HIBURAN
3 Juli 2020

5 Film Animasi Produksi Indonesia yang Patut Ditonton

Tidak kalah bergengsi dari film animasi luar lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Si Kecil mungkin suka untuk menonton film animasi seperti Disney, atau kreasi dari studio film luar lainnya. Tetapi, tahukah Moms bahwa ada film animasi yang diproduksi dari Indonesia?

Film-film animasi Indonesia ini tentunya memiliki kualitas gambar, animasi gerak, dan cerita yang tidak kalah berkualitas dari film animasi lainnya. Baca lebih lanjut untuk tahu rekomendasi film animasi Indonesia berikut ini ya, Moms.

Rekomendasi Film Animasi Indonesia

Sebagai peringatan Hari Film Nasional, coba tonton beberapa film animasi ciptaan Indonesia berikut ini. Beberapa dari film ini mungkin sudah diketahui sebelumnya.

Baca Juga: 6 Tontonan Film Anak di Netflix yang Seru

1. Riki Rhino (2020)

film animasi Indonesia-Riki Rhino.jpg

"Riki Rhino" adalah film animasi kreasi Indonesia yang terbaru, ditayangkan pada 27 Februari kemarin. Film ini disutradarai oleh Erwin Budiono, dan diproduksi oleh studio Batavia Pictures.

Diceritakan karakter Riki, badak bercula satu, dengan kehidupan hutan yang mulai terganggu karena kedatangan segerombolan pemburu pimpinan Mr. Jak, yang mengincar banyak hewan untuk ditangkap, salah satunya Riki.

Kemudian, dimulai pertarungan antara hewan dan manusia yang menarik, serta petualangan yang sayang bila dilewatkan Si Kecil.

Film ini diperankan oleh Hamish Daud, Ge Pamungkas, Zack Lee, Mo Sidik, Raden Mas Cemen, Aurel Hermansyah, Arsy Hermansyah, Mikaela Lee, dan M Ridwan Kamil sebagai pengisi suara.

2. Battle of Surabaya (2015)

film animasi Indonesia-Battle of Surabaya.jpg

Dengan style animasi dua dimensi, "Battle of Surabaya" adalah film animasi Indonesia yang pernah memenangkan penghargaan lho, Moms. Film ini disutradarai oleh Aryanto Yuniawan, dan diproduksi oleh MSV Pictures.

Film ini mendapatkan penghargaan "Best Animation" dari Hollywood International Motion Pictures Film Festival 2018, European Cinematography Awards 2018, dan Amsterdam International Film Festival 2018.

Dengan aktor seperti Reza Rahadian, Keagan Kang, Maudy Ayunda, dan Joe Murray sebagai pengisi suara, film ini menceritakan Musa, seorang pembuat sepatu berusia tiga belas tahun, yang bertemu Yumna, wanita asal Jepang.

Yumna yang mengetahui peran rahasia Musa dalam perang, dan ia harus memutuskan tujuannya melalui petualangan mereka selama perang berlangsung.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Tentang Ibu yang Seru Ditonton Saat Hari Ibu

3. Si Juki The Movie: Panitia Hari Akhir (2017)

film animasi Indonesia-Si Juki The Movie Panitia Hari Akhir.jpg

Film "Si Juki The Movie: Panitia Hari Akhir" adalah film animasi Indonesia yang tayang pada 28 Desember 2017. Film ini diadaptasi dari komik karya Faza Meonk/Faza Ibnu Ubaidillah.

Film ini berkisah tentang petualangan Si Juki dan kawan-kawannya yang melakukan misi penyelamatan dari bencana meteor.

Beberapa publik figur yang mengisi suara di film ini termasuk Indro Warkop DKI, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Butet Kartaredjasa, Pandji Pragiwaksono, Agus Kuncoro, Ki Joko Bodo, Babe Cabiita, dan Nikita Mirzani.

4. Titus: Mystery of The Enygma (2020)

film animasi Indonesia-Titus Mystery of The Enygma.jpg

Film animasi karya Indonesia yang terbaru lainnya adalah "Titus: Mystery of The Enygma" yang tayang pada 9 Januari 2020 kemarin. Film ini diproduksi oleh MNC Animation, dan disutradarai oleh Dineshkumar Subashchandra.

Film ini mengisahkan Titus, bocah tikus detektif pencinta misteri dan teka-teki yang tinggal di kota Steamburg. Dalam petualangannya sebagai detektif, Titus ditemani kelinci pesulap, Bobit, dan kadal cantik bernama Fira, sebagai pilot amatir yang gemar bertualang.

Beberapa publik figur yang turut mengisi suara di film ini yaitu Arbani Yasiz, Ranty Maria, Lukman Sardi, Robby Purba, dan Jessica Tanoesoedibjo.

Baca Juga: Mau Tahu, Film Tentang Kasih Sayang Ayah pada Anak? Ini 6 Rekomendasinya!

5. Knight Kris (2017)

film animasi Indonesia-Knight Kris.jpg

Film "Knight Kris" adalah film animasi pendek Indonesia yang tayang pada 2017 lalu. Film ini disutradarai oleh William Fajito dan Antonius, dan diproduksi oleh Viva Fantasia dan SSS Pictures.

Knight Kris mengisahkan tentang petualangan anak kecil dalam mencari lima keris yang terpisah.

Beberapa publik figur yang mengisi suara pada film ini seperti Deddy Corbuzier, Chika Jessica, Kaesang Pangarep, Stella Cornelia, dan dubber professional yaitu Bimasakti dan Santosa Amin.

Kabarnya, pembuatan film Knight Kris menghabiskan dana yang tidak sedikit, yaitu sebesar Rp18 miliar lho, Moms!

Namun, film ini berhasil mendapatkan beberapa penghargaan seperti Piala Maya 2017 untuk kategori Film Animasi Layar Lebar Terpilih 2017, Cartoon on Bay di Italia, London Independent Film Awards, serta menjadi pemenang dalam ajang Calcutta Film Festival di India.

Itu dia Moms 5 film animasi produksi Indonesia yang bergengsi. Yuk, ajak Si Kecil menonton film menarik ini!

Artikel Terkait