KESEHATAN
15 Februari 2019

5 Etika Bersin dan Batuk Agar Tidak Menularkan Penyakit

Segera cuci tangan setelah menutup hidung dan mulut dengan tangan
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Seringkali kita menemukan orang yang sedang flu akan batuk dan bersin. Meski terlihat sebagai hal yang wajar, namun cara bersin dan batuk yang sembarangan akan dengan mudahnya menularkan orang lain.

Yuk Moms, simak ulasan berikut agar mengatahui etika bersin dan batuk yang tidak menularkan penyakit:

1. Gunakan Masker

Bersin dan batuk memang merupakan sesuatu yang spontan dan tak bisa ditahan, karenanya Momslah yang harus melakukan antisipasi.

Bila Moms sedang flu, sebaiknya gunakan masker agar virusnya tidak menyebar ke lingkungan sekitar. Hal  ini menjadi semakin penting bila Moms adalah seorang ibu yang sehari-hari sibuk mengurus Si Kecil.

Daya tahan tubuh mereka yang masih lemah membuatnya semakin mudah untuk terpapar virus flu. Tentu tak ingin bukan mereka juga ikut terkena flu?

Baca Juga: 5 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

2. Tutupi Dengan Tangan

shutterstock 549797728

Jika Moms tak nyaman mengenakan masker, maka segeralah ketika hendak bersin atau batuk tutupi dengan tangan. Jangan biarkan virus menyebar melalui udara bila tak Moms tutupi.

Setelah menutupnya dengan tangan segeralah bersihkan tangan dengan hand sanitizer atau cuci tangan dengan air mengalir.

Moms mungkin merasa sudah aman karena virus tak menyebar karena tertutup tangan, tetapi jangan lupa kini virus menempel di tangan dan benda yang Moms sentuh setelahnya akan ikut terpapar virus.

3. Bawalah Sapu Tangan atau Tissue

Sapu tangan atau tissue menjadi benda yang sangat wajib untuk dibawa kemanapun Moms pergi ketika sedang flu. Upayakan benda ini tak jauh dari jangkauan atau selalu genggam saat beraktivitas.

Bila Moms menggunakan tissue, segera buang tissue yang sudah terpapar virus ke tempat sampah. Jangan biarkan terletak di meja kemudian virusnya akan menyebar karena udara.

4. Membalikkan Badan Dari Lawan Bicara

shutterstock 680705398

Seringkali Moms mungkin merasa ingin bersin atau batuk ketika sedang berbicara dengan orang lain.

Meskipun sudah menggunakan masker atau menutupnya dengan tangan, alangkah baiknya jika sedang batuk atau bersin Moms membalikkan badan dari lawan bicara.

Selain menghindari penularan, hal ini juga menjadi etika yang lebih sopan ketika sedang flu.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mengatasi Flu Tanpa Minum Obat

5. Tutupi Dengan Lengan Baju

Cara terakhir yang dapat Moms lakukan untuk mengantisipasi penularan flu karena bersin dan batuk adalah dengan lengan baju.

Cara ini sebenarnya lebih baik ketimbang dengan telapak tangan kemudian lupa untuk mencucinya.

Tak hanya itu, cara ini juga amat membantu Moms yang juga mungkin sering lupa membawa tissue atau sapu tangan, bukan?

Simaklah cara-cara di atas dengan baik, jangan anggap remeh flu yang sedang dialami meski ringan karena batuk dan bersin Moms sangat mungkin menular pada orang lain.

 

(MDP) 

Artikel Terkait