BALITA DAN ANAK
18 April 2020

5 Cara Meningkatkan Penglihatan pada Anak

Simak caranya ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Penglihatan anak dapat mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu. Pada saat bayi, anak akan memiliki penglihatan kabur dan melihat dunia sebagai terang dan gelap.

Seiring berjalannya waktu, mereka tumbuh dan penglihatannya pun menajam. Meski begitu, mungkin Moms masih ingin mencari tahu bagaimana cara meningkatkan penglihatan pada anak atau setidaknya mempertahankan penglihatannya agar tetap baik.

Cara Meningkatkan Penglihatan pada Anak

Salah satu cara terbaik untuk merawat penglihatan anak adalah dengan menerapkan beberapa pola hidup yang sehat.

Misalnya dengan menjaga pola makan dan pemeriksaan rutin ke dokter mata anak. Yuk, lebih jelas lagi simak pembahasan tentang meningkatkan penglihatan anak di bawah ini, Moms.

1. Pastikan Memasukkan Makanan Bergizi dalam Makanan Si Kecil

5 Cara Meningkatkan Penglihatan pada Anak 1.jpg

Foto: freepik.com

Menyiapkan makanan bergizi untuk Si Kecil langkah terbaik bagi Moms jika mau menjaga penglihatan mereka.

Moms bisa memberi buah-buahan kaya vitamin yang dijadikan sebagai camilan supaya bisa memperkuat daya tahan Si Kecil terhadap infeksi mata.

Selain itu, Moms juga bisa memasukkan ikan laut ke dalam asupan harian Si Kecil untuk menjaga agar mata tetap lembap. Agar tidak bosan, Moms bisa melakukan variasi makanan dengan warna dan tekstur yang berbeda setiap harinya.

Baca Juga: Ini Dia 15 Makanan Paling Bergizi di Dunia Menurut Para Ahli

2. Bermain di Luar Rumah Membantu Meningkatkan Penglihatan pada Anak

5 Cara Meningkatkan Penglihatan pada Anak 2.jpg

Foto: pixabay.com

Siapa sangka bermain di luar dapat membantu meningkatkan penglihatan anak. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa anak-anak yang mengalami rabun jauh mendapat manfaat dari bermain di luar.

Lebih banyak waktu yang dihabiskan di luar ruangan, mampu menurunkan kemungkinan anak untuk membutuhkan lensa korektif.

Para peneliti juga menemukan bahwa setiap jam yang dihabiskan anak di luar rumah per minggunya bisa menurunkan risiko terkena rabun jauh sebesar 2 persen.

Selain itu, bermain di luar ruangan dapat membantu meningkatkan koordinasi mata dan kejernihan visual pada anak.

Jika Moms dan Dads bingung bagaimana cara memperbaiki penglihatan pada anak secara alami, sinar matahari adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Tetapi, penting juga untuk tetap melindungi mata anak dari sinar UV dengan memakaikan mereka kacamata hitam dan manfaatkan cahaya matahari hanya pukul 06.00 - 08.30 saja.

3. Pastikan Si Kecil Mengunjungi Dokter Mata secara Teratur

5 Cara Meningkatkan Penglihatan pada Anak 3.jpg

Foto: freepik.com

Moms dapat melakukan pemeriksaan mata pada anak secara komprehensif untuk memeriksa tanda-tanda penyimpangan mata atau kondisi yang mengancam penglihatan yang mendasarinya.

Pemeriksaan mata untuk anak-anak sangat penting guna memastikan matanya sehat dan tidak memiliki masalah penglihatan yang dapat mengganggu kinerja sekolah dan berpotensi mempengaruhi keselamatan anak.

Waktu yang tepat bagi pemeriksaan pertama ialah pada usia 6 bulan. Kemudian, mata Si Kecil harus kembali diperiksa pada usia 3 tahun dan tepat sebelum Si Kecil memasuki kelas satu atau sekitar 5-6 tahun.

Bagi Si Kecil yang sudah memasuki usia sekolah, Moms bisa mengajaknya menjalani pemeriksaan mata setidaknya dua tahun sekali.

Baca Juga: Selain Kacamata, Ini 7 Cara Menghilangkan Mata Minus Lainnya

4. Aktivitas dan Mainan dapat Meningkatkan Penglihatan

5 Cara Meningkatkan Penglihatan pada Anak 4.jpg

Foto: freepik.com

Ada beberapa permainan anak yang dijual memang untuk membantu pengembangan penglihatan dan ketajaman visual anak. Moms bisa memilih permainan berdasarkan usia dan minat anak.

Nah, berikut ini adalah beberapa pedoman umum permainan berdasarkan kelompok umur:

  • 0 hingga 5 bulan: Peek a boo dan permainan berbunyi.
  • 6 hingga 8 bulan: Petak umpet, mainan mandi, boneka binatang.
  • 9 hingga 12 bulan: Permainan bola, balok, dan buku.
  • 1 tahun: Bermain dengan mainan pada umumnya yang menstimulasi pergerakan Si Kecil dan bola berwarna.
  • 2 tahun: Permainan menyortir, balok, teka-teki, dan mewarnai.
  • 3 hingga 6 Tahun: Melukis, membuat gelang, dan kapur tulis.
  • 7 Tahun ke atas: Building game, naik sepeda, dan sepatu roda.

Kegiatan dan mainan yang telah disebutkan tadi dapat membantu meningkatkan penglihatan pada anak, yang nantinya bisa meningkatkan kinerja akademik dan atletiknya.

5. Coba untuk Hindari Gadget

5 Cara Meningkatkan Penglihatan pada Anak 5.jpg

Foto: freepik.com

Sekitar 83 persen anak yang berusia antara 10 dan 17 tahun menghabiskan rata-rata 3 jam per hari pada perangkat digital.

Dampak dari penggunaan gadget yang berlebih ini bisa menyebabkan ketegangan di mata sehingga menghilangkan konsentrasi pada mata, merasa lelah pada mata, dan sakit kepala.

Menurut Journal Impact of Computer Use on Children's Vision, iritasi mata pun dapat terjadi karena distribusi air mata yang buruk dalam mata akibat berkurangnya kedipan. Bagi anak yang senang menatap layar gadget, berkedip bisa jadi terhambat.

Moms bisa coba terapkan metode 20-20-20 untuk mengistirahatkan mata dan pikiran Si Kecil dari gadget. Metode ini diartikan dengan istirahat 20 detik setiap 20 menit, dan lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki.

Apabila Si Kecil punya kebutuhan untuk menggunakan gadget seperti mengerjakan tugas, Moms bisa mengatur pencahayaannya agar tidak terlalu terang dan membuat mata lelah.

Baca Juga: Tips Menghadapi Anak Tantrum Tanpa Bantuan Gadget

Itulah beberapa cara meningkatkan penglihatan pada anak. Selain cara-cara di atas, perlu juga ketegasan sikap orang tua akan penggunaan gadget, pola hidup sehat, dan menyiapkan mainan edukasi yang bisa membantu Si Kecil.

Artikel Terkait