JALAN-JALAN
24 Agustus 2019

5 Ide Kegiatan Di Alam Terbuka yang Asyik untuk Si Kecil

Bebaskan si kecil dari gadget, dan ajak ia bermain di luar!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Si Kecil tak bisa lepas dari gadget atau televisi? Jangan memarahinya, Moms. Salah satu cara efektif untuk menghentikan kecanduan Si Kecil pada gadget adalah dengan mengajaknya bermain di alam terbuka.

Bermain di luar rumah, terutama di alam terbuka, menawarkan beberapa manfaat kesehatan mental dan fisik untuk anak-anak yang sedang tumbuh. Paparan alam dapat membentuk kepribadian anak-anak secara positif, mendekatkan mereka dengan lingkungan sekitar, membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial yang penting, serta memberi dorongan pada kreativitas dan imajinasi mereka.

Dilansir dari parenting.firstcry.com, bermain di luar rumah haruslah menjadi kegiatan rutin dalam pertumbuhan setiap anak. Karena ini adalah cara yang luar biasa bagi Si Kecil untuk memelajari berbagai kecakapan hidup, peluang besar bagi mereka untuk berkembang, berlari, melompat, membuat berantakan, dan mengeksplorasi diri sendiri.

Ya, itu karena alam terbuka menyediakan banyak sekali sarana bagi anak untuk belajar sekaligus meningkatkan stamina dan kebugaran fisik anak, memperkuat otot dan tulang mereka, membangun kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko banyak penyakit seperti diabetes, masalah jantung, dan obesitas. Hal yang tidak akan didapat si kecil jika ia terus terpaku pada layar gadget-nya di dalam rumah.

Baca Juga: Ajak Anak Bermain di Alam Bebas, Ini 6 Manfaatnya

Lalu, apa saja yang bisa Moms lakukan bersama si kecil di alam terbuka? Ini dia 5 ide kegiatan di alam terbuka yang bisa Moms lakukan bersama si kecil:

1. Belanja ke Pasar Tradisional

5 Ide Kegiatan Di Alam Terbuka yang Asyik untuk Anak - 1.jpg

Foto: pixabay.com

Jika di dekat rumah ada pasar tradisional, sesekali atau di hari Minggu, ajaklah Si Kecil berjalan kaki belanja ke pasar tradisional. Perjalanan menuju ke pasar akan memberi Si Kecil banyak pengalaman baru, seperti ramainya lalu lintas jalanan di luar kompleks rumah, lapangan bola penuh rumput yang ternyata sangat luas jika dilihat dari dekat, dan genangan air di pinggir jalan sisa hujan semalam.

Tak usah khawatir Si Kecil kelelahan, sesampainya di pasar, Moms bisa mengajaknya membeli jajanan pasar yang selama ini mungkin jarang ditemuinya.

2. Main Bola di Lapangan

5 Ide Kegiatan Di Alam Terbuka yang Asyik untuk Anak - 2.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Jika selama ini Si Kecil hanya bermain bola di halaman rumah, kali ini tak ada salahnya mengajak ia ke lapangan berumput layaknya lapangan sepakbola sungguhan.

Biarkan Si Kecil merasakan empuknya rumput saat diinjak sehingga ia menjadi tidak khawatir jika jatuh, dan sensasi rerumputan yang menggelitik saat bersentuhan dengan kulitnya.

Baca Juga: Ingin Mengajak Si Kecil Ke Taman Bermain? Cek Dulu 5 Safety Tips Berikut Ini!

3. Berburu Kerang di Pantai

5 Ide Kegiatan Di Alam Terbuka yang Asyik untuk Anak - 3.jpg

Foto: pixabay.com

Mengajak Si Kecil ke pantai, jangan hanya sekadar berenang atau membangun istana pasir. Kali ini, ajak ia berburu kerang. Ciptakan lomba kecil-kecilan, siapa yang bisa mendapat kerang paling banyak, atau yang bisa menemukan kerang dengan bentuk paling unik.

Selain belajar tentang biota laut, kegiatan ini juga menstimulasi indera peraba Si Kecil ketika ia mengais pasir untuk mencari kerang.

4. Mencari Jejak

5 Ide Kegiatan Di Alam Terbuka yang Asyik untuk Anak - 4.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Kegiatan ini cocok dilakukan jika Moms tinggal di dalam kompleks rumah yang cukup besar. Beberapa jam sebelumnya, tanpa sepengetahuan Si Kecil, tempelkan kertas berwarna di tempat-tempat tertentu yang tujuan akhirnya adalah playground di dalam kompleks.

Kemudian, ajak Si Kecil untuk bersama-sama mencari jejak, yaitu mencari kertas-kertas berwarna tersebut. Kegiatan penuh misteri ini tentu akan sangat menyenangkan untuk Si Kecil, selain juga pastinya mengasah ketelitian dan menstimulasi indera penglihatannya.

Baca Juga: 7 Taman Tempat Bermain Anak Paling Seru di Jakarta

5. Main Air

5 Ide Kegiatan Di Alam Terbuka yang Asyik untuk Anak - 5.jpg

Foto: naturespath.com

Kegiatan ini pasti tidak akan pernah ditolak oleh Si Kecil. Kali ini, alih-alih berenang di kolam plastik yang sudah sangat biasa dilakukan, ajak Si Kecil bermain-main dengan balon yang diisi air. Tantang Si Kecil sampai seberapa banyak ia bisa mengisi air di dalam balon tanpa membuatnya pecah.

Bagaimana Moms, sudah siap melakukan kegiatan di alam terbuka bersama Si Kecil?

Artikel Terkait