KESEHATAN
9 November 2020

5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

Rutin berolahraga bagus untuk jantung, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Meskipun penyakit jantung koroner paling banyak terjadi pada kelompok umur 65 tahun ke atas, namun bukan berarti kita lengah menjaga kesehatan.

Karena itu, Moms juga perlu mencari tahu bagaimana cara menjaga kesehatan jantung. Mengutip Heart, mencegah penyakit jantung (dan semua penyakit kardiovaskular) berarti membuat pilihan cerdas yang akan memberikan hasil seumur hidup.

Kurang olahraga, pola makan yang buruk dan kebiasaan tidak sehat lainnya dapat berdampak buruk selama bertahun-tahun.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Secara Alami

Siapa pun, di usia berapa pun, Moms dapat memperoleh manfaat dari langkah-langkah sederhana sebagai cara menjaga kesehatan jantung selama setiap dekade kehidupan.

Yuk jaga kesehatan jantung dengan menerapkan cara sehat berikut ini.

Baca Juga: Hati-hati! Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Jantung

1. Berolahraga 30 Menit Setiap Hari

kafein sebelum olahraga

Foto: Orami Photo Stock

Berolahraga tidak hanya dapat membantu mengendalikan berat badan, tapi juga mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes. Ini menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

"Anda harus melakukan olahraga ringan, seperti berjalan dengan kecepatan tinggi, selama sekitar 30 menit pada hampir setiap hari dalam seminggu," terang dr. Adnan Yusuf dari Meet Doctor.

Moms dapat perlahan-lahan berlatih setidaknya 2,5 jam (150 menit) aktivitas fisik aerobik intensitas sedang (misalnya, jalan cepat) setiap minggu atau 1 jam 15 menit (75 menit) aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi (mis., Joging, berjalan) atau kombinasi keduanya setiap minggu.

Namun, berolahraga hanya 10 menit setiap hari pun memberikan manfaat besar untuk jantung.

2. Jauhi Rokok

cara menjaga kesehatan jantung-jangan merokok

Foto: Orami Photo Stock

Merokok adalah salah satu faktor risiko paling signifikan untuk mengembangkan penyakit jantung. Dengan mengurangi rokok, Moms telah melakukan salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

Bahan kimia di tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah, menyebabkan penyempitan arteri akibat penumpukan plak (aterosklerosis). Atherosclerosis akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung.

"Karbon monoksida dalam asap rokok menggantikan beberapa oksigen dalam darah. Hal ini meningkatkan tekanan darah dan detak jantung dengan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memasok cukup oksigen," jelas dr. Adnan.

Baca Juga: Ketahui 6 Manfaat Donor Darah, Tingkatkan Kesehatan Jantung hingga Hindari Kanker

3. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Jantung

cara menjaga kesehatan jantung-makan sehat

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi makanan sehat juga merupakan cara menjaga kesehatan jantung yang bisa dilakukan. Diet kaya buah, sayuran dan biji-bijian dapat membantu melindungi jantung.

Moms juga dapat mengonsumsi kacang, produk susu rendah lemak atau bebas lemak, daging tanpa lemak, dan ikan sebagai bagian dari makanan sehat.

Hindari terlalu banyak garam dan gula dalam makanan. Selain itu, membatasi lemak tertentu yang dimakan juga penting. Usahakan menjaga lemak jenuh hingga 5 atau 6 persen dari kalori harian. Cobalah untuk menghindari lemak trans dari makanan.

Makan sehat untuk jantung yang sehat tidak berfokus pada satu jenis makanan atau nutrisi, tetapi lebih pada apa yang Moms makan selama berhari-hari, berminggu-minggu, dan berbulan-bulan.

Berikut ini beberapa tips memilih makanan yang baik untuk jantung, mengutip Heart Foundation.

  • Makan lebih banyak buah dan sayuran. Pola makan yang penuh dengan berbagai buah dan sayuran dikaitkan dengan jantung yang lebih sehat dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.
  • Ganti ke gandum utuh. Sereal gandum utuh mengandung lebih banyak biji-bijian alami. Ini berarti mereka memiliki lebih banyak nutrisi seperti serat makanan, vitamin B, vitamin E, dan lemak sehat.
  • Buatlah pilihan lemak yang sehat. Lemak terbaik untuk dimasukkan ke dalam makanan adalah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda (omega-3 dan omega-6). Temukan lemak sehat ini dalam alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan biji bunga matahari.
  • Gunakan bumbu dan rempah-rempah sebagai pengganti garam. Makan terlalu banyak garam tidak baik untuk jantung. Natrium dalam garam dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, faktor risiko utama penyakit jantung.

4. Tidur Cukup dan Berkualitas

tidur siang

Foto: Orami Photo Stock

Kurang tidur tidak hanya membuat Moms menguap sepanjang hari tapi juga membahayakan kesehatan. Orang yang kurang tidur memiliki risiko obesitas lebih tinggi, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes dan depresi.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh sampai sembilan jam tidur setiap malam. Ini menjadi cara menjaga kesehatan jantung lain yang tak kalah penting.

Salah satu tanda cukup tidur adalah Moms yang terbangun tanpa alarm dan merasa segar kembali. Tapi jika membutuhkan perjuangan untuk bangun dari tempat tidur, itu pertanda butuh lebih banyak tidur.

Apalagi, Harvard Health Publishing mengungkapkan bahwa kualitas tidur dan kesehatan mental mempunyai hubungan yang erat. Kurang tidur secara kronis bisa memengaruhi psikologi dan kesehatan mental seseorang.

Baca Juga: Ini 8 Makanan yang Ramah Jantung

5. Mengelola Stres

cara menjaga kesehatan jantung-kelola stres

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa orang mengatasi stres dengan cara yang tidak sehat, seperti makan berlebihan, minum atau merokok. Jangan sampai Moms melakukan hal yang kemudian dapat merusak kesehatan.

Menurut studi dari Experimental Neurobiology, setiap orang punya respons stres yang berbeda-beda. Karenanya, Moms perlu mengetahui seperti apa cara mengelola stres yang lebih baik dan bisa menjadi cara menjaga kesehatan jantung.

Moms bisa mencoba cara alternatif untuk mengelola stres seperti aktivitas fisik, latihan relaksasi atau meditasi, yang dapat membantu memperbaiki kesehatan.

Mengutip Heart, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi cara efektif untuk mengelola stres dengan lebih baik.

Self-Talk Positif

Self-talk bisa positif ("Saya bisa melakukan ini" atau "semuanya akan baik-baik saja") atau negatif ("Saya tidak akan pernah menjadi lebih baik" atau "Saya sangat bodoh").

Pembicaraan diri yang negatif meningkatkan stres. Pembicaraan diri yang positif dapat membantu Moms menenangkan diri dan mengendalikan stres. Dengan latihan, Moms bisa belajar mengalihkan pikiran negatif ke pikiran positif.

Aktivitas Penghilang Stres

Melakukan hal-hal yang Moms sukai adalah cara alami untuk menghilangkan stres dan menemukan tempat bahagia. Bahkan saat sedang down, Moms mungkin menemukan kesenangan dalam hal-hal sederhana seperti berjalan-jalan, bertemu teman, atau membaca buku.

Ketika stres membuat Moms merasa buruk, lakukan sesuatu yang membuat Moms merasa baik, meskipun hanya selama 10 atau 15 menit. Beberapa dari aktivitas ini mungkin berhasil seperti:

  • Membuat kesenian (menggambar, mewarnai, melukis, atau memainkan alat musik)
  • Baca buku, cerita pendek atau majalah.
  • Temui teman untuk minum kopi atau makan.
  • Mainkan olahraga favorit.
  • Bermain dengan anak-anak atau hewan peliharaan, lakukan di luar ruangan jika memungkinkan.
  • Dengarkan musik atau tonton pertunjukan yang menginspirasi.
  • Mandi santai dan rasakan stres hilang.
  • Bermeditasi atau berlatih yoga.
  • Lari atau bersepeda untuk menjernihkan pikiran.

Nah, itu dia Moms, beberapa cara menjaga kesehatan jantung yang mudah untuk dilakukan. Bila ingin mencari tahu lebih lanjut tentang kondisi jantung saat ini, dapat langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung ya, Moms.

Artikel Terkait