PERNIKAHAN & SEKS
26 Agustus 2020

5 Cara Meningkatkan Libido Wanita, Bikin Seks Lebih Bergairah!

Tidak butuh suplemen atau obat tertentu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Ada banyak cara alami untuk meningkatkan libido wanita. Beberapa cara di antaranya ada di bawah ini

Gairah seks atau libido adalah hal yang cukup rumit. Dorongan seks yang rendah adalah keluhan seksual yang paling umum dialami oleh wanita. Berbagai hal, dari siklus menstruasi hingga tingkat stress yang kita alami di tempat kerja dapat menyebabkan perubahan pada gairah seks. Pada beberapa kasus, perubahan tiba-tiba dalam libido juga bisa menjadi tanda adanya masalah medis yang mendasarinya.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan gairah seksua. Berbagai gel, tambalan, dan pil penambah libido wanita menjadi beberapa pilihan.

Baca Juga: 5 Makanan Penambah Gairah Seksual yang Bisa Dicoba

Cara Meningkatkan Libido Wanita

Jika Moms dan pasangan mencari cara meningkatkan libido wanita, beberapa cara di bawah ini bisa dicoba. Apa saja yang bisa kita lakukan?

1. Makan Buah-Buahan

cara meningkatkan libido wanita

Foto: Orami Photo Stock

Cara meningkatkan gairah seksual libido perempuan yang pertama adalah dengan makan buah-buahan. Cara ini bisa sangat membantu.

Buah-buahan yang harus dikonsumsi antara lain buah ara, pisang, dan alpukat. Buah-buahan ini dianggap sebagai makanan yang dapat meningkatkan libido wanita atau dikenal dengan istilah afrodisiak. Makanan ini mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan meningkatkan kehidupan seks yang sehat. Buah pisang misalnya, mengandung banyak vitamin K yang berfungsi meningkatkan stamina otot dan mendorong orgasme.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Moms Harus Minum Air Mineral Sebelum Tidur!

2. Makan Cokelat

cara meningkatkan libido wanita

Foto: Orami Photo Stock

Sesuai dengan yang kita ketahui, cokelat telah menjadi simbol gairah. Bukan hanya karena rasanya yang lezat, tetapi karena manfaatnya untuk meningkatkan gairah seksual.

Menurut sebuah penelitian, cokelat mendorong pelepasan phenylethylamine dan serotonin ke dalam tubuh kita. Phenilethylamine adalah zat yang juga dilepaskan di otak ketika seseorang jatuh cinta. Sedangkan serotonin sendiri adalah hormon yang mengakomodasi rasa bahagia. Karena itu, cokelat dapat menghasilkan beberapa efek afrodisiak dan peningkatan suasana hati.

Menurut penelitian The Journal of Sexual Medicine, efek cokelat pada seksualitas mungkin lebih bersifat psikologis daripada biologis.

3. Makan Tiram Mentah

cara meningkatkan libido wanita

Foto: woodmans.com

Cara meningkatkan libido wanita selanjutnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi tiram mentah yang banyak mengandung Zinc untuk memicu produksi hormon seksual. Pria dan wanita sama-sama melaporkan peningkatan gairah seks setelah memakan tiram mentah. Namun, hati-hati ya saat memakan tiram segar. Perhatikan kebersihan dan kesegaran tiram mentah agar tidak menderita diare!

Baca Juga: Resep Pepes Jamur Tiram

4. Jangan Stres

cara meningkatkan libido wanita

Foto: Orami Photo Stock

Stress sangat erat kaitannya dengan gairah seksual karena bisa mempengaruhi berbagai hormon seksual. Belajar mengatasi stres secara positif adalah salah satu cara untuk meningkatkan libido wanita. Jadi sebisa mungkin, atasi stres yang kita alami.

Cara terbaik mengatasi stres adalah dengan cara meditasi. Setiap kali merasa cemas Moms bisa beranjak ke kamar atau tempat yang sepi, bersihkan kepala dari semua pikiran yang meresahkan, dan renungkan betapa indahnya kehidupan dan fakta bahwa kita memiliki pasangan yang selalu ada di samping kita.

5. Tidur Cukup

cara meningkatkan libido wanita

Foto: Orami Photo Stock

Gaya hidup yang sibuk dapat merenggut waktu tidur kita yang berharga, lalu menimbulkan lelah dan stres pada akhirnya. Tidur membantu saraf menjadi rileks dan membantu mengembalikan kesegaran tubuh agar bisa berfungsi secara normal.

Ketika tubuh kurang tidur dan stres, kita cenderung mengalami penurunan konsentrasi, penurunan mood, dan kehilangan minat dalam banyak hal. Rasa letih dapat menurunkan gairah seks, oleh karena itu, cukup tidur atau tidur nyenyak tentu merupakan cara untuk meningkatkan libido kita.

Itu dia beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan libido wanita. Mudah untuk dilakukan kok, Moms!


Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Ayuwidia

Artikel Terkait