BALITA DAN ANAK
24 Juni 2019

5 Ide Hukuman Inovatif untuk Anak tanpa Kehilangan Kesabaran

Jangan gunakan kekerasan untuk menghukum anak!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms sedang berjuang menghadapi Si Kecil yang nakal dan membuat Moms harus mengejar-ngejarnya tiap saat karena tingkahnya? Saatnya untuk kita sebagai orang tua bertindak!

Bertindak di sini kita harus memberikan hukuman yang sesuai dengan tingkah tidak menurut anak. Tapi bukan berarti memberi hukuman fisik atau memukul mereka ya.

Tetapi sebagai orang tua, kita seringkali lupa bahwa menghukum anak itu tidak bertujuan untuk membuat mereka takut pada kita. Melainkan untuk mengajarkan Si Kecil betapa pentingnya memiliki perilaku yang baik sebagai anak.

Jadi, ini ada beberapa ide hukuman inovatif untuk anak yang bisa Moms lakukan untuk mendidik Si Kecil agar menjadi anak yang baik untuk kebaikan dirinya sendiri. Moms bisa menyebutnya sebagai ‘hukuman tanpa kehilangan kesabaran’.

Baca Juga: Dampak Buruk Memukul Bokong untuk Menghukum Anak

1. Jangan Membuatnya Merenung di Pojokan

menghukum anak, mendisiplinkan anak, cara tepat menghukum anak

Ide hukuman inovatif untuk anak yang pertama adalah memberikan tugas. Kebanyakan dari orang tua akan menghukum anaknya dengan memberikan mereka waktu hening untuk merenung di sebuah sudut rumah atau pojok. Padahal hal ini belum tentu efektif.

Daripada meminta mereka untuk merenungkan kesalahannya, ada baiknya Moms memberikan mereka tugas. Contohnya seperti meminta mereka untuk menghafalkan sebuah puisi, belajar menulis huruf sesuai alfabet, mewarnai gambar, atau menyelesaikan beberapa soal matematika.

Hal ini tentu dengan tujuan selain menghukum mereka, juga mengajarkan Si Kecil sesuatu hal yang baru.

2. Olahraga

ide hukuman inovatif untuk anak

Ide hukuman inovatif untuk anak yang selanjutnya adalah olahraga. Lho, kok olahraga? Jenis hukuman ini bisa dibilang sebagai jenis hukuman yang akan membuat buah hati Moms merasa tidak nyaman, terutama jika mereka tidak menyukai olahraga.

Namun tentu merupakan salah satu jenis hukuman tanpa kehilangan kesabaran yang baik untuk perilaku nakal anak. Misalnya bila Si Kecil meninggalkan piring kotor tanpa dicuci setelah diberitahu beberapa kali, Moms bisa mulai membuat mereka melakukan squat atau sit up selama 10 kali.

Jika Si Kecil berlaku buruk dalam pertemanannya atau tempat umum, hukumlah dengan membuat anak melakukan loncat tali. Hal ini selain untuk mengajari anak bersikap baik, juga akan membantu kesehatan tubuh mereka secara tidak langsung.

Baca Juga: Tips Mendisiplikan Anak Tanpa Iming-Iming Maupun Hukuman

3. Membuat Daftar Tugas

menghukum anak, mendisiplinkan anak, cara tepat menghukum anak

Ide hukuman inovatif untuk anak yang selanjutnya adalah membuat daftar tugas untuk mereka. Buatlah daftar tugas sebanyak 25-30 macam tugas seperti menyiram tanaman, membersihkan rak, mengeringkan piring, dan sebagainya. Lalu berikan poin untuk setiap tugas tersebut.

Misalnya menyiram tanaman 20 poin, membersihkan rak 30 poin, dan mencuci piring 35 poin. Jika Si Kecil sedang nakal dan tidak mau mendengarkan, hukumlah ia dengan mengerjakan tugas-tugas di atas.

Contohnya lagi, bila ia berkelahi, ia harus mengumpulkan 150 poin agar bisa bermain dengan teman-temannya lagi. Dengan begitu, Moms bisa menghukum anak sekaligus mendisiplikan anak tanpa perlu memarahinya.

4. Berikan Batas Waktu

ide hukuman inovatif untuk anak

Ide hukuman inovatif untuk anak yang selanjutnya adalah memberikan batas waktu. Bila Si Kecil memerlukan waktu lama untuk menyelesaikan tugas, seperti mengerjakan pekerjaan rumah (pr) atau membersihkan kamar tidur, Moms bisa mendisiplikan anak dengan memberikan batasan waktu.

Katakan pada buah hati Moms, jika penghitung waktu sudah berbunyi dan tugasnya belum selesai, ia akan kehilangan hak istimewanya seperti nonton kartun selama dua hari. Dengan begitu, anak akan lebih terdorong untuk menyelesaikan tugas secara tepat waktu.

5. Menyelesaikan Tugas Sekolah

menghukum anak, mendisiplinkan anak, cara tepat menghukum anak

Ide hukuman inovatif untuk anak yang selanjutnya adalah membuatnya menyelesaikan tugas sekolah. Cara mendisiplinkan anak ini bisa Moms terapkan pada anak yang memiliki masalah dengan pekerjaan sekolah atau mendapat nilai yang kurang dalam ulangan umumnya.

Pastikan Moms membantu mereka dalam mendapatkan pelajaran tambahan di rumah. Cetak beberapa lembar soal untuk dikerjakan si buah hati.

Jelaskan bahwa untuk mata pelajaran yang kurang dikuasai, mereka harus menyediakan waktu untuk mengerjakan soal-soal. Ini berarti, jam bermain mereka pun akan berkurang.

Dengan begitu, secara tidak langsung Moms sudah membantu mereka untuk belajar lebih giat dalam pelajaran di sekolah. Tentunya sangat baik daripada memarahinya.

Baca Juga: 8 Ide Tugas Rumah Tangga yang Cocok Untuk Anak Sekolah Dasar

Sebagai orang tua menghukum untuk mendisiplikan anak boleh saja. Tetapi ingat batasan-batasannya ya. Jangan sampai hal ini malah membuat kenakalan anak malah menjadi.

Ide hukuman inovatif untuk anak ini bisa jadi pilihan untuk mendisiplinkan Si Kecil ya Moms. Selamat menerapkan Moms!

Artikel Terkait