DI ATAS 5 TAHUN
12 Mei 2019

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak, Yuk Disimak!

Dukung kemampuan Bahasa Inggris anak dengan berbagai aktivitas sederhana di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Setuju kan Moms, kalau memiliki kemampuan Bahasa Inggris anak yang baik adalah modal penting untuk mendukung kesuksesannya di masa depan?

Seperti menurut Karen Barto dari University of Arizona, meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak akan memberikan lebih banyak kesempatan untuk bersaing dalam kompetisi global.

Belajar Bahasa Inggris di sekolah saja tentu tidak cukup, jadi tidak ada salahnya kalau Moms ikut membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak melalui berbagai aktivitas sederhana di rumah. Apa saja, ya?

Yuk Moms, baca sampai selesai untuk tahu cara meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak.

1. Menggunakan Bahasa Inggris dalam Percakapan

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak 1.jpg

Faktor yang paling sering menghambat perkembangan Bahasa Inggris anak adalah rasa tidak percaya diri untuk menggunakannya, terutama karena takut salah dan ditertawakan.

Selain akan menumbuhkan motivasi dan rasa percaya diri untuk belajar Bahasa Inggris, mengajak anak mengobrol dalam Bahasa Inggris juga bisa melatih pengucapan sekaligus memperkaya kosakatanya.

Yang penting, jangan memotong atau menertawakan Si kecil saat melakukan kesalahan, baik dalam pengucapan, pemilihan kata, atau susunan kalimat. Moms bisa membetulkan nanti saat dia selesai bicara atau dalam kesempatan lain.

2. Tidak Terlalu Fokus Pada Grammar

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak 2.jpg

Walau penting untuk bisa menjawab soal ujian Bahasa Inggris dengan baik, saat membantu anak berlatih Bahasa Inggris di rumah sebaiknya Moms tidak dulu terlalu fokus pada grammar atau tata bahasa.

Setidaknya biasakan dia berbicara dengan pengucapan yang benar dulu, lalu setelah sudah berani dan terbiasa berbicara Bahasa Inggris, baru perlahan-lahan mulai bimbing untuk menggunakan susunan kalimat dan tata bahasa yang benar.

Baca Juga: 5 Aktivitas Untuk Mempersiapkan Balita Belajar Menulis

3. Membaca Buku Cerita Bahasa Inggris

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak 3.jpg

Salah satu kunci penting untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak adalah terus memperkaya perbendaharaan kosakatanya.

Nah, buku cerita Bahasa Inggris bergambar bukan hanya memberikan panduan visual yang mudah dipahami, tapi juga umumnya menggunakan bahasa sederhana yang berulang dan berima sehingga mudah dimengerti anak.

Selain membaca buku cerita, menyanyikan lagu anak berbahasa Inggris juga bisa jadi cara menyenangkan untuk menambah kosakata, mengenalkan struktur kalimat, sekaligus melatih kemampuan listening atau mendengarkan.

Baca Juga: Bikin Latihan Menulis Balita Lebih Menyenangkan dengan 3 Aktivitas Ini!

4. Rajin Lihat Kamus

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak 4.jpg

Saat belajar Bahasa Inggris, sudah pasti Si kecil pasti akan menemui banyak kata baru yang belum dia ketahui artinya.

Jadi, bekali dengan kamus saku yang mudah dibawa atau ajarkan cara menggunakan kamus online supaya dia bisa aktif mencari tahu sendiri arti kata baru dan menambah kosakatanya.

Baca Juga: Mengenal Disgrafia, Gangguan Belajar yang Membuat Anak Sulit Menulis

5. Menulis Surat Bahasa Inggris

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak 5.jpg

Untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak secara menyeluruh, latihan writing atau menulis juga tidak boleh ketinggalan ya, Moms.

Coba deh, dorong anak rutin menulis surat Bahasa Inggris untuk Moms, Dads, sahabat, atau saudara untuk membantu mengembangkan kemampuan bahasa sekaligus membiasakannya mengungkapkan pikiran dan pendapat dalam Bahasa Inggris.

Nah, apa Moms sudah pernah mencoba cara lain untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak?

(WA)

Artikel Terkait