JALAN-JALAN
19 Juli 2019

5 Daerah Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia, Boleh Dicoba!

Lidah bergoyang, perut kenyang, hati senang!
placeholder

Sumber: 5 Daerah Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia, Boleh Dicoba!

placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Keragaman budaya membuat kuliner di Indonesia begitu kaya. Setiap daerah memiliki sajian khas masing-masing sekaligus tempat-tempat makan yang sudah terkenal kelezatannya sejak lama.

Sebagai langkah memajukan bidang pariwisata, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menetapkan Destinasi Wisata Kuliner Nasional berstandar Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO). Ada tiga daerah yang terpilih, yakni Bali, Bandung, dan Joglosemar (Jogjakarta, Solo, dan Semarang).

Kalau berkunjung ke daerah-daerah berikut, jangan hanya datang ke tempat wisatanya, Moms. Cicipi juga makanan khas dan tempat-tempat makan yang tersohor di sana.

Yuk, berwisata kuliner keliling Indonesia!

1. Bali

5 Daerah Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia, Boleh Dicoba! 01.jpg

Foto: blogspot.com

Sebagai destinasi wisata yang banyak diminati turis asing, Bali memiliki banyak pilihan restoran yang menyajikan hidangan internasional. Tapi, sajian lokalnya yang lezat tak kalah terkenal, lo.

Masakan Bali menggunakan banyak rempah, sayuran segar, daging babi, bebek dan ayam, serta ikan. Karena didominasi orang Hindu, hidangan khas Bali jarang menggunakan daging sapi.

Ayam betutu, sate lilit, lawar, sambal matah, sampai babi guling hanyalah sebagian makanan khas Bali yang bisa Moms coba. Kalau ke Pulau Dewata, jangan lupa wisata kuliner ke Nasi Ayam Kedewatan, Bebek Bengil, Nasi Pedas Ibu Andika, dan tempat terkenal lainnya!

Baca Juga: Suka Kulineran? Ini 4 Tips Wisata Kuliner Dari Food Blogger Hans Danial

2. Bandung

5 Daerah Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia, Boleh Dicoba! 02.jpg

Foto: bacaterus.net

Bandung tak diragukan lagi jadi surga pencinta kuliner. Kafe ala anak muda sampai jajanan pinggir jalan semua ada di sini. Lokasinya yang dekat dengan Jakartapun membuat Bandung sering jadi tujuan wisata akhir pekan bagi warga ibukota.

Agenda yang wajib Moms jalankan saat ke Bandung adalah berburu street food alias jajanan. Batagor, siomay Bandung, serabi Bandung, cendol, comro, cireng, cuanki, seblak, bandrek, bajigur… Wah, banyak sekali yang bisa Moms nikmati. Kalau ingin makan berat, ada nasi tutug oncom, karedok, dan lotek. Kenyang, euy!

3. Yogyakarta

5 Daerah Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia, Boleh Dicoba! 03.jpg

Foto: idntimes.com

Yogyakarta memang selalu bikin kangen. Selain sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta juga terkenal dengan kulinernya yang merakyat.

Moms bisa menikmati beberapa bungkus sego kucing dengan aneka lauk gorengnya, lalu menyeruput segelas teh hangat atau kopi jos yang diberi arang. Sembari duduk lesehan, Moms bisa mengamati hiruk pikuk Malioboro. Nikmatnya…

Gudeg, sate klatak, mangut lele, oseng mercon, dan sajian khas lainnya menunggu Moms di Jogja!

Baca Juga: Nikmati 6 Gelato Terenak di Yogyakarta

4. Solo

5 Daerah Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia, Boleh Dicoba! 04.jpg

Foto: baca.co.id

Tanah kelahiran Presiden Joko Widodo, Solo, pun masuk dalam Daftar Destinasi Kuliner Nasional Kemenpar. Tak kalah dari kota tetangganya, Yogyakarta, Solo juga menghadirkan sajian murah meriah yang membuat kita rindu ingin kembali. Ada nasi liwet, tengkleng, timlo, tongseng, selat Solo, sampai es gempol yang manis menyegarkan.

Moms bisa mampir ke Soto Gading di Pasar Kliwon yang jadi tempat makan favorit Presiden Jokowi. Timlo Sastro, Selat Solo Mbak Lies, dan Tahu Kupat Sholihin juga bisa masuk daftar tujuan wisata kuliner Moms. Sebelum pulang, jangan lupa bawa oleh-oleh Serabi Notosuman, ya.

5. Semarang

5 Daerah Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia, Boleh Dicoba! 05.jpg

Foto: traveloka.com

Masih di Jawa Tengah, Semarang masuk daftar kota yang patut Moms kunjungi kalau ingin puas berwisata kuliner. Soto bangkong, lumpia Semarang, bandeng presto, wingko babat, tahu pong, tahu gimbal, tahu bakso… Duh, jadi lapar, ya, Moms!

Beberapa daerah di Semarang yang bisa Moms datangi untuk berwisata kuliner adalah kawasan Poncol, area Mataram, Gajah Mada, serta Jalan Pahlawan. Yuk, mampir ke Semarang!

Baca Juga: Yuk Moms Cobain 6 Jajanan Khas Semarang yang Enak dan Lezat Ini

Kalau Moms paling suka berwisata kuliner di Indonesia bagian mana?

(EMA)

Artikel Terkait