PROGRAM HAMIL
30 Juni 2019

Persiapan Program Hamil, Ini 5 Cara Menjaga Kesuburan di Usia Subur

Ternyata cara menjaga kesuburan cukup simpel
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Menurut ilmu kedokteran, puncak usia subur perempuan adalah di rentang usia 20-an. Pada usia 35 tahun, risiko infertilitas pada perempuan naik hingga 22 persen.

Kira-kira seperti itulah teori kesuburan perempuan. Pada kenyataannya, tingkat kesuburan setiap perempuan berbeda-beda.

Oleh karena itu, Moms mungkin pernah mendengar tentang perempuan yang melahirkan pada usia di atas 40 tahun. Di sisi lain, ada juga perempuan yang sejak usia 20-an kesulitan untuk mempunyai momongan secara alami.

Bagi Moms yang masih berada pada rentang usia subur, sebaiknya lakukan upaya-upaya menjaga kesuburan sejak sekarang.

Langkah ini ternyata penting untuk mempersiapkan tubuh Moms agar siap hamil pada saat nanti Moms dan Dads memutuskan hendak punya momongan. Berikut tips menjaga kesuburan yang dapat Moms terapkan!

Baca Juga: 2 Kebiasaan Tidur Ini Ternyata Mempengaruhi Kesuburan!

1. Cek Kesehatan

5 Cara Menjaga Kesuburan

Tahap pertama dalam menjaga kesuburan adalah melaksanakan tes kesehatan. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara umum juga dapat memberi gambaran seperti apa kesehatan reproduksi Moms.

Misalnya, Moms dapat mengetahui apakah Moms berisiko terhadap diabetes, polycystic ovary syndrome (PCOS), endometriosis, atau bahkan infeksi menular seksual (yang terkadang tidak menunjukkan gejala khusus).

Bila ternyata memang ada masalah yang memengaruhi kesehatan reproduksi, dokter dapat menganjurkan langkah-langkah penanganan agar kondisi tersebut tidak berlarut-larut dan mengganggu fungsi organ reproduksi.

2. Tes Kesuburan

5 Cara Menjaga Kesuburan

Tes kesuburan sangat penting dalam menjaga kesuburan, karena berguna untuk mengetahui jumlah maupun kualitas sel telur di tubuh Moms.

“Setiap perempuan dilahirkan dengan jumlah sel telur tertentu. Jumlah tersebut terus menurun dalam kurun waktu usia subur,” terang Michael Soules, M.D., direktur medis Seattle Reproductive Medicine.

Ia menambahkan, jumlah sel telur di tubuh perempuan akan menurun drastis sekitar sepuluh tahun sebelum terjadinya menopause. Pada saat itulah biasanya kondisi kesuburan mulai terganggu.

Baca Juga: Apakah Diet Saat Program Hamil Tengah Berjalan Baik untuk Dilakukan?

3. Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

5 Cara Menjaga Kesuburan

Dalam hasil salah satu studi yang diterbitkan di Journal of Periodontology disebutkan bahwa perempuan yang menjalani perawatan kesuburan memiliki tingkat perdarahan dan peradangan gusi lebih tinggi daripada mereka yang hamil secara alami.

“Sejumlah studi membuktikan bahwa terdapat kaitan antara kesehatan gigi dan mulut perempuan dengan kondisi kesuburannya,” kata Susan Karabin, D.D.S., juru bicara American Academy of Periodontology.

Untuk menjaga kesuburan, Karabin mengingatkan Moms agar rajin menyikat gigi setiap hari dan memeriksakan diri ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

4. Jaga Berat Badan Ideal

5 Cara Menjaga Kesuburan

Jaga berat badan jangan sampai melebihi atau kurang dari batas normal. Tips menjaga kesuburan ini memang terdengar sepele, tetapi ternyata sangat penting.

Dikutip dari Women’s Health, lembaga The American Society for Reproductive Medicine memperkirakan bahwa 12 persen kasus infertilitas disebabkan oleh masalah berat badan, baik yang kelebihan maupun yang kekurangan.

Jorge Chavarro, M. D., instruktur di Harvard Medical School dan salah satu penulis buku The Fertility Diet mengingatkan Moms agar mempertahankan indeks massa tubuh Moms antara 20 dan 24 sebagai salah satu langkah untuk menjaga kesuburan.

Baca Juga: Ini 3 Panduan Makan Ikan Saat Sedang Program Hamil Menurut Para Ahli

5. Minum Multivitamin

5 Cara Menjaga Kesuburan

Menurut Chavarro, setiap perempuan yang berusia subur sebaiknya rajin mengonsumsi multivitamin yang mengandung asam folat, walaupun tidak sedang berusaha untuk hamil.

Asam folat dapat meningkatkan kesuburan dengan merangsang ovulasi dan memberikan protein penting bagi embrio untuk bertahan hidup.

Dari penelitiannya, Chavarro menemukan perempuan yang mengonsumsi suplemen zat besi memiliki kemungkinan 40 persen lebih kecil untuk memiliki masalah kesuburan.

Oleh karena itu, konsumsilah multivitamin yang mengandung minimal 40 miligram zat besi dan 400 mikrogram asam folat.

Dari beberapa tips menjaga kesuburan di atas, apakah Moms sudah melakukan semuanya?

(AN/INT)

Artikel Terkait