GAYA HIDUP
23 Maret 2020

5 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam, Gampang Banget!

Tak hanya mengganggu aktivitas, ketombe juga seringkali membuat kita tidak percaya diri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Rambut merupakan mahkota manusia, terutama untuk para perempuan. Dengan berbagai cara akan dilakukan untuk merawat rambut agar tetap sehat dan tidak mengalami kerusakan yang dapat mengganggu penampilan.

Biasanya orang-orang akan merasa terganggu dengan salah satu masalah kulit kepala yang tak lain ketombe yang dapat merusak penampilan. Masalah ini merupakan masalah yang paling sering dialami.

Ketombe merupakan pengelupasan kulit mati yang berlebih dan akan menumpuk dalam jumlah yang besar dengan bentuk seperti serpihan-serpihan berwarna putih atau kelabu pada kulit kepala.

Menurut Indian Journal of Dermatology, ketombe adalah kelainan kulit kepala umum yang menyerang hampir setengah dari populasi pada usia pra-pubertas dan dari jenis kelamin dan etnis apa pun.

Hal tersebut akan dikatakan normal jika pengelupasan kulit hanya sedikit, namun jika berlebih hal ini akan menimbulkan gejala jamur atau kutu rambut. Maka perlu dilakukan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan juga menjaga penampilan agar tidak risih karena ketombe berjatuhan.

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo yang Bisa Ditemukan di Dapur

Menghilangkan Ketombe dengan Garam

Dilansir dari Stylecraze, garam dapat membantu menghilangkan ketombe serta dapat meringankan gejalanya. Bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Garam dan Lidah Buaya

mencegah ketombe dengan garam.jpg

Kombinasi dari lidah buaya dan garam ini sudah banyak digunakan di Korea sebagai perawatan rambut. Garam dengan kandungan mineralnya dipercaya dapat menghilangkan ketombe dan meresap minyak berlebih di kulit kepala. Lidah buaya mengandung protein, kalsium, fosfor, karbohidrat, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Tak heran jika lidah buaya memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk merawat rambut seperti menghitamkan rambut, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, serta menghilangkan ketombe. Lidah buaya akan melindungi rambut dari efek samping penggunaan garam.

Taburkan garam pada batang lidah buaya yang kemudian akan digosokkan perlahan pada kulit kepala. Penggunaan ini harus rutin dilakukan dengan aturan yang sesuai untuk membuat hasil yang baik.

2. Garam dan Cuka Apel

mencegah ketombe dengan garam 2.jpg

Garam juga dapat dicampurkan dengan cuka apel sebagai scrub yang dapat menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Kedua bahan ini dapat menjaga kelembaban kulit kepala dengan mencampurkan garam dan cuka apel hingga menjadi scrub.

Campuran ini digosokkan pada kulit kepala yang berketombe yang kemudian didiamkan sebentar. Bilas menggunakan air bersih untuk menghilangkan bekas scrub yang menempel.

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel untuk Rambut Keriting

3. Garam dan Air Lemon

mencegah ketombe dengan garam 3.jpg

Dilansir dari boldsky, lemon dipercaya ampuh menghilangkan ketombe kering dan rambut rontok. Manfaat lemon dengan garam akan menjadi kombinasi yang baik pula untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Garam dapur sebanyak kurang lebih dua hingga lima sendok makan dicampur dengan air lemon dan air hangat. Larutan ini dapat digosokkan pada kulit kepala sambil memijat perlahan, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Setelah itu kulit kepala dibilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa larutan.

4. Garam dan Minyak Zaitun

mencegah ketombe dengan garam 4.jpg

Minyak zaitun dapat menjadi conditioner alami untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala. Kombinasi garam dengan kandungan mineralnya dan minyak zaitun yang esensial dapat mengatasi masalah rambut yang mengganggu seperti kulit kepala kering akibat ketombe.

Garam dapur sebanyak 2 sendok makan dapat dicampurkan dengan minyak zaitun secukupnya untuk kemudian dipakaikan pada kulit kepala sambil dipijat secara perlahan hingga merata dan dibiarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas seluruh permukaan kulit kepala dengan shampo untuk menghilangkan sisa campuran garam dan minyak zaitun.

Cara ini dipercaya mampu membantu menghilangkan ketombe membandel.

5. Garam dan Jeruk Nipis

mencegah ketombe dengan garam 5.jpg

Bukan hanya lemon, nipis juga menjadi salah satu solusi menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Perasan air jeruk dapat membunuh bakteri penyebab ketombe muncul. Kandungan jeruk nipis dipertemukan dengan kandungan garam yang dapat mengurangi minyak di kulit kepala yang menjadi sarang adanya bakteri di kulit kepala.

Campurkan 2 sendok garam dapur dengan perasan air jeruk nipis hingga merata, kemudian pijatkan pada kulit kepala dengan campuran ini, diamkan selama kurang lebih 20 menit agar campuran ini meresap.

Bilas seluruh permukaan kulit kepala dengan shampo untuk menghilangkan sisa campuran tersebut.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Pijat Payudara

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan ketombe dengan garam yang bisa Moms coba di rumah. Selamat mencoba!

(PSF/ERN)

Artikel Terkait