KEHAMILAN
10 Januari 2020

5 Cara Mudah Mengatasi Sakit Leher saat Hamil

Agar sakit leher saat hamil bisa segera sembuh, lakukan beberapa cara mudah berikut ini.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tidak hanya morning sickness dan kaki kram, sakit leher juga menjadi bagian dari gangguan yang sering dialami oleh Ibu hamil. Selama hamil, tubuh Moms mengalami perubahan dan peningkatan hormon.

Adanya ketidakseimbangan hormon, perut yang semakin membesar, beban janin yang semakin berat, perubahan posisi tidur, dan kurang gerak bisa menyebabkan sakit leher terjadi.

Dikutip dari laman parenting.firstcry.com, jika sakit leher ini tidak diatasi maka bisa meluas ke area bahu dan punggung. Biasanya sakit leher dialami di usia kehamilan trimester pertama, dimulai dari leher terasa kaku, nyeri, hingga sakit.

Tentu saja hal ini bisa membuat Moms tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Penyebab Masalah Kulit yang Muncul Saat Trimester Pertama Kehamilan

Cara Mudah Mengatasi Sakit Leher saat Hamil

Oleh karena itu, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi sakit leher saat hamil, ini dia.

1. Berenang

woman-swimming-pool_74190-3439.jpg

Foto: freepik.com

Ternyata, cara mudah mengatasi sakit leher saat hamil yang pertama adalah dengan melakukan olahraga renang secara rutin.

Dikutip dari momjunction.com, berenang atau melakukan latihan dasar di dalam air diketahui bisa membantu mengatasi sakit leher saat hamil yang terjadi.

Namun, sebelum melakukan olahraga ini, sebaiknya Moms konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk mengetahui apakah kehamilan berada dalam kondisi yang baik dan sehat.

2. Jaga Postur Tubuh

medium-shot-pregnant-woman-standing-window_23-2148252648.jpg

Foto: freepik.com

Menjaga postur tubuh agar tetap sempurna adalah cara mengatasi sakit leher saat hamil berikutnya. Memang hal ini tidak mudah untuk dilakukan, pasalnya Moms setiap hari membawa beban janin di dalam perut yang semakin membesar.

Hal ini bisa membuat area tulang belakang tertekan sehingga bisa menyebabkan sakit leher. Oleh karena itu, pastikan Moms tetap duduk dan berdiri dengan tegak, dan jangan sampai bungkuk, ya.

Baca Juga: Manfaat Berenang bagi Ibu Hamil

3. Jangan Terlalu Lama Bekerja di Depan Laptop

photo-1457954275879-87d67ee5507e.jpg

Foto: unsplash.com

Cara mudah mengatasi sakit leher saat hamil yang ketiga adalah jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja.

Bagi Moms yang aktif bekerja dan tidak sedang menjalani fase kehamilan, menghabiskan waktu setiap hari di depan laptop merupakan hal yang biasa. Namun, hal ini tidak baik untuk Ibu hamil.

Pastikan Moms tidak terlalu lama duduk di depan laptop. Berdirilah setiap 30-60 menit sekali, berjalan-jalan, atau lakukan stretching agar tubuh tidak terasa kaku yang bisa menyebabkan sakit leher.

4. Kompres dengan Air Dingin atau Hangat

glass-water-macro-shot_53876-47196.jpg

Foto: rawpixel.com

Tahukah Moms, mengompres air dingin atau hangat bisa menjadi salah satu cara mengatasi sakit leher saat hamil.

Siapkan air dingin atau panas, kemudian celupkan waslap bersih, peras airnya, dan tempelkan ke bagian leher Moms yang terasa sakit.

Baca Juga: Ingin Tidur Nyaman? Coba Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Berikut Ini

5. Gunakan Bantal yang Tepat

pregnant-woman-sleeping-rest-large-bigstock.jpg

Foto: psychcentral.com

Salah bantal juga bisa menjadi penyebab sakit leher terjadi saat hamil. Pastikan Moms memilih bantal yang nyaman dan baik untuk Ibu hamil.

Pasalnya, jika tidak memilih bantal yang tepat juga bisa mengganggu waktu tidur Moms dan menyebabkan sakit leher. Tidak hanya itu, posisi tidur yang tepat juga harus dilakukan.

Cobalah untuk melakukan salah satu dari kelima cara di atas untuk mengatasi sakit leher saat hamil ya Moms. Semoga cepat sembuh, Moms!

MA/KM

Artikel Terkait