BALITA DAN ANAK
26 Mei 2020

5 Ide Permainan Screen-free Ini Bisa jadi Pengisi Waktu Luang Bersama Si Kecil!

Habiskan waktu di rumah untuk bonding time dengan Si Kecil melalui permainan yang low-cost screen-free
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selama masa #dirumahaja, pasti Moms bingung mau main apa lagi dengan Si Kecil bukan? Ujung-ujungnya, Si Kecil pasti akan berakhir bermain gadget untuk menghabiskan waktu.

Padahal, banyak sekali lho permainan screen free yang menarik dan bisa dilakukan bersama anak #dirumahaja.

Dikutip dari situs resmi Healthy Children milik American Academy of Pediatrics (AAP), permainan yang tidak menghabiskan biaya seperti bola, lompat tali, balok, dan ember sudah bisa menjadi alat permainan yang menyenangkan. Permainan sederhana seperti ini lebih efektif dalam melatih anak menjadi lebih imaginatif dan kreatif.

Sedangkan, terlalu sering bermain gadget lebih banyak memberi dampak negatif dibanding dampak positif. “Ada kekhawatiran bahwa hiburan yang berasal dari perangkat elektronik membawa dampak yang kurang baik.

Seperti yang sudah banyak diketahui, memang ada beberapa hal yang bisa dipelajari dari media, namun sangat sedikit dan memakan banyak waktu,” kata Georgene Troseth, seorang psikolog di Peabody College at Vanderbilt University.

Baca Juga: Ajak Anak Belajar Sains Lewat 3 Permainan Ini

5 Ide Permainan Screen-Free dan Low-Cost

Nah, supaya kegiatan di rumah makin menyenangkan, Moms bisa contek 5 ide permainan screen-free dan low-cost  berikut ini!

1. Limbo atau Permainan Karet

5 Ide Permainan Screen-free 1.jpg

Foto: ytimg.com

Caranya mudah. Ambil sebuah sapu atau alat berbentuk gagang apapun. Ajak anggota keluarga lain untuk memegang kedua ujung gagang. Ajak Si Kecil untuk melewati rintangan tersebut dari bawah tanpa menyentuhnya.

Ini bisa dilakukan bergantian sehingga semua anggota keluarga mendapat kesempatan bermain. Siapapun yang menyentuh gagang akan dianggap kalah dan siapa yang bertahan sampai gagang mencapai titik terendah adalah pemenangnya.

Moms juga bisa mencoba permainan tradisional yang sering disebut sebagai permainan karet dengan membuat rangkaian simpul karet yang panjang. Lalu dua orang memegang ujung karet dan yang lainnya melompati karet tersebut.

Kebalikan dengan limbo, permainan karet dilakukan dari titik terendah dan yang berhasil melompati tali sampai di tingkat tertinggilah yang menang.

Selain tidak membutuhkan biaya banyak, kedua permainan ini akan membuat tubuh banyak bergerak sehingga memiliki efek yang baik bagi kesehatan. Selain itu, melalui permainan ini, Moms bisa mengajarkan Si Kecil untuk mau berjuang dan juga menerima kekalahan dengan lapang dada.

Baca Juga: Rayakan 17 Agustus Bersama Anak dengan 5 Permainan Tradisional Ini

2. Simon Says

5 Ide Permainan Screen-free 2.jpg

Foto: activeforlife.com

Selain menyenangkan, permainan ini akan sangat membantu untuk melatih konsentrasi dan kepatuhan. Caranya sangat mudah. Moms tinggal siapkan daftar perintah yang mudah seperti misalnya “pegang telinga”, “pegang hidung”, “duduk di sofa”, dan sebagainya.

Semua perintah yang wajib dipatuhi diawali dengan kata “Simon Says”. Tanpa awalan itu, perintah tidak harus dipatuhi sehingga Si Kecil harus berkonsentrasi penuh dalam mendengarkan perintah.

Selain itu, Moms bisa membuat permainan ini sebagai kesempatan untuk banyak bergerak. Modifikasi perintah seperti “berjalan cepat menuju pintu terdekat” atau “berdiri dengan satu kaki” bisa membuat permainan lebih menantang dan menyenangkan.

3. Lomba Kelereng atau Telur

5 Ide Permainan Screen-free 3.jpg

Foto: verywellfamily.com

Rebus sebuah telur dan bawa ke halaman rumah beserta dengan sendok. Bermainlah dengan mengajak Si Kecil berkeliling halaman sambil menjaga keseimbangan telur di atas sendok.

Moms juga bisa menggantinya dengan kelereng agar lebih menantang. Selain melatih keseimbangan, permainan ini juga melatih ketangkasan dan kesabaran Si Kecil.

Baca Juga: 7 Permainan Anak Tradisional Seru, Yuk Ajak Si Kecil Bermain!

4. Ular Naga

5 Ide Permainan Screen-free 4.jpg

Foto: everilluminated.com

Permainan ini adalah permainan yang populer untuk usia anak di tahun 90an. Ajak anak membuat barisan dan dua orang anggota keluarga menyatukan kedua tangan membentuk sebuah perangkap.

Sambil menyanyikan lagu ular naga, ketika lagu berakhir, perangkap diturunkan untuk menangkap siapapun yang berada tepat di bawah perangkap saat itu. Untuk anak balita, permainan ini sangat menyenangkan terutama saat mereka tertangkap.

5. Kepala, Pundak, Lutut, Kak

5 Ide Permainan Screen-free 5.jpg

Foto: brid.tv

Jika Moms mengenali keempat anggota tubuh ini pasti mengerti cara bermainnya. Moms tinggal menyebutkan bagian tubuh yang harus disentuh oleh pemain. Semakin lama, sebutkan bagian tubuh dengan cepat.

Selain melatih konsentrasi dan kesigapan Si Kecil, Moms pasti menemukan permainan ini menyenangkan ketika Si Kecil kebingungan menyentuh bagian tubuh yang disebutkan dengan cepat.

Baca Juga: 3 Permainan Tradisional Anak yang Seru Dilakukan di Rumah

Kelima ide permainan screen-free tadi tidak membutuhkan banyak biaya. Justru, permainan ini akan membantu Si Kecil untuk belajar sambil bermain. Selain menyenangkan bagi Si Kecil, waktu bermain akan menjadi bonding-time yang sangat baik.

Artikel Terkait