rambut dan pilin dari ujung sampai ke akarnya. Setelah itu, gulung melingkar seperti membuat sanggul dan sematkan dua buah jepitan lidi dengan bentuk seperti tanda plus. Ulangi langkah ini sampai semua rambut sudah digelung. Setelah beberapa lama, copot jepitan dan urai rambut.

Cara mengeriting rambut Si Kecil ini hampir sama dengan cara membuat bantu knots. Jika ingin hasil keriting yang agak besar-besar, ambil rambut yang agak banyak untuk dipilin.

Baca Juga:

Kuncir Kuda dan Menggunakan Jari

cara mengeriting rambut si kecil kuncir kuda.jpg

Foto: Aline Dassel from Pixabay

Ikat rambut Si Kecil menjadi ekor kuda (ponytail). Kemudian, ambil sebagian rambut, lilitkan di jari Moms dari ujung sampai ke pangkal dekat kunciran, dan kunci dengan jepitan lidi atau hair clip. Lakukan sampai semua bagian rambut sudah terjepit.

Jika sudah didiamkan lama, lepas jepitan-jepitannya dulu, baru kuncir kudanya. Tata sebentar dan Si Kecil siap tampil!

Bagi Dua dan Pilin

cara mengeriting rambut si kecil pilin.jpg

Foto: Gustavo Fring from Pexels

Bagi rambut bagian belakang menjadi dua, kanan dan kiri. Kemudian, pilin rambut sedikit demi sedikit sampai ke ujungnya, gelungkan, lalu ikat dengan karet.

Lakukan hal yang sama dengan sisi rambut satunya. Jadi, rambut Si Kecil seperti disanggul dua rendah. Hasilnya adalah beach waves yang cantik natural.

Baca Juga:

Pilin dan Remas

cara mengeriting rambut Si Kecil messy wave.jpg

Foto: Daria Shevtsova from Pexels

Teknik ini sangat cepat dilakukan dan menghasilkan messy wave. Moms cukup mengoleskan mousse ke rambut Si Kecil, lalu pilin sebagian rambut dan remas-remas. Tunggu kering, lalu sisir rambut dengan jari. Selesai!

Dengan lima cara mengeriting rambut Si Kecil di atas, anak bisa mendapatkan rambut keritingnya tanpa rusak karena terkena panas. Yuk, praktikkan, Moms!

Artikel Terkait