BALITA DAN ANAK
27 April 2020

5 Hal yang Harus Dilakukan Apabila Anak Kelebihan Berat Badan

Porsi makannya harus sesuai ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

JIka Si Kecil kelebihan berat badan, tentu ada banyak cara yang dapat Moms lakukan guna membantu mereka memperoleh berat badan yang ideal dan sehat.

Meski begitu, sebagai orang tua, terkadang Moms sulit menyadari atau mengakui bahwa Si Kecil kelebihan berat badan. Si Kecil mungkin tetap nampak sehat walau kelebihan berat badan, tetapi alangkah baiknya jika ia tetap berada di angka yang ideal.

Dilansir dari Kids Health, kelebihan berat badan atau obesitas dapat menempatkan Si Kecil dalam risiko masalah kesehatan di masa sekarang ataupun di masa depan, seperti kondisi serius diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan kolesterol.

Cara Jika Anak Kelebihan Berat Badan

Maka, apabila Moms merasa Si Kecil kelebihan berat badan, mungkin sekarang saatnya membantu Si Kecil untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Hal ini niscaya untuk membuat mereka lebih aktif dan makan dengan baik adalah kunci terpenting. Berikut ada 5 cara jika anak kelebihan berat badan yang bisa Moms lakukan.

1. Memberikan Contoh yang Baik

Cara Jika Anak Kelebihan Berat Badan 1.jpeg

Foto: unsplash.com

Salah satu cara jika anak kelebihan berat badan ialah dengan menanamkan kebiasaan baik dan Moms sebagai panutannya. Memberi contoh yang baik bisa dimulai dari hal sederhana, misalnya menyajikan makanan sehat, mengajak Si Kecil berolahraga, atau tidak mengajak Si Kecil untuk konsumsi junk food atau makanan dengan gula berlebih.

"Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa anak-anak masih tumbuh," kata Dr. Saba Khan, dokter Program Berat Badan Sehat di Children’s Hospital of Philadelphia. "Mereka memiliki tinggi dan berat badan yang sehat untuk bertambah, sehingga perubahan gaya hidup yang sederhana dapat membuat tubuh mereka mengejar berat badan mereka."

Perubahan gaya hidup dan ini akan jauh lebih mudah diterima jika melibatkan kerja sama seluruh keluarga. Jadi, jangan lupa ajak Dads juga untuk ikut menjadi contoh yang baik, ya. Cara seperti ini bisa membantu proses kontrol berat badan Si Kecil agar mereka lebih merasa didukung dan dimotivasi.

Baca Juga: Benarkah Obesitas Menurun Pada Anak?

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Cara Jika Anak Kelebihan Berat Badan 2.jpg

Foto: freepik.com

Ketimbang membiarkannya bermain gadget, ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik seperti bermain di luar rumah.

Meski kelebihan berat badan, Moms tidak perlu memaksa Si Kecil melakukan lebih banyak olahraga daripada anak-anak yang lebih kurus. Sebab, berat badan mereka secara alami akan membakar lebih banyak kalori untuk aktivitas fisik yang sama.

Temukanlah aktivitas fisik yang sesuai dengan usia Si Kecil. Ciptakan kebiasaan baru yang sehat, misalnya menerapkan aktivitas fisik selama 60 menit dalam sehari.

3. Berikan Porsi Makan yang Sesuai

Cara Jika Anak Kelebihan Berat Badan 3.jpeg

Foto: unsplash.com

Hindari memberi makan Si Kecil dengan porsi yang besar dengan alasan agar energinya lebih banyak. Moms bisa menyesuaikan porsi makan yang sesuai dengan yang dibutuhkan anak pada usianya.

Aturan praktisnya, mulai makan dengan porsi kecil dan biarkan Si Kecil minta lebih jika mereka membutuhkan lebih banyak. Namun, orang tua juga harus bisa membatasi jika sekiranya asupan makannya sudah mencukupi.

Hindari menggunakan piring orang dewasa agar Si Kecil tidak terbiasa makan dengan porsi yang lebih besar. Hal ini juga dapat mendorongnya untuk makan dengan lambat dan mengatur waktu makan.

Baca Juga: 4 Cara Agar Anak Suka Makanan Sehat

4. Makan Makanan yang Sehat

Cara Jika Anak Kelebihan Berat Badan 4.jpeg

Foto: unsplash.com

Moms, seperti halnya orang dewasa, Si Kecil juga harus makan makanan 4 sehat 5 sempurna setiap harinya.

Berikanlah makanan yang sama dengan yang Moms sediakan untuk keluarga di rumah. Tetap atur porsi yang tepat, agar semua gizi yang dihasilkan makanan dapat bekerja maksimal.

Usahakan agar Si Kecil juga mendapatkan sebagian besar kalori dari makanan sehat seperti buah, sayuran serta makanan bertepung seperti roti, kentang, pasta dan nasi. Jangan lupa untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman instan serta yang menggunakan pemanis buatan.

5. Kurangi Screen-Time dan Lebih Banyak Tidur

Cara Jika Anak Kelebihan Berat Badan 5.jpeg

Foto: unsplash.com

Cara jika anak kelebihan berat badan lainnya yang bisa Moms lakukan ialah dengan mengurangi waktu yang mereka habiskan untuk duduk atau berbaring seharian. Kegiatan ini malah bisa membuat berat badan bertambah, apalagi jika tidak diiringi aktivitas fisik yang sesuai.

Batasilah waktu yang mereka habiskan untuk hiburan yang tidak aktif seperti menonton TV atau bermain gadget. Pastikan Si Kecil tidak menggunakan waktu untuk hiburan lebih dari 2 jam sehari.

Semakin sedikit waktu anak tidur, semakin besar pula risiko mereka menjadi gemuk. Kurang tidur juga dapat memengaruhi suasana hati dan perilaku Si Kecil. Cari tahu berapa banyak waktu yang dibutuhkan anak untuk tidur sesuai dengan usianya.

Baca Juga: Tips Menghadapi Anak Tantrum Tanpa Bantuan Gadget

Sebagai orang tua sudah seharusnya kita melakukan banyak hal untuk membantu Si Kecil mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Tetap aktif dan mengonsumsi makanan minuman sehat sangatlah penting untuk kesejahteraan kondisi Si Kecil. Moms dapat mengambil peran aktif dalam memahami dan menerapkan cara jika anak kelebihan berat badan seperti di atas.

Artikel Terkait