KESEHATAN
25 November 2019

5 Fakta Kondisi Albino yang Harus Kita Tahu

Para penderita penyakit albino memiliki warna kulit yang pucat
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Pernahkan Moms mendengar tentang kondisi albino? Albino merupakan suatu kelainan pada produksi melanin yang membuat penderitanya kekurangan melanin atau tidak memiliki pigmen sama sekali.

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, baik itu manusia, hewan, atau bahkan tanaman, yang menyebabkan orang atau sesuatu memiliki penampilan yang pucat. Dalam dunia medis, albino sering disebut juga dengan albinisme.

Penyakit albino ini bisa terjadi pada sebagian atau seluruh bagian tubuh, mulai dari kulit, rambut hingga mata.

Biasanya banyak mitos dan takhayul yang beredar seputar penyakit albino ini. Namun, tenang, di bawah ini ada beberapa fakta tentang kondisi albino yang bisa dijadikan sebagai referensi agar tidak terjebak mitos lagi. Cari tahu yuk, Moms!

Baca Juga: Mengenal Perubahan Warna Kulit Chloasma Pada Ibu Hamil

Fakta Tentang Albino

1. Lahir Tanpa Melanin

penyakit albino, kondisi albino

Foto: pinterest.com

Dilansir dari Teen Health, albinisme adalah kondisi genetik di mana orang dilahirkan tanpa pigmen (warna) yang normalnya ada di dalam tubuh.

Tubuh orang-orang dengan kondisi ini tidak dapat menghasilkan melanin dalam jumlah normal, bahan kimia yang bertanggung jawab untuk memberikan warna mata, kulit, dan rambut.

2. Memiliki Kulit, Rambut, Mata yang Pucat

penyakit albino, kondisi albino

Foto: dailymail.co.uk

Fakta mengenai albino yang paling umum adalah mereka memiliki kulit, rambut, dan mata yang sangat pucat.

Bahkan beberapa orang dengan kondisi yang disebut albinisme okulokutaneus memiliki kulit dan mata yang sangat pucat, dan rambut putih.

Orang lain dengan jenis albinisme yang sama ini mungkin memiliki sedikit warna di rambut, mata, atau kulit mereka.

Baca Juga: Meski Pucat, 4 Makanan Berwarna Putih Ini Juga Bergizi

3. Memiliki Masalah Penglihatan

penyakit albino, kondisi albino

Foto: medium.com

Penderita penyakit albino sering mengalami masalah dengan penglihatan mereka. Mungkin bisa diatasi dengan memakai kacamata atau lensa kontak untuk membantu memperbaiki masalah seperti rabun jauh, rabun jauh, atau astigmatisme.

Namun, pada sebagian orang diperlukan tindakan operasi mata. Sama seperti ada berbagai tingkat albinisme ada juga berbagai tingkat masalah mata bagi seseorang yang memiliki kondisi tersebut.

4. Risiko Kanker Kulit

penyakit albino, kondisi albino

Foto: pinterest.com

Dilansir dari Albinism Fellowship, kulit orang dengan albinisme akan mudah terbakar karena kurangnya melanin, oleh sebab itu risiko mereka terkena kanker kulit sangat tinggi.

Makanya, penting bagi orang dengan penyakit albino untuk menggunakan tabir surya yang mengandung minimal SPF 30 setiap saat.

Jangan lupa untuk mengenakan juga pakaian yang memberikan perlindungan dari sinar matahari, seperti topi, pakaian berwarna gelap, atau celana panjang, dan kemeja lengan panjang.

Baca Juga: Kenali Kanker Kulit, Termasuk Tanda dan Gejalanya

5. Perubahan Warna Mata

penyakit albino, kondisi albino

Foto: lifehack.org

Fakta albino selanjutnya adalah mengenai warna mata. Warna mata orang dengan albino dapat berubah seiring dengan bertambahnya usia, warnanya bervariasi dari sangat biru muda ke cokelat.

Kadar melanin yang rendah pada iris membuat mata bisa tampak sedikit tembus cahaya dan, dalam cahaya tertentu, tampak merah atau merah muda ketika cahaya memantulkan retina di belakang mata.

Kurangnya pigmen mencegah iris menghalangi sinar matahari sepenuhnya. Ini menghasilkan kepekaan terhadap cahaya, yang dikenal sebagai fotosensitifitas.

Baca Juga: 3 Masalah Mata yang Umum Dialami Bayi

Itu dia Moms beberapa fakta tentang albino yang bisa Moms ketahui. Sekarang sudah tidak bingung lagi kan Moms?

Artikel Terkait