RUPA-RUPA
14 September 2019

5 Fakta Penajam Paser Utara, Ibu Kota Baru Indonesia

Kabupaten Penajem Paser Utara dinilai tidak berpotensi terhadap bencana alam

Sumber: wikipedia.org

Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan Aprilia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan ibu kota Indonesia yang baru. Diputuskan, ibu kota Indonesia akan pindah ke dua kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur.

Hal ini diumumkan secara langsung di Istana Negara, Jakarta Pusat. Presiden Jokowi menyebutkan dua kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Ibu kota negara baru paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi di Istana Presiden, Jakarta, Senin (26/8/2019) mengutip Detik News.

Ketahui beberapa fakta terkait kabupaten Penajem Paser Utara, yang akan menjadi ibukota baru Indonesia berikut ini.

Baca Juga: Kalimantan Timur Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Spot Terindah di Sana

1. Fakta Geografis

ibu kota pindah-1.jpg

Foto: kabarpolitik.com

Kabupaten Penajam Paser Utara adalah kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur.

Kabupaten ini berimpitan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara di bagian utara, Selat Makassar di bagian timur, Kabupaten Paser di sebelah selatan, dan Kabupaten Kutai Barat di bagian barat.

Kabupaten Pejanem Utara memiliki wilayah 3.333,06 kilometer persegi. Terdiri dari 3.060,82 kilometer persegi wilayah daratan dan 272,24 kilometer persegi wilayah lautan.

Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki empat kecamatan yaitu Babulu, Waru, Penajam dan Sepaku. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2017, penduduk di kabupaten ini berjumlah 157.711 jiwa.

Mayoritas penduduknya menganut agama Islam, dan sebagian menganut agama Kristen Protestan dan Katolik.

2. Merupakan Hasil Pemekaran

ibu kota pindah-2.jpg

Foto: tagar.id

Kabupaten Penajam Paser Utara ini merupakan hasil pemekaran pada tahun 2002. Sebelum pemekaran, kabupaten ini masih menjadi bagian dari Kabupaten Paser.

Mengutip dari DetikNews, atas inisiatif sejumlah tokoh setempat dan masyarakat dalam Tim Sukses Wilayah Utara Menuju Kabupaten, akhirnya Penajem Paser Utara dipisahkan.

Alasannya, karena atas usulan masyarakat di empat wilayah kecamatan yang ingin hidup lebih aman, makmur, dan sejahtera. Sehingga mereka mendesak pemerintah pusat dan DPR RI untuk menetapkan wilayahnya jadi kabupaten baru.

Setelah terbentuknya Kabupaten Penajam Paser Utara, wilayah ini menjadi kabupaten ke-13 di Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga: 7 Taman Tempat Bermain Anak Paling Seru di Jakarta

3. Tidak Rawan Gempa

ibu kota pindah-3.jpg

Foto: wikipedia.org

Daerah Penajam Paser Utara memiliki topografi lahan yang relatif datar, dan tidak berada di wilayah yang berpotensi gempa dan erupsi.

Wilayah ini juga memiliki sumber daya alam yang melimpah, mulai dari perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan, pertambangan, hingga kehutanan.

Dikutip TribunWow.com dari Kompas TV Live, Presiden Jokowi mengungkapkan alasannya memilih wilayah untuk ibu kota baru.

"Kalimantan Timur aman dari bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan gunung berapi dan tanah longsor. Kedua, lokasi Kalimantan Timur strategis di tengah-tengah Indonesia," jelas Presiden Jokowi pada Senin (26/8).

4. Tidak Jauh dari Wilayah Perkotaan

ibu kota pindah-4.jpg

Foto: instagram.com/info.kape

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan bila lokasi Penajam Paser Utara juga tidak jauh dari wilayah perkotaan, yaitu Samarinda dan Balikpapan.

"Ketiga, (Penajam Paser Utara) berdekatan dengan wilayah perkotaan yang sudah berkembang, yaitu Balikpapan dan Samarinda memiliki infrastruktur yang lengkap," kata Jokowi melansir Tribun Surabaya.

Presiden Jokowi menyebutkan bahwa daerah ini memiliki jumlah lahan kosong yang luas dan dimiliki oleh pemerintah.

"..telah tersedia lahan yang dikuasai pemerintah seluas 180 hektar," tutur Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Sinyalkan Pindah Ibu Kota ke Kalimantan, 3 Kota Ini Juga Pernah Jadi Ibu Kota Indonesia

5. Masih Memiliki Tradisi Budaya dan Bidang Pariwisata yang Menarik

ibu kota pindah-5.jpg

Foto: instagram.com/galkoe__

Masyarakat Penajam Paser Utara memiliki beberapa tradisi adat yang masih sering dilakukan.

Beberapanya seperti Pesta Adat Nondoi, seni tari Uok Botung, Jepen Amipek Muslimah, Kode Bura, Rentak Penajam, Lenggang Taka, hingga Ronggeng Paser.

Dari aspek bidang pariwisata, Kabupaten Penajam Paser Utara punya beberapa tujuan wisata bahari yang menjadi keistimewaannya. Seperti Pantai Tanjung Jumlai, Pantai Sipakario, hingga Pulau Gusung.

Itu dia Moms, 5 fakta terkait Kabupaten Penajam Paser Utara yang akan menjadi ibu kota baru di Indonesia.

Artikel Terkait