KESEHATAN
23 Desember 2019

5 Cara Mudah Menjinakkan Perut Kembung

Perut kembung sering kali mengganggu. Bagaimana cara mengatasinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Heni
Disunting oleh Heni

Kelebihan gas di perut kadang sering merepotkan. Akibatnya, kita jadi sering sendawa dan kentut. Sudah pasti, kita merasa kurang nyaman karenanya.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, di AS sebenarnya wajar bagi setiap orang untuk mengeluarkan gas sekitar 13 hingga 21 kali sehari. Tetapi jika Moms merasa tidak enak dan malu karena gas yang berbau, ada baiknya kita coba menjinakkan perut kembung dengan cara berikut ini.

Baca juga: Sering Kentut dan Bersendawa, Hati-Hati Terkena Penyakit Ini

1. Hindari Makanan yang Dikenal Menyebabkan Gas

5 Cara Mudah Menjinakkan Perut Kembung 2.jpg

Foto: freepik.com

Salah satu cara untuk mengatur perut kembung dan bersendawa adalah menghindari makanan penghasil gas, semisal apel dan pir; sayuran spesifik, seperti kol, brokoli, dan bawang merah; biji-bijian utuh; dan produk susu. Termasuk susu, keju, dan es krim.

Makanan-makanan tadi mengandung serat, gula, dan pati yang tidak mudah dicerna atau diserap, akhirnya menyebabkan gas usus. Makanan yang mengandung sorbitol, gula alami yang ditemukan dalam buah, termasuk dalam daftar makanan mengandung gas bagi beberapa orang. Sementara, sebagian orang terganggu oleh minuman ringan berkarbonasi dan minuman buah.

“Perlu diingat bahwa hampir semua makanan atau kombinasi makanan dapat menyebabkan gas. Yang terpenting adalah kemauan kita mengenal tubuh kita dan memoderasi makanan yang kita konsumsi,” kata Stephen Bickston, MD, profesor kedokteran penyakit dalam dan direktur program penyakit radang usus di Pusat Kesehatan Pencernaan di Virginia Commonwealth University.

Baca juga: Diet Makanan Hambar untuk Penderita Gangguan Gastrointestinal

2. Minum Sebelum Makan

5 Cara Mudah Menjinakkan Perut Kembung 3.jpg

Foto: freepik.com

Cara lain mengurangi kembung adalah minum sebelum makan.Saat kita mengonsumsi cairan bersamaan dengan makanan, asam lambung akan sulit memecah makanan. Cobalah minum sekitar 30 menit sebelum makan untuk membantu proses pencernaan lebih baik.

Baca juga: 4 Tips Membiasakan Diri Rutin Minum Air Putih

3. Makan dan Minum Perlahan

Saat kita makan atau minum dengan cepat, tanpa sadar banyak udara yang tertelan. Itu pun bisa menyebabkan perut kembung.

Solusi sederhana? Perlambat saat kita makan. Jika kita memiliki gigi palsu, tanyakan kepada dokter gigi untuk memastikannya terpasang rapih. Sehingga kita tidak menghirup udara saat makan.

Baca juga: Pentingnya Membiasakan Anak Mengunyah Makanan Tanpa Berbunyi

4. Gunakan Arang Aktif

5 Cara Mudah Menjinakkan Perut Kembung 4 superfoodevolution com.jpg

Foto: superfoodevolution.com

Arang aktif dapat membantu mengurangi dan mengobati kelebihan gas dan perut kembung. Berbeda dengan arang yang untuk memanggang, arang aktif mengalami perlakuan khusus yang membuatnya aman untuk dikonsumsi manusia.

Setelah dikonsumsi, arang aktif (melalui cairan atau pil) akan bertahan di usus sehingga membantu mengurangi gas dan kembung serta membuat tinja lebih padat.

5. Hindari Merokok

Kebiasaan seperti merokok dapat menyebabkan perut penuh dengan udara, yang mengarah ke gas.

Baca juga: 6 Makanan yang Membantu Untuk Berhenti Merokok

(HEN/DIN)

Artikel Terkait