BALITA DAN ANAK
25 Mei 2020

5 Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak

Bila belum terlalu parah, sebenarnya sakit mata bisa diobati dengan cara-cara alami ini, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mata Si Kecil berubah menjadi agak kemerahan dan terlihat berair? Bisa saja Si Kecil mengalami sakit mata, Moms. Tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, sakit mata juga bisa menimpa Si Kecil dan bahkan bisa menjadi lebih serius.

Dilansir dari Kids Health, sakit mata dapat menular dengan cepat kepada orang lain. Sakit mata dipicu oleh banyak bakteri dan virus yang juga menyebabkan pilek, infeksi telinga, sakit tenggorokan, dan infeksi lainnya. Bahkan terkadang, bakteri penyebabnya adalah bakteri yang juga menyebabkan chlamydia dan gonorrhea.

Mengobati Sakit Mata pada Anak

Jika tidak ditangani dengan cepat, Si Kecil dapat merasa sangat terganggu dan sakit mata dapat menjadi lebih serius.

Untuk itu, Moms perlu melakukan penanganan segera untuk mengobati sakit mata pada anak. Berikut 5 cara mengobati sakit mata pada anak.

1. Kompres Es

5 Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak 1.jpg

Foto: Pixabay.com

Moms, es dapat mengurangi sensasi terbakar pada sakit mata Si Kecil. Dinginnya bungkusan es akan menenangkan mata yang teriritasi dan sakit.

Hal ini juga didukung oleh penelitian Ice Compresses Aid the Reduction of Swelling and Pain After Scleral Buckling Surgery pada tahun 2016 silam.

Moms bisa memberikan kompres es pada mata Si Kecil selama 4-5 menit dan mengulanginya 2-3 kali dalam sehari.

Baca Juga: Sakit Mata pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

2. Kompres Mentimun

5 Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak 2.jpeg

Foto: Unsplash.com

Timun dipercaya memiliki efek pendingin untuk tubuh kita, begitu pula untuk bagian mata yang sakit. Mentimun dapat menenangkan mata serta menyembuhkan rasa sakit dan iritasi. Sensasi dingin dari timun dapat membantu meringankan lingkaran hitam dan menenangkan mata bengkak.

Moms bisa merendam irisan timun dalam air dingin selama 10 menit, lalu meletakkannya di bagian mata yang sakit. Ulangi ini beberapa kali dalam sehari untuk meringankan rasa sakit pada mata Si Kecil.

3. Bersihkan dengan Aloe Vera

5 Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Cara lain untuk memberikan rasa rileks pada mata yang sakit adalah memberikan ekstrak lidah buaya. Sifat yang menenangkan dapat membantu mengurangi peradangan di mata, serta membantu mencegah mata kering.

Moms dapat melarutkan satu sendok teh lidah buaya dengan air dingin, lalu membersihkan mata dengan menggunakan kapas yang sudah dimasukan ke dalam larutan tersebut. Gunakan lidah buaya yang segar agar hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aloe Vera Gel Korea yang Bebas Alkohol

4. Kompres Air Mawar

5 Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Moms pasti sudah sangat familiar dengan air mawar karena banyak digunakan untuk kecantikan. Ternyata selain untuk perawatan kulit, air mawar juga dapat menghilangkan rasa sakit dan kelelahan pada mata.

Tetes mata dengan bahan dasar air mawar juga sudah banyak beredar di pasaran, karena berkhasiat untuk memperbaiki gangguan mata seperti konjungtivitis, mata kering, dan katarak.

Namun jika ingin membuat air mawar sendiri, Moms bisa merendam beberapa helai bunga mawar ke dalam air, kemudian celupkan kapas ke air mawar tersebut, lalu letakkan kapas di bagian mata Si Kecil yang sakit. Jangan lupa untuk lakukan secara rutin ya, Moms!

5. Teteskan Madu dan Susu

5 Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak 5.jpg

Foto: Freepik.com

Menurut penelitian berjudul Honey: A Natural Remedy for Eye Diseases pada tahun 2016 lalu, madu diketahui memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengobati mata kering.

Sedangkan susu hangat akan meredakan iritasi dan peradangan pada sakit mata Si Kecil. Moms hanya perlu menyiapkan pipet tetes untuk meneteskan campuran 1 sendok teh susu hangat dan 2 tetes madu pada mata. Sangat mudah kan, Moms?

Baca Juga: 4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Anak

Itulah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit mata pada anak. Beberapa cara tersebut dinilai efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkan peradangan pada mata.

Tetapi jika masalah atau gejalanya tidak berubah, Moms bisa segera berkonsultasi dengan dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Artikel Terkait